Soal ukom Fisioterapi 2022

soal ukom fisioterapi

Soal ukom fisioterapi atau soal uji kompetensi fisioterapi menjadi fokus bahasan kita kali ini. Nah, ada banyak kumpulan prediksi contoh soal ujian kompetensi fisioterapi beserta jawabannya. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti latihan try out ukom fisioterapi untuk D3, D4, S1  secara GRATIS (Ada di akhir postingan). Besar harapan kami agar semua mendapatkan manfaat dan bisa meraih predikat fisioterapis Kompeten.

PENTING, HARAP DISIMAK!

  1. Ada 100 Soal ukom fisioterapi yang kami tampilkan dibawah ini (Silahkan koreksi jawaban jika ada kekeliruan, komen beserta alasan, referensi).
  2. Pada BAGIAN AKHIR POSTINGAN, silahkan mencoba 10 PAKET simulasi latihan tryout ukom (tiap paket berbeda soal) secara GRATIS!

Selanjutnya, silahkan simak kumpulan soal ukom fisioterapi di bawah ini. Agar hasil belajar lebih maksimal, diskusikan bersama rekan sejawat atau dosen setelah mengikuti rangkaian try out!

Bacaan Lainnya

A. Kumpulan Soal Uji Kompetensi Fisioterapi

SOAL 1. Seorang laki-laki berusia 72 tahun, 2 hari yang lalu masuk RS dengan keluhan adanya penurunan toleransi aktivitas dari 50 m -> 15m, sesak napas, batuk berdahak berwarna, tidak berdarah. Ada peningkatan penggunakan nebulizer dari setiap 4 jam -> 2 jam. Hasil auskultasi ada krepitasi pada basal paru dan wheezing ++. Hasil peakflowmeter: 40% dari nilai yg diprediksikan. Intervensi apa yang akan anda gunakan untuk mengatasi problem pembersihan jalan napas?

a. Endotracheal suction

b. Latihan napas

c. Postural drainage

d. Tapotement/perkusi

e. Chest Physiotherapy

SOAL 2. Seorang anak terlahir dengan skor APGAR 4. Diketahui pada saat lahir tampak biru pada kulit nya dan tidak menangis. Dari hasil pemeriksaan dengan mengunakan Magnetic Resonance Imaging, dokter mengatakan terdapat gangguan pada bayi yang disebabkan oleh kombinasi empat penyakit jantung bawaan saat lahir. Apakah diagnosa yang tepat pada kasus tersebut?

a. sianosis

b. congenital heart disease

c. vaskular desease

d. tetralogy of Fallot

e. Atrium Septal Defact

SOAL 3. Seorang mahasiswa umur 20 tahun mengeluh nyeri pergelangan tangan terutama gerak dorsal fleksi setelah jatuh tergelincir. Pada kasus ini ternyata dijumpai sub luksasi os capitatum, dimana dapat dibuktikan dengan pemeriksaan gerak pasif dan joint play movement test

Apakah hasil pemeriksaan pasif dan joint play movement untuk penegakan diagnosisnya?

a. Pronasi terbatas dan translasi posisi pronasi nyeri/terbatas

b. Ulnar deviation terbatas dan traksi posisi ulnar deviasi nyeri/terbatas

c. Radial deviation terbatas dan traksi posisi radial deviasi nyeri/terbatas

d. Palmar flexion terbatas dan traksi posisi palmar fleksi nyeri/terbatas.

e. Dorsal flexion terbatas dan traksi posisi dorsal fleksi nyeri/terbatas

SOAL 4. Seorang ibu rumah tangga berumur 30 tahun, datang ke klinik fisioterapi mengeluh nyeri pada siku kanan bagian lateral. Nyeri dirasakan sejak  satu minggu yang lalu,nyeri bertambah terutama saat dilakukan test isometrik dengan tahanan pada ekstensor wrist dan hasilnya ada nyeri pada siku kanannya. Dan di palpasi terdapat nyeri di extensor carpi radialis brevis. Kasus : Tennis Elbow (nyeri area extensor  carpi radialis brevis)

Dimanakah area nyeri tersebut diatas?

a. Wrist joint

b. Ototnya

c. Tulang humerinya

d. Elbow joint

e. Epicondilus lateralis

SOAL 5. Seorang laki-laki umur 65 tahun, obesitas dan perokok berat, rawat inap di bangsal bedah, pasien demam pada hari kedua paska operasi gastrectomy. Hasil pemeriksaan X-ray dada sebelum operasi, paru nampak dalam batas normal, akan tetapi pada paska operasi ditemukan atelectasis pada lobus bawah paru kanan. Batuknya sangat lemah, dan non-produktif. Pada auskultasi ditemukan suara bronchial pada paru kanan belakang bagian bawah.

Penyebab timbulnya atelectasis yg dijumpai dari hasil pemeriksaan X-ray adalah karena?

a. Penurunan volume paru

b. Demam

c. Sesak napas

d. Batuk

e. Gangguan pembersihan jalan napas

SOAL 6. Klien pria umur 23 tahun dikirim dari dokter ortopaedi dengan diagnosis pasca Colles fracture dengan terapi konservatif dengan gips 2 bulan habis buka gips. Dalam pemeriksaan fisioterapi ditemukan kontraktur pergelangan tangan dan jari pola kapsular dan pemendekan tendon fleksor jari-jari tangan serta kekuatan otot lengan rata2 nilai 4. Tidak ada deficit neurologis. PROGRAM Fisioterapi untuk mencegah kontraktur tendon fleksor jari tangan pada kasus diatas.

Apakah intervensi yang paling tepat?

a. Joint mobilization

b. Muscle stretching

c. Contract relax stretching

d. Strengthening exercise

e. Hold relax streching

SOAL 7. Seorang pria berumur 30 tahun, nyeri siku kanan bagian lateral sejak 2 minggu sesudah pertandingan tennis. Nyeri timbul saat mengangkat gayung mau mandi atau menjinjing sesuatu, bahkan untuk mengemudi juga terasa nyeri dan rasa nyeri tersebut berkurang bila disangga. Telah diberi obat anti inflammatory voltaren. Glukosa darahnya normal, dan lab lain normal. X ray tidak tampak kelainan. Pada tes isometric ekstensi pergelangan tangan positif, pada palpasi nyeri tepat diatas epicondilus lateralis dan tes regang tendon ekstensor karpi radialis positif

Apakah intervensi fisioterapi yang tepat? Kasus: Tennis elbow

a. Joint panipulation dan neural mobilization

b. Transverse friction (fibros) dan tendon stretching manipulation

c. Tendon stretching manipulation dan neural mobilization

d. Transverse friction dan joint manipulation

e. Joint manipulation dan tendon stretching manipulation

SOAL 8. Pasien perempuan berumur 10 tahun mengalami hiperekstensi elbow joint. Hasil test LGS (Lingkup Gerak Sendi) Elbow Joint Dextra diperoleh data: Ekstensi eksesif sebesar 15o, sedangkan Fleksinya 130o.

Bagaimanakah tata cara penulisan LGS untuk pasien tersebut dengan metode ISOM (Internasional Standard Orthopaedic Measure)?

a. S. 0-15-130

b. S. 0-130-15

c. S. 15-0-130

d. S. 130-0-15

e. S. 130-15-0

SOAL 9. Seorang anak berusia 2 bulan datang ke fisioterapi bersama orang tuanya dengan keluhan bentuk kaki tidak normal. Setelah fisioterapis melakukan inspeksi diketahui bahwa anak ini mengalami congenital talipes equinovarus. Tindakan apakah yang tepat untuk fisioterapi pilih?

a. Operasi pemanjangan tendon

b. Ponseti

c. MLDV

d. PNF

e. Kinesio Tape

SOAL 10. Seorang laki-laki umur 65 tahun, obesitas dan perokok berat, pasien demam pada hari kedua paska operasi gastrectomy. Hasil pemeriksaan X-ray dada sebelum operasi, paru nampak dalam batas normal, akan tetapi pada paska operasi ditemukan atelectasis pada lobus bawah paru kanan. Batuknya   non-produktif. Pada auskultasi ditemukan penurunan suara pernapasan pada paru kanan belakang bagian bawah. Hasil pemeriksaan oksigen saturasi 95%. Program fisioterapi apa yang akan saudara gunakan untuk meningkatkan volume parunya?

a. Latihan setengah duduk tanpa oksigen

b. Duduk tegak diluar bed dengan oksigen

c. Latihan setengah duduk dengan oksigen

d. Latihan jalan ditempat dengan oksigen

e. Duduk tegak diluar bed tanpa oksigen

SOAL 11. Pada gangguan nyeri dan hipomobilitas sendi panggul akibat osteoartritis perlu dipertimbangkan bahwa sendi paggul stabil bentuk acetabulum dalam. Untuk mobilisasi sendi yang bertujuan untuk peregangan kapsul, peregangan ligamen, maupun dekompresi dengan teknik kusus.

Apakah teknik mobilisasi sendi yang paling tepat untuk kasus di atas?

a. Indirect traction arah kaudal

b. Posteroanterior pressure

c. Anteroposterior pressure

d. Translation kesegala arah

e. Direct traction arah lateral

SOAL 12. Perempuan 22 tahun datang ke fisioterapi. Pada usia 20 tahun iadidiagnosa menderita Ischialgia. Dan setahun kemudian kambuh dengan sakit yang lebih parah dan waktu penyembuhan yang lebih lama sampai 5bulan setelah ia proses melahirkan normal.

Pakah test spesifik untuk mengetahui permasalahan tersebut?

a. FABER Test

b. SLR test

c. Ober’s Test d. Patrick’s Test

e. Trendelenburg test

SOAL 13. Seorang laki-laki umur 44 tahun, sejak seminggu ini merasakan nyeri pada punggung bawah yang menjalar sampai ke tungkai kanan.  Nyeri sangat dirasakan ketika membungkuk dan berkurang pada posisi berbaring Terdapat peningkatan tonus erector spine regio lumbal kanan, nyeri tekan pada L4 dan L5. SLR test 70º, program fisioterapi untuk mengurangi nyeri

Apakah intervensi fisioterapi yang tepat?

a. TENS dan infra red

b. Short wave diathermy

c. William flexion exercise

d. Parafin bath

e. Ultrasound terapi

SOAL 14. Pasien datang ke fisioterapi setelah terperosok ke dalam lubang dengan posisi kaki inversi yang dialami baru pagi ini. Terdapat bengkak. Intervensi apa yang pertama kali diberikan?

a. Kompres Dingin

b. Transfer Energi

c. Massage

d. Parafin

e. Stabilisasi

SOAL 15. Seorang pasien umur 35 tahun dirujuk dari dr bedah saraf post operasi debridement spondilitis TB lumbal satu dan pasang posterior stability segmental wire (PSSW) sejak 1 minggu yang lalu. Dalam pemeriksaan diketemukan nilai otot tungkai rata 2 (dua).  Tekanan darah, nadi, kecepatan bernapas dalam batas normal

Apakah metode latihan berjalan yang tepat?

a. Two point gait

b. Swing through gait

c. Tree point gait

d. Four point gait

e. Partial gait

SOAL 16. Seorang bayi perempuan usia 4 bulan mengalami kesulitan bernapas sejak 36 jam yang lalu. Pada pemeriksaan fisik diperoleh hasil : temperatur 101° F, didapatkan suara hypersonor dan suara bising di dada. cracles dan wheezing juga terdengar. X ray menunjukkan adanya empisema obstruksi. Modalitas fisioterapi yang bisa diberikan untuk mengurangi kesulitan bernapas adalah ….. Empisema obstruksi : penyempitan jalan nafas akibat kantung udara di paru menggelembung secara berlebihan

a. Breathing exercise

b. Humidifikasi oxygen therapy

c. coughing exercise

d. ACBT (active cycle breathing tecnique)

e. FET (Force Expiratory Technique)

SOAL 17. Seorang perempuan umur 80 tahun di pantai jompo dengan diagnosa Alzhaimer dan mempunyai riwayat gangguan sistem vena (venous insufficiency), menderita ulcus/ luka terbuka di atas maleolus medialis kiri dengan bengkak akibat jatuh 24 jam sebelumnya. Untuk mempercepat penyembuhan luka akan dilakukan intervensi fisioterapi

Apa intervensi yang ideal pada pasien tersebut?

a. Dressing

b. US

c. Pulsed SWD

d. Electric Stimulation/ TENS

e. Massage

SOAL 18. Tn. N adalah seorang pensiunan berusia 72 tahun. 2 hari yang lalu masuk RS dengan keluhan adanya penurunan toleransi aktivitas dari 50 m -> 15m , sesak napas, batuk berdahak berwarna, tidak berdarah. Adanya peningkatan penggunakan nebulizer dari setiap 4 jam -> 2 jam. Hasil auskultasi ada krepitasi pada basal paru dan wheezing ++. Hasil peakflowmeter : 40% dari nilai yg diprediksikan

Dari data di atas, mana yang menunjukkan adanya peningkatan beban kerja pernapasan?

a. Kemampuan berjalan

b. Penggunaan Oksigen

c. Adanya krepitasi

d. Adanya wheezing

e. Penggunaan nebulizer

SOAL 19. Seorang laki-laki umur 45 tahun datang ke fisioterapi, mengeluh sakit pinggang menjalar sampai ke tungkai kanan, terjadi 3 hari yang lalu, sakit terjadi saat duduk dalam waktu lama. Hasil rontgen pada lumbal tidak ditemukan perubahan struktur tulang pinggang. Nyeri sangat terasa bila melakukan membungkuk dan saat posisi terlentang mengangkat satu tungkai lurus.

Apakah tes khusus yang dilakukan fisioterapi tersebut?

a. Pallen

b. Laseque

c. Frinkle

d. Yergason.

e. Tinnel

SOAL 20. Bayi laki-laki umur 4 bulan dengan sulit makan dan minum sehingga berat badannya dibawah normal. Dari hasil pemeriksaan terdapat gangguan menelan dan masih ngiler. Rencana akan dilakukan fisioterapi dengan tujuan agar mempermudah menelan.

Apa Tindakan fisioterapi yang diberikan pada pasien tersebut diatas?

a. massage bayi

b. stimulasi motorik

c. terapi latihan

d. oral massage

e. senam bayi

SOAL 21. Laki – laki 23 tahun mengalami trauma pada lutut kiri yang mengakibatkan cedera meniskus medial 48 jam yang lalu, terlihat bengkak, teraba panas pada area cedera dan terasa nyeri. Telah dilakukan kompres dingin dengan Cold pack 15 menit, dan diprogrmakan untuk dilakukan ultrasonic guna menstimulasi untuk memperpendek fase inflamasi.

Berapakah frekuensi dan duty cycle yang tepat?

a. Frekuensi 3 MHZ duty cycle 30%

b. Frekuensi 3 MHZ duty cycle 20%

c. Frekuensi 1 MHZ duty cycle 20%

d. Frekuensi 1 MHZ duty cycle 50%

e. Frekuensi 1 MHZ duty cycle 80%

SOAL 22. Yasyfi adalah mahasiswa fisioterapi smester 2. Untuk mengisi hari dan menambah pengalaman nya berorganisasi, ia berencana untuk masuk kedalam organisasi fisiotererapi khsusu mahasiswa yang bersifat semi otonom dengan Ikatan Fisioterapi Indonesia.

Organisasi apakah yang dimaksud?

a. LAM-PT KES

b. WIFI

c. MIFI

d. IMFI

e. IFI

SOAL 23. Seorang laki-laki umur 65 tahun, obesitas dan perokok berat, rawat inap di bangsal bedah, pasien demam pada hari kedua paska operasi gastrectomy. Hasil pemeriksaan X-ray dada sebelum operasi, paru nampak dalam batas normal, akan tetapi pada paska operasi ditemukan atelectasis pada lobus bawah paru kanan. Batuknya sangat lemah, dan non-produktif. Pada auskultasi ditemukan suara bronchial pada paru kanan belakang bagian bawah.

Apa problematik fisioterapi pada kasus diatas?

a. Sesak napas

b. Penurunan mobilitas toraks

c. Penurunan volume paru

d. Batuk yang tidak efektif

e. Kebersihan jalan napas

SOAL 24. Seorang anak 1 tahun datang ke fisioterapi dengan diagnosa cerebral palsy. Dalam pemeriksaan sensoris didapati terdapat gangguan dari pengelihatan. Pada diagnosa lainnya didapati bahwa anak ini mengalmi strabismus (mata juling) yang menyebabkan refleks pada pengelihatannya terganggu.

Refleks apakah yang dimaksud?

a. Babinski

b. Blinking

c. Eye to Finger

d. Moro

e. Labirin

SOAL 25. Seorang perempuan 51 th sehari yang lalu menjalani laparatomy. Ia mengeluh nyeri pada perutnya. Hasil pemeriksaan auskultasi ditemukan ada suara crackles di paru kanan lobus atas segmen anterior. Pemeriksaan laboratorium menunjukkan SpO2 : 92%, H+ : 52.19 nmol/L , pCO2 : 4.6 kPa , pO2 10.96 kPa, HCO3- : 16.6 mmol/L, BE –9.8. Fisioterapis akan melakukan tidakan Postural drainage pada pasien tersebut. Apakah posisi pasien yang tepat untuk tindakan fisioterapi tersebut?

a. Setengah duduk

b. Miring ke kanan

c. berbaring

d. Miring ke kiri

e. Duduk tegak

SOAL 26. Seorang perempuan umur 35 th datang ke fisioterapi dengan gangguan gerak sendi. Pemeriksaan fisioterapi perlu dipilahkan, untuk menentukan lokasi patologi chondromalacia patella diperlukan test provokasi pada patellofemoral, pengukuran kelurusan (alignment) dan dan stabilitas lutut.Ingin dilakukan pemeriksaan untuk menentukan lokasi patologi patella

Bagaimana pemeriksaan (tes) yang diperlukan?

a. Traction patella terhadap femur

b. Traction patella terhadap femur

c. Compression patella terhadap femur

d. Translation patella terhadap femur

e. Active flexion – extension

SOAL 27. Seorang laki-laki berusia 72 tahun, 2 hari yang lalu masuk RS dengan keluhan adanya penurunan toleransi aktivitas dari 50 m -> 15m , sesak napas, batuk berdahak berwarna, tidak berdarah. Ada peningkatan penggunakan nebulizer dari setiap 4 jam -> 2 jam. Hasil auskultasi ada krepitasi pada basal paru dan wheezing ++. Hasil peakflowmeter: 40% dari nilai yg diprediksikan

Hasil pemeriksaan auskultasi dan peakflowmeter menunjukkan adanya problem apa?

a. Obstruksi jalan napas

b. Efek deconditioning

c. Kelemahan otot-otot pernapasan

d. Penurunan toleransi aktivitas

e. Restriksi paru

SOAL 28. Seorang pemuda umur 19 th dua minggu jatuh dari sepeda motor mengalami patah tulang femor kanan, telah dilakukan operasi dipasang internal fiksasi, terjadi infeksi pada luka operasi yang cukup serius sehingga harus dilakukan amputasi. Selama Lima tahun memakai protese dan dapat bekerja serta bergaul dengan sesama tanpa ada keluhan

Apakah pandangan fisioterapi kepada pemuda tersebut dari segi impairment?

a. Pemuda tersebut luka

b. Pemuda tersebut sakit

c. Pemuda tersebut cidera

d. Pemuda tersebut sehat

e. Pemuda tersebut cacat

SOAL 29. Seorang perempuan berumur 46 tahun datang ke klinik fisioterapi dengan keluhan nyeri bahu kanan lateral atas sejak 1minggu yang lalu, pada gerak eksorotasi bertambah nyeri. Pemeriksaan joint play movement posisi akhir ROM eksorotasi nyeri dan ada spasme pada otot-otot bahu. Rencana program fisioterapi diberikan terapi latihan

Apakah bentuk latihan yang sesuai diatas?

a. Shoulder reade

b. Shoulder wheel

c. Pendular

d. Upper head pulley

e. Spring pulley

SOAL 30. Pasien/ klien berhak atas pemanfaatan  sumberdaya yang tersedia  untuk yang terbaik dalam  pemeliharaan  kesehatannya, sehingga  bila  dipandang  perlu  fisioterapis  dapat  merujuk kepada pihak/ profesi  lain  yang lebih berkompeten.

Manakah kode etik dibawah ini yang sesuai dengan pernyataan diatas?

a. Selalu memelihara standar kompetensi profesi fisioterpi dan selalu meningkatkan pengetahuan/ ketrampilan

b. Menghargai hak dan martabat individu

c. Tidak bersikap diskriminatif dalam memberikan pelayanan kepada siapapun yang membutuhkan

d. Mengakui batasan dan kewenangan profesi dan hanya memberikan pelayanan dalam lingkup profesi fisioterapi

e. Memberikan pelayanan professional secara jujur , berkompeten dan bertanggung jawab

SOAL 31. Pasien wanita berusia 45 tahun berada di rawat inap dengan diagnosa COPD. Saat ini sudah tidak ada keluhan sesak napas dan tidak ada sputum, SPO2 90%, RR 20/ment dan HR 98/ment. Sudah mampu berjalan 50 m. Intervensi fisioterapi yang tepat adalah?

a. Latihan daya tahan / endurance

b. Zig Zag Run

c. Jalan 6 menit

d. Latihan Kekuatan Otot Bantu Nafas

e. Pursed lip breathing

SOAL 32. Seorang anak laki-laki umur 10 tahun jatuh waktu main bola 2 minggu yang lalu, siku kanannya terbentur gawang goal, ada rasa nyeri dan waktu digerakkan sakit serta tidak bisa lurus. Terdapat bengkak di siku lateral, keterbatasan ROM siku, end feel soft. Rencana akan dilakukan latihan untuk meningkatkan ROM

Apakah bentuk latihan yang efektif?

a. Hold Relax

b. Passive Stretching

c. Isometric

d. Free Active

e. Force Passive

SOAL 33. Pasien   laki-laki umur 47 tahun datang ke praktek fisioterapi dengan nyeri pada sendi-sendi penumpuh berat badan.  Hasil kajian Fisioterapis menunjukkan bahwa yang bersangkutan membutuhkan Intervensi Latihan dalam pool theray agar efek penumpuan berat badan yang diharapkan sekitar 10% Ber at Badan

Berapakah tinggi air Pool therapy?

a. Setinggi Spina Iliaca Anterior Superior

b. Setinggi Umbilicus

c. Setinggi C7

d. Setinggi Xhypoideus

e. Setinggi Knee Joit

SOAL 34. Ibu 35 tahun datang ke fisioterapi dengan keluhan nyeri sisi radial pergelangan tangan sejak 2 hari yang lalu setelah mencuci. Dilakukan tes Finkelstain positif nyeri. Gerak aktif dan pasif tidak ada keluhan.

Apakah intervensi yang paling tepat?

a. Ultrasound

b. Hot pack

c. Parafin bath

d. Kontras bath

e. Emerson bath

SOAL 35. Perempuan umur 24 tahun ke klinik Fisioterapi dengan keluhan rasa baal, nyeri pergelangan tangan saat digerakkan menekuk. Dalam kegiatan sehari-hari pasien tersebut mengangkat bayi seberat 6 kg. Fisioterapi melakukan provokasi gerak palmar fleksi dengan cara kedua punggung tangan saling beradu.

Apakah tes fisik yang dilakukan tersebut diatas?

a. Isometric Dorsofleksi

b. Finklestein

c. Phalen

d. Isometric Palmar

e. Prayer

SOAL 36. Seorang anak berusia 9 tahun dirawat di rumah sakit karena demam, sesak   nafas, dan batuk berdahak lebih kurang 6 hari. Pemeriksaan apa yang dilakukan fisioterapi?

a. Glasgow coma scale

b. Mini mental state test

c. MMT

d. Borg scale

e. Berg scale

SOAL 37. Anak berusia 3 hari berada di NICU dengan kondisi kuning pada hamir seluruh tubuhnya. Diketahui hal tersebut dikarenakan tingginya kadar bilirubin yang dihasilkan olah organ hepar. Apabila dibiaran akan mengakibatkan gangguan pada sistem safap pusatnya. Apakah salah satu faktor pencetus dari kondisi diatas?

a. Proses Kelahiran Cesar

b. Premature 30 Minggu

c. Keracunan saat di kandungan

d. Proses kehamilan lebih dari 40 minggu

e. Pinggul ibu sempit

SOAL 38. Pasien wanita berumur 25 tahun dirujuk ke Fisioterapi. Dengan keluhan nyeri lutut  dan diagnosa medis  Chondromalacia Patellae. Fisioterapi ingin melakukan pemeriksaan fisioterapi dengan spesifik untuk mendukung diagnosa tersebut.

Apa nama tes khusus yang tepat untuk kasus tersebut?

a. Balotemen

b. Valgus

c. Varus

d. Patella Gliding

e. Drawer

SOAL 39. Seorang perempuan umur 20 tahun dengan diagnosis pasca fracture tertutup tibia 1/3 distal 1 minggu dalam skeletal traction, persiapan operasi pemasangan plate and screw. Tanda vital normal, tidak ada gangguan pernafasan dan sirkulasi. Dalam pemeriksaan fisioterapi ditemukan posisi pasien diatas alat traksi skeletal dengan atrofi tungkai dengan rata2 nilai 4, posisi pergelangan kaki dan jari kaki fleksi. Program untuk fisioterapi mencegah kelemahan otot dan thrombosis.

Apakah intervensi yang paling tepat?

a. Mobilization exercise

b. Isometric exercise

c. Progressive strengthening exercise

d. Free active exercise

e. Contract relax stretching

SOAL 40. Anak 14 tahun, mengeluh nyeri dan bengkak di siku kanan setelah jatuh saat badminton 1 hari yang lalu. Keluhan meningkat terutama saat bergerak dan berkurang saat istirahat. Datang ke Fisioterapi dan dilakukan pemeriksaan ditemukan cidera pada tendon ektensor carpi radialis, eritema, bengkak dan suhu naik.

Apakah intervensi fisioterapi yang tepat?

a. Exercise

b. Mobilisasi

c. PRICE

d. Massage

e. Heating

SOAL 41. Seorang bayi perempuan usia 4 bulan mengalami kesulitan bernapas sejak 36 jam yang lalu. Pada pemeriksaan fisik diperoleh hasil: temperatur 101° F, didapatkan suara hypersonor dan suara bising di dada. cracles dan wheezing juga terdengar. X ray menunjukkan adanya empisema obstruksi. Data yang diperoleh dari pemeriksaan perkusi adalah ….

a. Hypersonor

b. Cracles

c. Sesak nafas

d. Suara bising

SOAL 42. Seorang pemain bulu tangkis mengeluh nyeri pada siku bagian lateral satu minggu yang lalu, nyeri pertama kali timbul  setelah melakukan latihan keras. Hasil X ray  tidak menunjukkan adanya kelainan pada tulang. Pasien tersebut datang di klinik Fisioterapi dan dilakukan pemeriksaan dengan dugaan adanya tennis elbow.

Apakah pemeriksaan tes gerak yang tepat?

a. melawan tahanan ke arah supinasi lengan bawah, radial deviasi dan ekstensi wrist

b. melawan tahanan ke arah supinasi lengan bawah, radial deviasi dan fleksi wrist

c. melawan tahanan ke arah pronasi lengan bawah, radial deviasi dan ekstensi wrist

d. melawan tahanan ke arah supinasi lengan bawah, ulnar deviasi dan ekstensi wrist

e. melawan tahanan ke arah pronasi lengan bawah, ulnar deviasi dan fleksi wrist

SOAL 43. Seorang pasien laki-laki umur 45 tahun datang ke klinik fisioterapi. Dia mengeluh nyeri di daerah panggul dan gerak sendi panggul tidak maksimal. Setelah dilakukan pemeriksaan fisioterapi ternyata ditemukan keterbatasan pada arah gerak extensi, abduksi dan eksorotasi (POLA KAPSULER).

Apakah intervensi fisioterapi yang tepat?

a. Terapi Manipulasi

b. Diathermy

c. Kinesiotaping

d. Hold Relax

e. Miofascial Release

SOAL 44. Seorang laki-laki umur 35 tahun rawat inap post operasi craniotomy 7 hari yang lalu, di rujuk ke fisioterapi. Kesadaran pasien composmetis, BP 130/90 mmhg, Nadi 85 x/menit, RR 24 menit. Pemeriksaan fisioterapi kelemahan anggota gerak kanan MMT 1, belum mampu duduk, dapat komunikasi dan kooperatif. Hasil MRI Cerebral Haemorage. Fisioterapi ingin mencegah kekakuan sendi. Apakah intervensi fisioterapi yang tepat untuk kasus tersebut?

a. General pasif exercises

b. Balance exercise

c. Breathing exercises

d. Strengthening exercises

e. Free aktif exercises

SOAL 45. Seorang laki umur 54 th mengalami kaku sendi dirujuk ke fisioterapi. Untuk mengetahui penyebabnya, apakah kontraktur kapsul sendi, kontraktur atau kelemahan otot penggerak sendi, penguncian oleh tulang atau dislokasi, maka diperlukan pemeriksaan secara algoritme dan berdasar evidence base practice. Oleh fisioterapis akan dilakukan pemeriksaan pada kapsul sendi.

Bagaimana pemeriksaan pada pasien di atas?

a. Bila tes pasif nyeri-terbatas kemudian dilakukan joint play movement test

b. Bila tes aktif timbul tremor kemudian dilakukan tes koordinasi

c. Bila tes isometric lemah kemudian dilakukan manual muscle testing

d. Bila tes isometric nyeri kemudian dilakukan tes palpasi

e. Bila tes aktif dan pasif tidak ada gerakan kemudian dilakukan joint play movement test

SOAL 46. Seorang wanita 34 tahun memiliki profesi sebagai karyawan kantoran mengeluhkan nyeri pada pinggang bagian dapan dan belakang. Dari hasil inspeksi terlihat pelvis nya mengarah ke anterior dengan konpensasi lumbal hiperlordosis. FIsioterapis melakukan test spesifik dan daidapati bahwa terjadi pemendekan dan spasme apada otot iliopsosas.

Test apakah yang dimaksud?

a. Gaenslen Test

b. Posterior Pelvic Pain Provocation Test

c. Standing Flexion Test

d. FABER test

e. Hip Quadrant Test

SOAL 47. Seorang laki-laki  umur 56 tahun yang datang ke fisioterapi atas rujukan dokter dengan kondisi Spondiloartrosis lumbalis, dan mengeluh nyeri pinggang dan kaku gerak pinggang.  Dalam pemeriksaan fisioterapi dijumpai hipomobilitas pola kapsuler, nyeri ekstensi, tes pasif posisi duduk dengan firm end feel. Pada tes khusus gapping maupun capsullar load nyeri. Pada muascle length test dijumpai ketegangan otot-otot para vertebral bagian lumbal.

Apakah intervensi fisioterapi yang tepat?

a. Joint mobilization dan joint manipulation

b. Joint mobilization dan contract relax stretching

c. Joint manipulation dan muscle streiching

d. Joint mobilization dan muscle strengthening

e. Joint manipulation dan muscle strengthening

SOAL 48. Laki – laki umur 35 tahun dengan keluhan nyeri pada punggung atas. Di duga terdapat lesi pada tendon otot rhomboideus. Berdasarkan hasil pengkajian didapatkan data sebagai berikut : luas area lesi 25 cm2, kedalaman jaringan target 4 cm di bawah kulit, Aktualitas sedang, ERA tranducer 5 cm2

Berapakah pulsed ratio/duty cycle yang dibutuhkan untuk kasus tersebut?

a. 1 : 3

b. 1 : 5

c. 1 : 2

d. 1 : 4

e. 1 : 1

SOAL 49. Seorang perempuan umur 23 th datang ke Klinik Fisioterapi & Wellness karena ingin mendapat perawatan selulit yang nampak di paha kanan dan kirinya

Apakah Intervensi fisioterapi terpilih?

a. Ultrasound 3 MHz

b. Cryotherapy

c. Ultrasound 1 Mhz : superfisial

d. Infrared 150 W

e. Massage

SOAL 50. Seorang anak perempuan umur 10 tahun diantar orang tuanya datang ke fisioterapi  dengan posisi kaki kiri jinjit. Hasil anamnesis diperoleh informasi tiga bulan yang lalu anak tersebut pernah mengalami cedera pada tungkai bawah. Setelah dilakukan pemeriksaan fisioterapi, diketahui ada pemendekan otot. Program Fisioterapi untuk memperbaiki pola jalan.

Apakah intervensi fisioterapi yang tepat untuk kasus tersebut?

a. mobilisasi sendi ankle

b. stretching otot gastrocnemius

c. pemberian ultrasonic

d. pemberian short wave diatermi

e. massage

SOAL 51. Pasien Perempuan umur 58 tahun datang ke Poli Fisioterapi dengan keluhan selalu mengalami nyeri dan kaku sendi lutut pada pagi hari, keluhan makin bertambah saat berjalan dan atau naik turun tangga. Knee joint menunjukkan deformitas Varus. Pasien tersebut mempunyai hasil pindai X-Ray knee joint. Diagnosis klinis menunjukkan bahwa pasien tersebut mengalami Degeneratif Joint Diseases

Bagaimanakah hasil pemindaian X-Ray terhadap ruang sendi knee joint tersebut?

a. Menyempit Dan Timbulnya Osteofit

b. Normal Dan Timbulnya Osteoblast

c. Normal Dan Garis Sendi Aligment

d. Menyempit Dan Timbulnya Osteoclast

e. Normal Dan Timbulnya Non Aligment

SOAL 52. Pasien perempuan 35 tahun dikirim dari dokter ahli penyakit saraf dengan keluhan nyeri menyebar dari pinggang hinga ke belakang paha setelah gendong anak. Nyeri terutama saat membungkuk. Pada tes lasegue positif, Bragard negatif dan tes hiper ekstensi nyeri berkurang. Fleksi posisi berdiri nyeri ekstensi tidak ada nyeri. Dari MRI terdeteksi disc bulging.

Apakah latihan yang paling tepat pada kasus diatas? Membungkuk = Flexi

a. Latihan ekstensi Mc Kenzie

b. Latihan fleksi William

c. Latihan core stabilization

d. Latihan penguatan otot ekstensor

e. Latihan mobilisasi trunki

SOAL 53. Seorang laki-laki umur 65 tahun, obesitas dan perokok berat, rawat inap di bangsal bedah, pasien demam pada hari kedua paska operasi gastrectomy. Hasil pemeriksaan X-ray dada sebelum operasi, paru nampak dalam batas normal, akan tetapi pada paska operasi ditemukan atelectasis pada lobus bawah paru kanan. Batuknya sangat lemah, dan non-produktif. Pada auskultasi ditemukan suara bronchial pada paru kanan belakang bagian bawah.

Untuk mengetahui adanya gangguan sistem respirasi atau tidak, pemeriksaan lanjut apa yang perlu dilakukan?

a. Pemeriksaan urine

b. Pemeriksaan EKG

c. Pemeriksaan darah rutin

d. Analisa gas darahThis is the correct answer.

e. Pemeriksaan gula darah

SOAL 54. Seorang pemuda umur 19 th dua minggu jatuh dari sepeda motor mengalami patah tulang femur kanan, telah dilakukan operasi dipasang internal fiksasi. Selama dua minggu dia tidak dapat bekerja tetapi untuk akitivitas makan, mandi dan merawat diri masih mampu dilakukan

Apa level gangguan gerak dan fungsi pemuda tersebut?

a. system

b. individu

c. molekuler

d. jaringan

e. selluler

SOAL 55. Seorang pasien laki-laki umur 34 tahun, patah tulang pada Metacarpal II. Operasi dengan wire 5 hari yang lalu. Pasien dirujuk ke Fisioterapi. Pemeriksaan fisioterapi: luka baik, ROM Fleksi Meta karpo phalangeal terbatas 60 derajat. Nyeri gerak pasif dengan VAS nilai 3 dan masih bengkak. Program Fisioterapi untuk mengurangi bengkak dan mengatasi keterbatasan ROM

Apakah intervensi yang terpilih?

a. Massage & Stretching

b. Infrared & Stretching

c. Ultrasound & Stretching

d. Diathermy & Stretching

e. Cryotherapy & Stretching

SOAL 56. Seorang pria 67 tahun datang ke fisioterapi dengan menggunakna tongkat. Dari hasil anemnesis didapatkan bhwa ia mengalami nyeri lutut. Nyeri akan sangat semakin terasa apabila dipagi hari setelah bagun tidur. Pemeriksaan apakah yang tepat untuk mengetahui kemampuan fungsionalnya?

a. Western Knee Physiologic

b. Chipaux Siminov Index

c. Clarke Angel

d. Skala jette

SOAL 57. Seorang pria berumur 51 tahun, guru matematika di SMU, mengeluh nyeri dan kaku bahu kanan sejak 2 bulan sebelumnya keluhan pada deltoid kanan sampai ke lengan atas sisi luar, Tidak ada riwayat trauma atau riwayat penyakit lain pada bahu kanan. Glukosa darahnya agak tinggi, tetapi hasil lab lain normal. X ray tampak sela sendi menyempit. Saat quick test tampak reserve humero scapular rhythm dan dalam test gerak pasif dijumpai capsular pattern dengan firm end feel

Apakah tes khusus yang tepat untuk menegakkan diagnosis fisioterapinya?

a. Palpasi

b. Joint play movement

c. Manual muscle test

d. Compression test

e. Contract relax and stretch test

SOAL 58. Wanita 17 tahun datang ke fisioterapi dengan keluhan nyeri pada lutut nya. Dari hasil pemeriksaan diketahui bahwa ia memiliki pinggul yang sangat besar sehingga membuatnya mengalami kompresi yang propersional pada lututnya. Nyeri sering dialami pada saat melompat dan berlari jauh.

Diagnosa apakah yang tepat untuk kasus diatas?

a. Bursitis

b. Cramp foot

c. Patelo Femoral Pain Syndrome

d. Osteoartitis

e. Remathoid Artitis

SOAL 59. Seorang perempuan usia 84 tahun diagnosa alzhaimer dari Panti jompo dengan eschar (kulit mati) pada kedua tumit yang tidak kunjung sembuh walaupun sudah dirawat dengan occlusive dressings, dikirim ke klinik fisioterapi untuk mendapatkan terapi whirlpool.

Apa manfaat terapi yang diberikan pada pasien tersebut?

a. Meningkatkan aliran darah tubuh

b. Melembutkan dan mengelupaskan eschar

c. Latihan mobilitas sendi

d. Meningkatkan kelembaban kulit

e. Efek desinfektan pada jaringan luka

SOAL 60. Seorang perempuan umur 25 tahun datang ke bagian fisioterapi, berjalan dengan menggunakan tongkat, mengeluh nyeri sekali pada kedua lututnya sejak dua hari yang lalu, hasil pemeriksaan ditemukan adanya krepitasi pada kedua lututnya dan nyeri pada skala VAS 5, terlihat bengkak dan sedikit kemerahan pada lutut. Program Fisioterapi untuk mengurangi nyeri dan menghambat implamasi.

Apakah Intervensi fisioterapi yang tepat pada kondisi tersebut?

a. Active exercise dan menggunakan knee decker

b. TENS dan kompres dingin

c. Diathermy dan memakai knee decker saat aktifitas

d. Ultrasonic terapi

e. Active exercise dan kompres dingin

SOAL 61. Seorang laki-laki umur 65 tahun, obesitas dan perokok berat, pasien demam pada hari kedua paska operasi gastrectomy. Hasil pemeriksaan X-ray dada sebelum operasi, paru nampak dalam batas normal, akan tetapi pada paska operasi ditemukan atelectasis pada lobus bawah paru kanan. Batuknya sangat lemah, dan non-produktif. Pada auskultasi ditemukan suara bronchial pada paru kanan belakang bagian bawah. Program fisioterapi apa yang akan saudara gunakan untuk mengatasi atelectasis (alveolus tidak terisi oksigen) pasien diatas?

a. Pursed lips breathing

b. Massage otot-otot pernapasan

c. Diafragmatic breathing

d. Deep breathing exercise

e. Latihan batuk efektif

SOAL 62. Perempuan 30 tahun dikirim dokter dengan internal fiksasi post fraktur klavikula, luka operasi sudah sembuh. Os Masih mengeluh nyeri bahu saat beraktivitas, terutama saat mengangkat bahu. Dijumpai tendinitis biceps brachii caput longum dan direncanakan untuk dilakukan tindakan ultrasonik.

Bagaimanakah teknik aplikasinya?

a. Tranducer paralel dengan tendon

b. Tranducer sirkuler dengan tendon

c. Tranducer tegak lurus dengan tendon

d. Tranducer longitudinal dengan tendon

e. Tranducer diagonal dengan tendon

SOAL 63. Seorang perempuan berumur 51 th, sehari yang lalu menjalani laparatomy. Ia mengeluh nyeri pada perutnya. Hasil pemeriksaan auskultasi ditemukan ada suara crackles di paru kanan lobus atas segmen anterior. Pemeriksaan laboratorium menunjukkan SpO2: 92%, H+ : 52.19 nmol/L , pCO2 : 4.6 kPa , pO2 10.96 kPa, HCO3- : 16.6 mmol/L, BE –9.8. Apakah yang menjadi problem utama pasien tersebut?

a. Sesak nafas = wheesing

b. Peningkatan kerja pernafasan

c. Penurunan volume paru

d. Penurunan mobilitas thoraks

e. Penumpukan mukus

SOAL 64. Seorang perempuan umur 56 tahun, 2 bulan yang lalu mengeluh jari tengah kiri tiba-tiba tidak bisa dibengkokkan,2 hari setelah kejadian Ny A berobat ke dokter, tapi dianjurkan untuk dilakukan pembedahan, setelah pasien tersebut mencari opsi lain, disarankan oleh temannya untuk ke fisioterapi

Apakah Tindakan yang tepat dilakukan oleh fisioterapis untuk menangani problematika tersebut?

a. Ultra sound under water

b. Exercise pasif

c. Exercise aktif

d. Electrical stimulation

e. Stretching

SOAL 65. Pasien perempuan berumur 40 tahun datang ke praktek Fisioterapi dengan keluhan pada pinggang yang terjadi secara tiba-tiba. Keluhan nyeri tersebut bertambah saat duduk dan berkurang saat posisi berdiri. Hasil test SLR positif sedangkan gambaran X-Ray pada Columna Vertebralisnya Negatif

Apakah teknik latihan yang efektif untuk pasien tersebut?

a. Mc. Kenzie

b. Quadriceps Setting

c. Willian Flexion Exercise

d. Slump Exercise

e. Frenkle Exercise

SOAL 66. Seorang klien wanita umur 56 tahun mengeluh kesemutan hilang timbul dari tangan hingga jari sisi radial sejak 2 bulan tanpa penyebab. Tidak punya penyakit DM ataupun Rheumatoid arthritis. Pada pemeriksaan fisioterapi ditemukan pemendekan ligament. Carpi transversum dan neural adhesion n. medianus setinggi pergelangan tangan.

Apakah intervensi fisioterapi yang paling tepat?

a. Mobilisasi saraf perifer dan peregangan

b. Mobilisasi saraf perifer dan peregangan tendon fleksor

c. Mobilisasi sendi dan peregangan tendon fleksor

d. Mobilisasi saraf perifer dan manipulasi lunatum

e. Mobilisasi sendi carpalia dan peregangan

SOAL 67. Seorang wanita berusia 45 tahun datang ke poli fisioterapi mengeluhkan nyeri pada maleolus medialis sampai bawah calcaneus. Diketahui bahwa area tersebut dipersarafi n. tibialis posterior. Pakah diagnosa kasus dari permasalahan tersebut?

a. Strain Achiles

b. Calcaneus spur

c. Fascitiis plantaris

d. Tarsal tunnel syndrome

e. Flat Foot

SOAL 68. Seorang pasien laki-laki umur 25 tahun pasca operasi pemasangan plate & screw 2 hari yang lalu akibat patah tulang humeri kanan 1/3 tengah sederhana tertutup akibat trauma, mengeluh tidak mampu untuk menggerakkan pergelangan tangan kanannya kearah fleksi dorsal (nilai kekuatan otot 0). Tujuan awal fisioterapi adalah untuk memelihara sifat fisiologis otot-otot yang lumpuh agar tidak atrofi dan memendek

Apakah jenis intervensi fisioterapi yang tepat untuk diberikan pada kasus di atas sesuai dengan tujuan awal fisioterapi?

a. Latihan dengan metode PNF

b. Stimulasi listrik dan latihan gerak pasif

c. Massase dan latihan gerak aktif

d. Terapi panas dan stimulasi listrik

e. Latihan gerak pasif dan massase

SOAL 69. Seorang perempuan usia 42 tahun, datang ke klinik fisioterapi dengan keluhan nyeri dan rasa baal pada telapak tangan kanan. Hal ini lebih dirasakan ketika mencuci dan memeras pakaian. Pada pemeriksaan tinnel test didapatkan hasil positif

Apa intervensi fisioterapi yang tepat pada kasus di atas?

a. MWD dan free active movement

b. US under water dan manipulasi

c. US kontak langsung dan manipulasi

d. Infra red dan muscular mobilization

e. TENS dan force passive movement

SOAL 70. Seorang laki-laki umur 35 tahun datang ke klinik fisioterapi konsul sudah 1 bulan mengeluh nyeri pinggang bawah sampai tungkai kanan, terutama duduk lama. Riwayat pernah salah mengangkat barang dan jatuh. Pemeriksaan spame otot-otot paralumbal, nyeri tekan dan gerak, gerakan fleksi lumbal lebih sakit daripada extensi. SLR positif nyeri, skala VAS nilai 70 mm. Hasil MRI ada Bulging L4/L5, L5/S1, Flat back. Pasien sudah fisioterapi nyeri berkurang skala VAS nilai 30 mm. Apakah olahraga yang tepat untuk kasus tersebut?

a. Tennis

b. Berenang

c. Senam

d. Bulutangkis

e. Jogging

SOAL 71. Seorang pria umur 65 tahun penderita Diabetes Melitus datang ke klinik Fisioterapi mempunyai luka pada kaki sebelah kanan yang mengarah terjadinya gangrene. Hasil pemeriksaan gula sewaktu 350mmHg dan tensi darah 160/90 mmHg. Program fisioterapi untuk memperbaiki sirkulasi setelah debridement.

Apakah pendekatan terbaik?

a. Infrared

b. Cryotherapy

c. Diathermy dengan pad

d. Intermittent Vacum Compression

e. Massage

SOAL 72. Seorang pria 54 tahun datang ke praktik fisioterapi dengan diagnosis medis asma bronkiale. Pasien mengeluhkan sesak nafas, batuk sejak 3 bulan yang lalu dan berdahak, saat aktifitas sehari-hari cepat lelah. Pemeriksaan mobilitas thoraks diperoleh selisih inspirasi dan ekspirasi 2 cm. Pada pemeriksaan diperoleh hasil recoil paru rendah karena volume residu paru diatas normal. Apakah intervensi fisioterapi yang tepat?

a. Postural drainage

b. Breathing exercise

c. suction

d. Thoracic expansion exercise

e. nebuliser

SOAL 73. Seorang laki-laki 65 th dengan diagnosis medis empisema berat. Pasien mengeluh batuk kering, nafas berbunyi (wheezing), dan sesak nafas. Pasien bernafas dengan mulut terbuka dan dengan pernafasan dada. Hasil observasi menunjukkan adanya barrel chest, dan apical breathing pattern. Apakah yang menjadi permasalahan fisioterapi utama pada pasien tersebut?

a. Batuk kering

b. Barrel chest

c. wheezing

d. Penumpukan sputum

e. Sesak nafas

SOAL 74. Seorang anak umur 8 tahun jatuh terduduk ketika sedang main di sekolah, tidak terdapat luka serius yang tampak, tetapi anak tersebut tidak bisa berjalan. Dibawa ibunya ke RS, dalam pemeriksaan rotgen tidak ada patah tulang, diduga mengalami lesi ringan pada syaraf ke tungkai. Dirujuk ke fisioterapi agar dilatih berjalan

Apakah level gangguan anak tersebut?

a. Selluler

b. Individu

c. System

d. Atomic

e. Molekuler

SOAL 75. Bayi berusia 5 hari terdiagnosa medis mengalami kinecterus. Saat ini ia berada di dalam inkubator hingga dinyatakan memiliki kondisi vital sign dan berat badan yang ideal. Dari hasil catatan rekam medik didapatkan mukonium pada hari pertama adalah 10 gram, kadar billirubin 25 mg/dl, berat badan 1,2 kg.

Intervensi apakah yang tepat untuk bayi tersebut?

a. Infrared

b. Ultra Sound

c. manual terapi

d. Phototherapy

e. Contras Bath

SOAL 76. Perempuan 60 tahun, timbul keluhan inkontinensia urin. Datang ke Fisioterapi dengan keluhan tidak mampu menahan kencing. Pemeriksaan Fisioterapi didapat kelemahan otot dasar panggul.

Interfensi latihan apakah yang tepat dalam kondisi ini?

a. Ham Set

b. Anterior Pelvic Tilting Exercise

c. Breathing Exercise

d. Kagel Exercise

e. Sutle Run

SOAL 77. Seorang laki-laki berusia 72 tahun, 2 hari yang lalu masuk RS dengan keluhan adanya penurunan toleransi aktivitas dari 50 m -> 15m, sesak napas, batuk berdahak berwarna, tidak berdarah. Ada peningkatan penggunakan nebulizer dari setiap 4 jam -> 2 jam. Hasil auskultasi ada krepitasi pada basal paru dan wheezing ++. Hasil peakflowmeter : 40% dari nilai yg diprediksikan.

Apa penyebab sesak napas pada kasus di atas?

a. Restriksi paru

b. Obstruksi jalan napas

c. Penurunan toleransi aktivitas

d. Efek deconditioning

e. Kelemahan otot-otot pernapasan

SOAL 78. Wanita berusia 67 tahun datang ke fisioterapi dengan keluhan nyeri sangat hebat pada saat berjalan. Nyeri dirasakan menjalar dari pantat kanan hingga tungkai bawah. Fisioterapi menduga bahwa pasien ini mengalami permasalahan yang disebut ischialgia, yaitu penjepitan pada saraf ischialdicus.

Dimanakah lokasi cabang saraf tersebut pada medula spinalis?

a. radiks Anterior L4-S3

b. radiks posterior L4-S2

c. radiks posterior L3-S2

d. radiks posterior L4-S3

e. radiks Anterior L3-S2

SOAL 79. Seorang remaja perempuan berumur 18 tahun. Remaja tersebut sering melakukan perawatan pada wajah berupa skin facial dan penggunaan obat-obatan pemutih wajah. Pada suatu ketika, remaja tersebut disuatu tempat terpapar terik matahari kurang lebih 7 menit, sehingga wajah memerah, tampak eritema dan timbul rasa nyeri.

Berapa tingkat kedalaman luka pada kasus diatas?

a. Derajat I : epidermis, merah kering

b. Derajat II: epidermis dermis, ada bula

c. Derajat III : dermis , tanpa bula non nyeri hilang sensasi

d. Derajat IV : Piling ari, kemerahan

e. Derajat V : Hematoma, inflamasi

SOAL 80. Pasien post operasi H+7, dirujuk ke fisioterapi dan diberikan intervensi ultrasound dengan tujuan untuk mempercepat pertumbuhan calus. Pada fase apakah kasus tersebut?

a. Kalusidasi

b. Hematoma

c. Proliferasi

d. Remodeling

e. Konsolidasi

SOAL 81. Seorang ibu umur 40 tahun mengeluh nyeri di pergelangan tangannya kepada fisioterapis. Pasien merasakan nyeri ketika melakukan pekerjaan rumah tangga seperti membuat sambal, memeras pakaian sewaktu menyuci pakaian terasa nyeri. Setelah diperiksa ternyata memang ada keluhan nyeri pada otot-otot extensor policis longus dan abductor policis brevis.

Apakah tes yang paling tepat untuk mengetahui nyeri tersebut diatas?

a. Tes gerak melawan tahanan pada pergelangan kearah fleksi

b. Tes Tinnel

c. Tes Manouver Mills

d. Tes Finklestein

e. Tes gerak melawan tahanan pada pergelangan tangan kearah radial fleksi

SOAL 82. Seorang laki-laki umur 60 tahun dikirim ke fisioterapi dengan diagnosa OA genu dextra, mengeluh nyeri dan kaku sendi lutut sejak 1 bulan yang lalu. Hasil pemeriksaan FT terdapat bengkak pada lutut kanan, nyeri skala VAS 80 mm, keterbatasan gerak, ada krepitasi, tidak bisa naik turun tangga dan jongkok. Hasil x-ray ditemukan osteofit pada eminentia sendi lutut. Fisioterapi ingin mengurangi gangguan yang ada. Apa intervensi fisioterapi yang teapat untuk kasus tersebut?

a. Isotonic exercise

b. Isometric exercise

c. Strengthening exercise

d. Joint mobilisation

e. Endurance exercise

SOAL 83. Seorang laki-laki 45 tahun mengalami keterbatasan gerak tungkai kanan datang kefisioterapi. Dari hasil pemeriksaan ada otot yang memendek dan perlu dilakukan stretching. Fisioterapis mengajarkan dengan teknik Thomas Test stretching pada pasiennya

Kelompok otot apa yang ingin diulur dalam test tersebut?

a. Fleksor Hip kanan

b. Fleksor knee kanan

c. Ekstensor Hip kanan

d. Abduktor Hip kanan

e. Ekstensor knee kanan

SOAL 84. Pasien laki-laki umur 25 tahun, datang ke praktek fisioterapi dengan keluhan tidak mampu menekuk siku kanan (flexi elbow dextra). Hasil pemeriksaan Manual Muscle Testing diperoleh data berupa:  terjadi kontraksi minimal otot dalam posisi tidak melawan gravitasi dan tidak mampu menggerakkan sendi elbow. Berapakah nilai otot flexor elbow dextra tersebut?

a. Nilai 0

b. Nilai 1

c. Nilai 4

d. Nilai 3

e. Nilai 2

SOAL 85. Seorang pria 40 tahun mengeluhkan nyeri pada pantat hingga paha belakang nya. Fisioterapis melakukan pemeriksaan dan didapati pada saat inpeksi statis maupun dinamis, terlihat anggota tubuh kanan terlihat lebih tinggi daripada sisi kanan. Setelah dilakukan permeriksaan spesifik, didapati bahwa adanya kelemahan pada otot guteus medius dan gluteus minimus. Tes spesifik apakah yang dimaksud?

a. Trendelenburg test

b. Neri Test

c. FABER Test

d. Ober’s Test

e. ITB Test

SOAL 86. Seorang perempuan umur 50 tahun datang ke klinik fisioterapi dengan keluhan nyeri pada daerah pantat dan kadang menjalar sampai ke tungkai bawah bagian leteral. Pada pemeriksaan LSR positif, tidak ada riwayat trauma, gambaran X ray tampak penyempitan space discus VL4-5 dan tak tampak gambaran porotik pada VL

Apakah intervensi fisioterapi yang tepat?

a. Short wave diathermy

b. Traksi cervical

c. Traksi lumbal

d. Infra Red

e. Ultrasound therapy

SOAL 87. Seorang wanita 29 tahun datang ke fisioterapi dengan keluhan tidak dapat menahan pipis. Kondisi ini ia dapati setalah melahirkan dalam proses normal satu bulan yang lalu.

Apakah diagnosa yang tepat pada wanita tersbeut?

a. Plasenta Previa

b. gonore

c. premature ejaculation

d. dapoxetine

e. Inkontinensia Urin

SOAL 88. Seorang perempuan umur 42 tahun datang ke klinik fisioterapi sudah 2 minggu setiap bangun tidur awal berjalan nyeri di tumit kanan. Pemeriksaan nyeri tekan di calcaneus skala VAS nilai 50 mm, pola berjalan lebih banyak ke arah anterior. Hasil rontgen spur formation di calcaneus kanan. Apakah alat bantu yang tepat untuk kasus tersebut?

a. Stabilisasi ankle

b. Ankle dekker

c. Heel cup

d. Ankle wrap

e. Heel sole

SOAL 89. Seorang pemuda umur 23 th terjatuh kepleset datang ke fisioterapis dengan keluhan nyeri, bengkak kaki dan pergelangan kaki disertai jalan pincang setelah ankle sprain, maka untuk memiilahkan cideranya pada jaringan spasifik, perlu pemeriksaan secara algoritme dan berdasar evidence base practice. Fisioterapis ingin mengetahui apakah ada kelainan tendon

Bagaimanakah pemeriksaan yang tepat?

a. Tes isometrik nyeri kemudian dilakukan tes palpasi

b. Tes pasif terbatas firm end feel tanpa nyeri kemudian dilakukan joint play movement test

c. Tes isometrik lemah kemudian dilakukan manual muscle testing

d. Tes pasif nyeri elactic end feel, kemudian lakukan joint play movement test

e. Tes aktif timbul tremor kemudian dilakukan tes koordinasi

SOAL 90. Pasien perempuan umur 58 tahun, Indeks Massa Tubuh kategori Obesitas datang ke praktek Fisioterapi dengan keluhan selalu mengalami nyeri dan kaku sendi lutut pada pagi hari, keluhan makin bertambah saat berjalan dan atau naik turun tangga. Knee joint menunjukkan deformitas Varus.  Diagnosis klinis menunjukkan bahwa pasien tersebut mengalami Degeneratif Joint Diseases. Apakah intervensi latihan yang tepat untuk kasus tersebut?

a. Latihan pada Treadmill

b. Latihan pada Pool therapy

c. Latihan gerak pasif

d. Latihan gerak aktif

e. Latihan pada Static Bike

SOAL 91. Seorang pasien laki-laki umur 32 tahun dua bulan yang lalu mengalami kecelakaan lalu-lintas sehingga terjadi trauma capitis yang mengakibatkan pasien tidak sadarkan diri hingga 4 minggu. Selama pasien tidak sadarkan diri, tidak pernah dilakukan tindakan fisioterapi. Pasien mengalami keterbatasan gerak sendi panggul pola kapsuler yang disebabkan karena stiffness kapsuloligamenter. Fisioterapi akan melakukan mobilisasi sendi panggul didahului dengan traksi.

Kemanakan arah traksi untuk kasus pasien di atas?

a. Medioventrocranial

b. Lateroventrocranial

c. Lateroventrocaudal

d. Medioventrocranial

e. Mediodorsocaudal

SOAL 92. Seorang laki-laki umur 48 th mengeluh nyeri di punggung datang ke praktik fisioterapi. Setelah dilakukan pemeriksaan ditemukan adanya gangguan pada otot punggung dan ingin dilakukan intervensi dengan sinar Infra red. Untuk itu fisioterapi mengarahkan sinar infra red agar jatuh  tegak lurus pada punggung

Apakah alasan Fisioterapis dengan megarahkan sinar tersebut?

a. Agar sinar tersebut dapat berjalan dengan kecepatan yang sama

b. Agar refleksi sinar menjadi minimal dan absorbs menjadi maksimal

c. Agar sinar tersebut menjangkau jaringan hingga kedalaman 5 cm

d. Agar sinar tersebut dapat meningkatkan gerakan ion dalam otot

e. Agar sinar tersebut dapat menembus jaringan dengan karakteristik yang berbeda

SOAL 93. Seorang pria berumur 45 tahun, mengeluh nyeri dan kaku bahu kanan sejak 3 hari setelah badminton. Saat tes orientasi servikal negative, demikian pula pada siku juga negative, tetapi tes orientasi shoulder tampak painful arc dan dalam tes gerak empty can test positif. Pada tes isometric abduksi bahu positif.

Apakah tes khusus yang tepat untuk menegakkan diagnosis fisioterapinya?

a. Compression test

b. Contract relax and stretch test

c. Palpasi posisi borgol

d. Manual muscle test

e. Joint play movement

SOAL 94. Seorang laki-laki umur 55 tahun datang ke fisioterapi RS SM dengan keluhan berdiri dan berjalan tidak stabil, kadang-kadang tremor sudah 2 bulan. Pemeriksaan fisioterapi gangguan keseimbangan nilai Berg Balance Scale Test nilai 30. Tensi 140/90 mmhg.Nadi 80x/menit. Pola jalan parkinsons gait. Expressi wajah parkinsons mask. Komunikasi baik. Intention tremor. Apakah intervensi fisioterapi yang tepat untuk kasus tersebut?

a. Breathing exercises

b. Strengthening exercises

c. Stretching exercises

d. Frenkle exercises

e. Active exercises

SOAL 95. Seorang perempuan umur 29 th ke klinik Fisioterapi dengan keluhan sakit dan pegal terlokalisir di kedua sisi otot pinggangnya sejak dua hari yang lalu setelah mengangkat pot tanaman. Keluhan bertambah jika dipakai duduk dalam waktu yang lama. Diduga ada ganggoan pada saraf pada punggung bawah

Test khusus apa yang tepat untuk kasus ini?

a. Tes Neri

b. Tes Patrick

c. Tes Bragard

d. Tes Laseque

e. Tes Nutasi-kontra nutasi

SOAL 96. Seorang penderita luka bakar setelah 6 bulan datang ke Fisioterapi. Untuk pengobatan luka bakar dilakukan dengan obatsalep (transdermal) dari dokter kulit. Kondisi luka bakar saat ini masih terdapat luka dan nyeri. Program fisioterapi membantu mempercepat penyembuhan luka.

Intervensi apakah yang dapat dilakukan?

a. Massage

b. Ionthoporosis

c. Infra red

d. Diathermy

e. Cryotherapy

SOAL 97. Seorang perempuan umur 46 tahun, dikirim ke bagian fisioterapi RS X dengan diagnose medis HNP L4-5. Dari pemeriksaan fisioterapis didapatkan spasme otot-otot paravertebrae lumbalis, nyeri tekan 55 mm skala VAS, gerakan membungkuk terbatas, ada kesemutan pada tungkai kiri, lasseque test positif pada 60°. Fisioterapis memberikan intervensi traksi.

Bagaimana posisi pasien pada saat dilakukan intervensi?

a. Tidur telentang, lumbal posisi netral/lurus

b. Tidur tengkurap, lumbal fleksi

c. Tidur tengkurap, lumbal ekstensi

d. Tidur telentang, lumbal fleksi

e. Tidur telentang, lumbal ekstensi

SOAL 98. Seorang pria 21 tahun datang ke fiisoterapi dengan keluhan nyeri pada tangan kanan nya dari siku ingga pergrlangan tangan. Dari diagnosa dokter sebelumnya adalah tenis elbow. Untuk mengetahui lebih jelasnya fisioterapis melakukan assesment ulang dengan test spesifik. Posisi apakah yang tepat untuk tes tennis elbow?

a. Fleksi 60

b. Fleksi 45

c. Ekstensi 180

d. Ekstensi 90

e. Ekstensi 30

SOAL 99. Laki – laki umur 35 tahun dengan keluhan nyeri pada punggung atas. Di duga terdapat lesi pada tendon otot rhomboideus. Berdasarkan hasil pengkajian didapatkan data sebagai berikut: luas area lesi 25 cm2 , kedalaman jaringan target 4 cm di bawah kulit, Aktualitas sedang, ERA tranducer 5 cm2

Berapakah waktu yang dibutuhkan untuk kasus tersebut?

a. 5 menit

b. 8 menit

c. 10 menit

d. 15 menit

e. 20 menit

SOAL 100. Seorang perempuan 51 th sehari yang lalu menjalani laparatomy. Ia mengeluh nyeri pada perutnya. Hasil pemeriksaan auskultasi ditemukan ada suara crackles di paru kanan lobus atas segmen anterior. Pemeriksaan laboratorium menunjukkan SpO2 : 92%, H+ : 52.19 nmol/L , pCO2 : 4.6 kPa , pO2 10.96 kPa, HCO3- : 16.6 mmol/L, BE –9.8. Bagaimana hasil analisis gas darah pada pasien tersebut?

a. Respiratory alkalosis

b. Metabolic alkalosis

c. Metabolic acidosisThis is the correct answer.

d. campuran

e. Respiratory acidosis

B. Latihan Try Out ukom Fisioterapi

Simulasi try out ukom fisioterapi D3, D4, dan S1, Uji kemampuanmu sekarang! Ada 20 soal berbeda tiap paket!

  • Soal ukom fisioterapi Paket 1 (KLIK MULAI)
  • Soal ukom fisioterapi Paket 2 (KLIK MULAI)
  • Soal ukom fisioterapi Paket 3 (KLIK MULAI)
  • Soal ukom fisioterapi Paket 4 (KLIK MULAI)
  • Soal ukom fisioterapi Paket 5 (KLIK MULAI)
  • Soal ukom fisioterapi Paket 6 (KLIK MULAI)
  • Soal ukom fisioterapi Paket 7 (KLIK MULAI)
  • Soal ukom fisioterapi Paket 8 (KLIK MULAI)
  • Soal ukom fisioterapi Paket 9 (KLIK MULAI)
  • Soal ukom fisioterapi Paket 10 (KLIK MULAI)

Mungkin kamu juga butuh referensi seputar fisioterapi! Silahkan unduh Ebook Kuliah Fisioterapi, GRATIS!

Jangan lupa, untuk bagikan postingan soal ukom fisioterapi ini yah! Kamu pasti lulus ukom, GANBATTE Phisio!

4.9/5 – (19 votes)

KAMI ADA DI APLIKASI Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.