Soal Pengaruh Kerajaan-Kerajaan Maritim Pada Masa Islam Bagi Kehidupan Masyarakat Masa Kini

soal pengaruh kerajaan-kerajaan maritim pada masa islam bagi kehidupan masyarakat masa kini

Soal Pengaruh Kerajaan-Kerajaan Maritim Pada Masa Islam Bagi Kehidupan Masyarakat Masa Kini – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal sejarah kelas 11, XI KD 3.2 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang pengaruh kerajaan-kerajaan maritim pada masa islam bagi kehidupan masyarakat masa kini.

Rangkuman Materi Pengaruh Kerajaan-Kerajaan Maritim Pada Masa Islam Bagi Kehidupan Masyarakat Masa Kini

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Pengaruh Islam sangat besar bagi kehidupan masyarakat Indonesia masa kini, mulai dari istilah berbahasa arab, nama-nama bernuansa Islam, hingga kepada ritual dan hari raya yang sesuai dengan ajaran dan agama Islam.

Bacaan Lainnya

Agama Islam sendiri hadir tanpa menggusur secara penuh kebudayaan yang ada sebelumnya, melainkan melahirkan sebuah akulturasi antara kebudayaan Islam, Hindu dan Buddha serta kebudayaan lokal.

Berbagai bentuk akulturasi tersebut hadir dalam beberapa contoh antara lain, Atap tumpang di mesjid-mesjid di Indonesia, ritual di keraton-keraton Jawa, hingga kepada tradisi-tradisi yang dipraktekan oleh masyarakat Islam, seperti memperingati meninggalnya sanak saudara dengan mengadakan 7 harian, 40 harian, 100 harian hingga 1000 harian.

Warisan peradaban masa kerajaan Maritim bercorak Islam dalam bidang Bahasa antara lain penggunaan nama bernuansa arab, meluasnya Bahasa melayu sebagai lingua-franca yang menggunakan aksara arab, adanya gubahan-gubahan karya sastra yang bercorak Islam.

Dalam bidang kesenian dan Arsitektur, warisan yang dapat ditemui hari ini antara lain, adanya bentuk arsitektur Mesjid, Makam dan bangunan-bangunan keraton yang merupakan akulturasi dari Kebudayaan Islam dan Pra Islam.

BACA JUGA:  Soal Pengaruh Budaya Hindu Budha di Indonesia

Pada bidang seni rupa adanya perubahan dari seni rupa yang berbentuk manusia dan makhluk hidup dalam relief dan patung-patung menjadi Teknik stilasi dalam menyamarkan ukiran makhluk hidup, sesuai ajaran Islam yang melarang melukis Makhluk Hidup.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Kedatangan agama dan kebudayaan Islam datang ke nusantara dan mewarnai kebudayaan masyarakat Indonesia, di pulau Jawa, terdapat pertunjukan wayang kulit yang bernafaskan Islam meskipun Lakonnya berasal dari Epos Hindu, hal tersebut menggambarkan terjadinya ….

A. Asimilasi kebudayaan

B. Akulturasi kebudayaan

C. sinkretisme

D. pergeseran

E. degradasi nilai

2. Kebudayaan Islam dan Pra-Islam yang dapat bercampur, sesungguhnya menggambarkan bahwa kedatangan Islam ke Kepulauan Indonesia melalui cara-cara …

A. Penaklukan D. dipaksakan

B. damai dan perlahan E. terpaksa

C. sporadis

3. Kerajaan-kerajaan Islam di Kepulauan Indonesia muncul sebagai akibat dari perdagangan Internasional sekaligus menyebarkan Islam lebih massif ke wilayah-wilayah yang tidak tersentuh oleh aktifitas perdagangan, salah satu faktor Islam dapat mencapai wilayah pedalaman di Jawa adalah …

A. Disebarkan oleh para raja dan orang berkuasa

B. Disebarkan melalui cara-cara yang merugikan

C. Menyebar di seluruh kalangan masyarakat

D. Merupakan anugerah dari Tuhan YME

E. Masyarakat pedalaman adalah orang-orang yang terbuka terhadap perubahan

4. Salah satu warisan dari kedatangan agama Islam yang bercampur dengan kebudayaan Pra-Islam di bidang kebudayaan adalah ….

A. Kebudayaan menyajikan sesajen dalam upacara pembakaran mayat

B. Memberikan bekal kubur kepada sanak saudara yang meninggal berupa benda berharga

C. Mengadakan peringatan 3 harian, 7 harian hingga 1000 harian atas meninggalnya sanak saudara

D. Adanya benda-benda yang dipuja sebagai kekuatan ghaib penguasa tempat tertentu

E. Membuat peralatan dari batu-batu besar

5. Agama Islam yang dianut oleh sebagian besar masyarakat Indonesia mengakibatkan banyaknya kebiasaan-kebiasaan masyarakat Indonesia yang sejalan dengan ajaran agama Islam, dibawah ini salah satu kecocokan ajaran Islam dengan kebudayaan masyarakat Indonesia Pra-Islam yang kemudian diteruskan hingga kini adalah ….

BACA JUGA:  Soal Respon Dunia Terhadap Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

A. Memberikan sesaji pada setiap acara

B. Mencium tangan orang yang lebih tua ketika bersalaman

C. Menghormati arwah leluhur dengan mengorbankan kambing/sapi

D. Mengadakan ritual pati obong ketika ada bertemu masalah yang berat

E. Membuat patung dan candi untuk monumen meninggalnya sanak saudara

Kunci Jawaban dan Pembahasan

  1. B → Pembahasan: Akulturasi adalah penggabungan dua kebudayaan atau lebih tanpa menghilangkan unsur kebudayaan aslinya.
  2. B → Pembahasan: Adanya akulturasi dapat menjadi bukti bahwa datangnya kebudayaan Islam melalui cara-cara damai dan perlahan karena tidak menimbulkan pemisahan yang jelas antara kebudayaan Islam dan Pra-Islam.
  3. C → Pembahasan: Islam dapat disebarkan oleh siapapun dan kapanpun, karena sifat inklusifnya ini, ajaran Islam masuk dan diserap oleh berbagai kalangan dan lapisan masyarakat.
  4. C → Pembahasan: Bentuk mengadakan peringatan atas meninggalnya sanak saudara merupakan bukan bagian ajaran Islam yang murni, namun karena bercampur dengan kebudayaan pra-Islam yang sangat menghormati sanak saudara yang meninggal, maka diadakannya prosesi dan peringatan tersebut, namun dalam peringatan tersebut, yang dibacakan dan prosesi doanya menggunakan ajaran-ajaran Islam.
  5. B → Pembahasan: Sejak masa Pra-aksara masyarakat Indonesia sangat menghormati nenek moyang/leluhur/orang yang lebih tua, hal ini membuat kebudayaan manapun yang datang ke masyarakat Indonesia kemudian berakulturasi, termasuk salah satu kebiasaan mencium tangan orang yang lebih tua meskipun tidak ada dalam ajaran Islam yang murni, kini mencium tangan menjadi kebiasaan bangsa Indonesia untuk menghormati orang yang lebih tua.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS modul sejarah Kelas 11, XI SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.