Soal Meningkatkan Komunikasi Efektif

soal meningkatkan komunikasi efektif

Soal Meningkatkan Komunikasi Efektif – Dalam edisi UAS, UTS mahasiswa jurusan keperawatan dan profesi ners, yuk simak kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi meningkatkan komunikasi efektif.

Soal dan Kunci Jawaban Meningkatkan Komunikasi Efektif

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 11 Tahun 2017, menetapkan bahwa setiap fasilitas pelayanan kesehatan menyusun pendekatan agar komunikasi di antara para petugas pemberi perawatan semakin efektif. Kegiatan yang dilaksanakan, adalah: 1) Perintah lisan dan yang melalui telepon ataupun hasil pemeriksaan dituliskan secara lengkap oleh penerima perintah atau hasil pemeriksaan tersebut, 2) Perintah lisan dan melalui telpon atau hasil pemeriksaan secara lengkap dibacakan kembali oleh penerima perintah atau hasil pemeriksaan tersebut, 3) Perintah atau hasil pemeriksaan dikonfirmasi oleh individu yang memberi perintah atau hasil pemeriksaan tersebut, 4) Kebijakan dan prosedur mendukung praktek yang konsisten dalam melakukan verifikasi terhadap akurasi dari komunikasi lisan melalui telepon.

Bacaan Lainnya

Untuk meningkatkan komunikasi efektif di fasilitas pelayanan kesehatan digunakan pendekatan komunikasi SBAR dan TBAK

Prinsip komunikasi meliputi: 1) Pemberi pesan secara lisan memberikan pesan, 2) Penerima pesan menuliskan secara lengkap isi pesan tersebut, 3) Isi pesan dibacakan kembali (read back) secara lengkap oleh penerima pesan, 4) Pemberi pesan memverifikasi isi pesan kepada pemberi penerima pesan, 5) Penerima pesan megklarifikasi ulang bila ada perbedaan pesan dengan hasil verifikasi.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1) Salah satu aturan dalam mengembangkan komunikasi yang efektif adalah sikap menghargai dan menghormati setiap individu yang menjadi sasaran pesan yang kita sampaikan. Sikap seperti disebut …

A. respect

B. empathy

C. audible

D. clarity

2) Komunikasi dengan pendekatan TBAK, dilakukan perawat pada saat …

A. serah terima Pasien antar shift dinas

B. melaporkan kondisi pasien kepada Dokter

C. menerima laporan hasil pemeriksaan laboratorium

D. malaporkan hasil pemeriksaan laboratorium yang penting

3) Berikut ini adalah faktor teknis yang mempengaruhi komunikasi efektif …

A. kepercayaan komunikan terhadap komunikator

B. ringkas dan jelas, tidak bertele-tele

C. kejelasan pesan yang disampaikan

D. daya tarik pesan

4) Pada saat dinas di ruang perawatan RS Anda mendapatkan seorang pasien mengalami kondisi kritis. Tindakan Anda setelah memeriksa pasien, adalah …

A. melakukan intervensi sesuai instruksi dokter

B. melaporkan kondisi pasien dengan komunikasi SBAR

C. melakukan observasi tanda vital dan tingkat kesadaran

D. melaporkan kondisi pasien kepada DPJP dengan teknik TBAK

5) Pada saat Anda melaporkan kondisi pasien kepada dokter penanggung jawab, urutan/ tahapan isi laporan yang disampaikan, adalah …

A. situasi pasien dan kekhawatiran Anda → masalah pasien sebelumnya → saran Anda →penilaian tentang pasien saat ini

B. masalah pasien sebelumnya → situasi pasien dan kekhawatiran Anda →saran Anda →penilaian tentang pasien saat ini

C. penilaian tentang pasien saat ini → kondisi pasien → masalah pasien sebelumnya → saran

D. situasi pasien dan kekhawatiran Anda → masalah pasien sebelumnya →penilaian tentang pasien saat ini→saran Anda

Kunci Jawaban

  1. A
  2. C
  3. B
  4. B
  5. D

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS jurusan keperawatan yang bisa kami sajikan, selalu evaluasi cara belajar sobat agar mendapatkan IPK yang terbaik dan lulus uji kompetensi. Ganbatte!

Artikel Direkomendasikan