Soal Pengertian, Fungsi dan Tugas Pemasaran, Jenis Pemasaran dan Manfaat Pemasaran

soal pengertian, fungsi dan tugas pemasaran, jenis pemasaran dan manfaat pemasaran

Soal Pengertian, Fungsi Dan Tugas Pemasaran, Jenis Pemasaran Dan Manfaat Pemasaran  – Halo adik-adik, kali ini mimin dinas.id akan memberikan rekomendasi kumpulan contoh soal-soal PKWU Kerajinan kelas 10, X KD 3.10 SMA untuk UAS, UTS semester genap, ganjil, gasal. Tentunya, sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang pengertian, fungsi dan tugas pemasaran, jenis pemasaran dan manfaat pemasaran.

Rangkuman Materi Pengertian, Fungsi Dan Tugas Pemasaran, Jenis Pemasaran Dan Manfaat Pemasaran 

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

1) Pemasaran adalah suatu kegiatan menyeluruh, terpadu, dan terencana, yang dilakukan oleh sebuah organisasi atau institusi dalam melakukan usaha agar mampu mengakomodir permintaan pasar dengan cara menciptakan produk bernilai jual, menentukan harga, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan saling bertukar tawaran yang bernilai bagi konsumen, klien, mitra, dan masyarakat umum.

Bacaan Lainnya

2) Beberapa fungsi pemasaran adalah sebagai berikut:

  • Fungsi pertukaran
  • Fungsi distribusi fisik
  • Fungsi perantara

3) Tugas pemasaran adalah sebagai berikut:

  • Memperkenalkan produk
  • Mencapai target penjualan
  • Memastikan kepuasan konsumen
  • Membuat strategi lanjutan
  • Bekerjasama dengan mitra
  • Membuat rekapitulasi penjualan

4) Menurut Suyanto (2007: 219), pengertian pemasaran langsung adalah sistem pemasaran yang memakai saluran langsung untuk mencapai konsumen dan menyerahkan barang/jasa kepada konsumen tanpa adanya perantara. Untuk menghasilkan tanggapan dan/atau transaksi yang dapat diukur pada suatu lokasi.

5) Jenis-jenis pemasaran langsung diantaranya:

  • Personal selling
  • Direct mail marketing
  • Catalog marketing
  • Telemarketing
  • Kios marketing

Soal Pilihan Essay

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban yang paling benar!

1. Jelaskan pengertian pemasaran!

2. Jelaskan pengertian pemasaran langsung!

3. Sebut dan jelaskan jenis-jenis pemasaran langsung!

4. Sebutkan manfaat pemasaran langsung!

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. Pemasaran adalah suatu kegiatan menyeluruh, terpadu, dan terencana, yang dilakukan oleh sebuah organisasi atau institusi dalam melakukan usaha agar mampu mengakomodir permintaan pasar dengan cara menciptakan produk bernilai jual, menentukan harga, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan saling bertukar tawaran yang bernilai bagi konsumen, klien, mitra, dan masyarakat umum.

2. Pemasaran langsung adalah strategi pemasaran yang memungkinkan perusahaan berinteraksi langsung dengan konsumen menggunakan media apapun.

3. Berikut ini merupakan jenis-jenis pemasaran langsung:

  • Personal Selling, adalah proses memasarkan produk secara langsung bertatap muka dengan calon pembeli. Manajemen pemasaran biasanya akan menjajaki tempat-tempat tertarget dan pasar strategis terhadap produk.
  • Direct Mail Marketing, adalah jenis promosi produk usaha dengan cara memberikan berbagai penawaran menarik, pesan, informasi produk, brosur dan sejenisnya kepada seseorang / pasar yang berada di alamat tertentu.
  • Catalog marketing, adalah jenis pemasaran dengan cara mengirimkan katalog ke berbagai pasar dan target berbeda di tempat yang berlainan.
  • Telemarketing, adalah kegiatan memasarkan produk dengan memanfaatkan telepon atau komunikasi suara lainnya dalam mempromosikan produk.
  • kios marketing adalah jenis pemasaran produk berbasis modern dan daring dengan meletakkan sebuah mesin penerima pesanan pelanggan pada toko-toko mereka.

4. Berikut ini merupakan manfaat pemasaran langsung:

  • Calon pelanggan sudah tertarget
  • Anggaran pemasaran yang lebih efisien
  • Meningkatkan loyalitas pelanggan
  • Membantu mendorong bisnis baru

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul PKWU kerajinan atau prakarya dan kewirausahaan kerajinan Kelas 10, X SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

Artikel Direkomendasikan