Soal Cara Berpikir Diakronik

soal cara berpikir diakronik

Soal Cara Berpikir Diakronik – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal sejarah kelas 10, X KD 3.5 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang cara berpikir diakronik.

Rangkuman Materi Cara Berpikir Diakronik

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Ilmu sejarah memiliki sifat yang diakronik, yaitu memanjang dalam waktu dalam ruang yang terbatas. Sifat ini berbeda dengan ilmu-ilmu sosial yang lebih bersifat sinkronik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa sejarah mengenal proses kontinuitas atau berkelanjutan.

Read More

Ilmu sejarah itu diakronis, artinya topik yang dibahas di dalamnya adalah peristiwa-peristiwa yang melintasi perjalanan waktu, yaitu dari masa dulu, sekarang, dan masa depan.

Berhubung dengan konsep memanjang dalam waktu dalam ruang yang terbatas, maka di dalam diakronik mengandung konsep periodisasi (berdasarkan urutan peristiwa) dan kronologis (berdasarkan urutan waktu). Jadi di dalam diakroni terdapat peristiwa dan waktu yang terususun secara berurutan.

Berhubung dengan konsep memanjang dalam waktu dalam ruang yang terbatas, maka di dalam diakronik mengandung konsep periodisasi (berdasarkan urutan peristiwa) dan kronologis (berdasarkan urutan waktu). Jadi di dalam diakroni terdapat peristiwa dan waktu yang terususun secara berurutan.

Jika dikaitkan dengan sejarah, sesuatu yang dapat melintas, melalui, atau melampaui waktu tersebut adalah peristiwa atau kejadian. Sebagaimana telah kita ketahui bahwa sejarah merupakan kumpulan peristiwa. Setiap peristiwa yang terjadi tersebut dibatasi. Oleh karena karena itu, para sejarawan dalam menyusun setiap periode sejarah dilakukan secara berurutan berdasarkan peristiwa dan waktu di dalamnya.

Kesimpulannya diakronik sangat mementingkan perjalanan waktu

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Diakronis pada ilmu sejarah memiliki makna bahwa …

A. Cerita sejarah disusun dengan prinsip melebar dalam ruang dalam waktu yang terbatas

B. Topik yang dibahas di dalamnya adalah peristiwa-peristiwa yang melintasi perjalanan waktu, yaitu dari masa dulu, sekarang, dan masa depan.

C. Sejarah itu disusun dengan sangat mementingkan prosedur ilmiah agar mendekati objektifitas

D. Pelaku dan saksi sejarah berperang sangat penting dalam menentukan objektifitas suatu cerita sejarah

E. Unsur terpenting dari suatu penulisan sejarah adalah penggunaan cara-cara berpikir diakronik

2. Masa lampau selalu terkait dengan masa kini dan masa depan. Keterkaitan tersebut disebabkan oleh….

A. Ketiga masa tersebut dikaitkan oleh suatu kontinuitas atau kesinambungan

B. Setiap manusia tidak bsa memutar dimensi waktu untuk kembali ke masa lampau C. Sudah menjadi hukum alam bahwa waktu selalu bergerak maju dan tidak akan berhenti

D. Kehidupan manusia pada masa depan ditentukan oleh segala tingkah laku yang dilakukan pada masa lalu

E. Kemampuan sejarawan merekonstruksi masa lalu dapat ditampilkan pada masa kini dan masa depan

3. Perhatikan gambar berikut.

Ledakan bom atom di kota Hiroshima (kiri) dan Nagasaki (kanan) Jepang, pada tahun 1945

Gambar 1. Ledakan bom atom di kota Hiroshima (kiri) dan Nagasaki (kanan) Jepang, pada tahun 1945. Kedua peristiwa itu  menyebabkan Jepang menyerah kepada Sekutu, dan Indonesia memanfaatkan situasi ini untuk memproklamasikan kemeredekaannya.

Ditinjau dari aspek pemahaman kesejarahan, peristiwa diatas memiliki makna adanya perubahan dalam kehidupan manusia yang dapat berlangsung secara ….

A. Terencana

B. Konstan

C. Stagnan

D. Cepat

E. Lambat

4. Perhatikan urutan data berikut.

1. Masa praaksara

2. Masa masuk dan bekembangnya Hindu-Budha

3. Masa masuk dan bekembangnya Islam

4. Masa kekuasaan kolonialisme

5. Masa revolusi

6. Masa Orde Lama

7. Masa Orde Baru

8. Masa Reformasi

Pembagian periodesasi tersebut diatas didasarkan pada …. 

A. Tahapan perkembangan kebudayaan Indonesia

B. Urutan pembahaan sistem pemeirntahan di Indonesia

C. Tahapan perkembangan sejarah Indonesia

D. Perkembangan sejarah politik Indonesia

E. Pokok-pokok pikiran tentang sejarah Indonesia

5. Perhatikan tabel berikut.

Beberapa hal yang menjadi lebih mudah untuk dipahami jika menggunakan  konsep periodisasi

Beberapa hal yang menjadi lebih mudah untuk dipahami jika menggunakan  konsep periodisasi, antara lain…

A. X1, X2, dan Y1

B. X1, X3, dan Y2

C. X1, X2, dan Y3

D. X2, X3, dan Y2

E. X2, X3, dan Y3

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. B → Pembahasan: Ilmu sejarah itu diakronis, artinya topik yang dibahas di dalamnya adalah peristiwa-peristiwa yang melintasi perjalanan waktu, yaitu dari masa dulu, sekarang, dan masa depan. Hal ini karena peristiwa-peristiwa yang dialami manusia itu tidak statis, melainkan dinamis; terus berkembang, berubah, berkesinambungan, dan bahkan mengalami pengulangan. Sifat dinamis peristiwa itu berakar pada kenyataan bahwa manusia sebagai pelaku dan penggerak sejarah juga pada hakikatnya dinamis. Sifat dinamis manusia menentukan sifat dinamis peristiwa-peristiwa sejarah.

2. A → Pembahasan: Peristiwa masa dulu disebabkan oleh peristiwa yang mendahuluinya, peristiwa masa sekarang disebabkan oleh peristiwa yang terjadi pada masa lalu, dan peristiwa masa depan disebabkan oleh peristiwa yang terjadi sekarang. Ada kesatuan yang integral antara masa yang terjadi di masa lalu, masa sekarang, dan masa yang akan datang, yaitu melalui hubungan sebab-akibat (kausalitas) dan saling mempengaruhi. Jadi, model diakronik merupakan model dinamis, artinya memandang peristiwa dalam sebuah trasnformasi atau gerak sepanjang waktu.

3. D → Pembahasan: Awan cendawan akibat ledakan bom atom di kota Hiroshima (kiri) pada tanggal 6 Agustua dan Nagasaki (kanan), Jepang, tahun 1945. Kedua peristiwa itu menyebabkan Jepang menyerah kepada Sekutu, dan Indonesia memanfaatkan situasi ini untuk memproklamasikan kemeredekaannya. Pemahaman kesejarahan terhadap peristiwa tersebut adalah adanya perubahan dalam kehidupan manusia yang dapat berlangsung secara cepat.

4. D → Pembahasan:

Periodisasi sejarah Indonesia:

  1. Masa praaksara
  2. Masa kedatangan dan perkembangan agama dan kebudayaan Hindu-Budha
  3. Masa kedatangan dan perkembangan agama Islam
  4. Masa kekuasaan Kolonial Barat
  5. Masa pendudukan Jepang
  6. Masa Revolusi
  7. Masa Orde Lama
  8. Masa Orde Baru
  9. Masa Reformasi

5. E → Pembahasan:

Periodisasi bertujuan membuat klasifikasi dalam sejarah sehingga akan memudahkan kita memahami peristiwa-peristiwa sejarah secara kronologis. Melalui periodisasi, kita menjadi mudah untuk memahami hal-hal yang terkait dengan:

  • Perkembangan manusia dari waktu ke waktu
  • Kesinambungan antarperiode
  • Kemungkinan terjadinya fenomena yang berulang
  • Perubahan yang terjadi dari periode awal hingga ke periode berikutnya

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS modul sejarah Kelas 10, X SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

Related posts