Soal Analisis Isi Debat Kelas 10

soal analisis isi debat kelas 10

Soal Analisis Isi Debat Kelas 10 – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal-soal Bahasa Indonesia kelas 10, 11, dan 12 SMA untuk Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang analisis isi debat.

* (Disertai kunci jawaban di akhir soal)

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Bacaan Lainnya

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Perhatikan tata cara debat berikut!

(1) Menyatakan argumen-argumen yang logis

(2) Menyatakan argumen dengan bahasa yang santun

(3) Mengumpulkan informasi berupa fakta yang mendukung argumen

(4) Menyatakan sanggahan dengan bahasa yang sopan

(5) Tidak menggunakan pernyataan negatif mengenai pribadi pihak lain

Urutan tata cara debat yang baik yaitu ….

A. 3-2-1-4-5

B. 1-2-3-4-5

C. 3-2-4-1-5

D. 4-2-1-3-5

E. 3-1-4-2-5

2. Mungkin sebagian dari kita berpikir bahwa debat merupakan kegiatan mematahkan pendapat lawan. Sebenarnya debat adalah bagaimana cara kita (debater) membuat orang lain….

A. membela kita

B. memberikan yang terbaik

C. terpengaruh dan setuju dengan argumen yang disampaikan

D. membuat audiens terpukau karena kita mampu menjatuhkan lawan debat

E. membuat lawan debat mengamuk.

3. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam debat adalah metode….

A. langka

B. menjatuhkan lawan

C. mengkritik lawan

D. terpatahkan

E. logika

4. Salah satu manfaat membuat kerangka debat adalah….

A. memudahkan menjatuhkan lawan debat

B. menilai kerja lawan

C. membuat argumen-argumen yang tepat

D. memudahkan dalam menentukan sebuah topik

E. memilih cara damai

5. Pada dasarnya, menulis kerangka sebuah debat tidak jauh berbeda dengan kerangka dasar jurnal atau pidato. Namun, dalam membuat kerangka debat harus….

A. rapi dan bijaksana

B. terstruktur dengan baik

C. terorganisir dan dipresentasikan

D. adanya tanya jawab dengan narasumber

E. dapat mengajukan gagasan atau sanggahan yang sesuai dengan topik

6. Perlu disadari bahwa adanya perbedaan pendapat lumrah dalam suatu debat. Kedua belah pihak harus menyadari tujuan mengikuti debat, yaitu….

A. mengikuti ajang bergengsi dari setiap sekolah.

B. mematikan lawan debat dengan sempurna.

C. menilai jalannya kegiatan debat.

D. menyimpulkan hasil debat.

E. menyampaikan pendapat masing-masing.

7. Dalam kegiatan debat sangat deiperlukan seorang yang bisa bertindak atau menangani acara debat tersebut. Orang yang dimaksud adalah….

A. moderator

B. dewan juri

C. peserta

D. lawab debat

E. narasumber

8. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membuat lawan debat tidak berkutik saat adu argumen adalah….

A. katakan dengan kata fakta dan data.

B. baut suasana debat tegang.

C. lakukan debat dengan ikhlas.

D. matikan lawan dengan berbagai cara.

E .buat lawan bertekuk lutut.

9. Dalam kegiatan debat, kita diberi kesepakatan untuk menyampaikan pendapat atau sanggahan yang ditujukan pada….

A. narasumber

B. lawan debat

C. moderator

D. pembicara

E. penengah

10. Berikut ini kaidah-kaidah yang harus diperhatikan untuk menyampaikan gagasan dalam debat, kecuali….

A. sampaikanlah gagasan dengan jelas dan dengan argumen yang masuk akal.

B. gunakan kalimat yang efektif yang mudah dipahami audiens

C. gunakan bahasa yang baik dan benar

D. sesuai gagasan dengan topik yang diperdebatkan

E. gunakan lafal, suara, dan intonasi yang jelas.

Kunci Jawaban

1. A

2. C

3. E

4. D

5. B

6. E

7. A

8. A

9. B

10. B

Pelajari Juga: Soal Analisis Buku Fiksi dan Nonfiksi Kelas 10

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Bahasa Indonesia tentang Analisis Isi Debat Kelas 10, 11, dan 12 SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

Artikel Direkomendasikan