Soal UKAI Apoteker 2022

soal ukai apoteker

Soal UKAI atau soal Ujian Kompetensi Apoteker Indonesia menjadi topik bahasan kita kali ini. Kami sajikan kumpulan prediksi contoh soal UKAI yang dilengkapi dengan jawaban, dan pembahasan. Selain itu kami juga memberikan akses simulasi latihan try out UKAI secara GRATIS di akhir postingan ini (silahkan geser ke akhir postingan). Besar harapan kami agar semua terbantukan dan bisa meraih predikat Apoteker Kompeten.

Advertisements

INFORMASI PENTING!

  1. Ada 100 Soal UKAI Apoteker yang kami sajikan dibawah ini (Jawaban & Pembahasan).
  2. Di Awal dan AKHIR POSTINGAN, kami mensilahkan untuk mencoba 10 Paket simulasi latihan tryout UKAI (tiap paket berbeda soal) secara GRATISssssssss!

KLIK LATIHAN TRY OUT UKAI

Read More

Selamat menyimak kumpulan soal UKAI di bawah ini. Jangan lupa untuk mendiskusikannya bersama rekan sejawat atau dosen agar lebih maksimal! Dan yang terpenting selalu pantau website DINAS.ID dan ikuti latihan tryout UKAI secara rutin!

A. Kumpulan Soal UKAI Apoteker

SOAL 1. Seorang ibu datang ke apotek bertanya tentang kondisi anaknya yang berusia 10 tahun mengalami gigi yang berwarna kecolatan. Saat balita, anak tersebut beberapa kali mendapat antibiotik. Antibiotik apa yang menimbulkan masalah tersebut?

A. Eritromisin

B. Ampisilin

C. Tetrasiklin

D. Klindamisin

E. Sefixim

JAWABAN: C. Tetrasiklin

PEMBAHASAN: Tetrasiklin merupakan antibiotik dengan spektrum yang luas karena dapat menginhibisi berbagai macam bakteri. Konsumsi antibiotik tetrasiklin selama masa pertumbuhan gigi hingga usia 8 tahun telah diketahui bisa membuat gigi anak mengalami perubahan warna menjadi kuning, coklat atau bahkan hitam yang bersifat permanen (Dipiro Ed 9).

SOAL 2. Pasien didiagnosa epilepsy, obat yg digunakan selama ini fenitoin 200 mg 2×1 hari. Selama 4 thn terakhir tidak mengalami kejang (status epileptikus) dan pasien segera diberi penanganan di Instalasi Gawat Darurat.

Obat apa yang tepat untuk keluhan tersebut?

A. Karbamazepin

B. Asam Valproat

C. Fenobarbital

D. Midazolam

E. Lorazepam

JAWABAN: B. Asam Valproat

PEMBAHASAN: Asam Valproat merupakan lini kedua apabila kejang pasien masih berlanjut.

SOAL 3. Suatu industri farmasi ingin membuat tablet salut, namun terjadi permasalahan cracking pada saat penyalutan tablet. Apa solusi dari permasalahan tersebut?

A. Mengurangi pewarna

B. Mengurangi kekerasan

C. Menambah plasticizer

D. Menambah konsentrasi gula

E. Mengurangi viskositas penyalut

JAWABAN: C. Menambah plasticizer

PEMBAHASAN: Cracking adalah kerusakan tablet pada bagian tepi, dapat diatasi dengan penambahan plasticizer (Pharmaceutical Dosage Form : Tablet, Ed 3).

SOAL 4. Pasien asma diberikan Aminofilin, selanjutnya pasien mengonsumsi ayam bakar. Kemudian terapi menjadi tidak efektif dan kadar Aminofilin dalam plasma menurun. Apa yang menyebabkan hal ini terjadi?

A. Peningkatan Aminofilin karena lemak ayam

B. Penurunan kadar Aminofilin karena senyawa hidrokarbon

C. Peningkatan kadar Aminofilin karena senyawa hidrokarbon

D. Kadar Aminofilin menurun karena kompleksasi mineral ayam bakar

E. Penurunan kadar Aminofilin karena lemak ayam

JAWABAN: B. Penurunan kadar Aminofilin karena senyawa hidrokarbon

PEMBAHASAN: Ayam bakar mengandung senyawa hidrokarbon aktif, semakin gosong semakin tinggi senyawa hidrokarbonnya. Hidrokarbon bersifat adsorpsi sehingga dapat menurnkan kadar aminofilin.

SOAL 5. Zat aktif asam mefenamat dilarutkan dalam 5mL pelarut. Kemudian diencerkan dengan pelarut lainnya hingga 100mL. Sejumlah 0.5 mL larutan encer tersebut diukur absorbansinya, dan didapatkan absorbansi = 3.2 dengan A1% = 30; kuvet 1 cm. Berapa konsentrasi sampel?

A. 0.1067

B. 1.067

C. 2.13

D. 0.05

E. 21.3

JAWABAN: C.2.13

PEMBAHASAN:

Menggunakan persamaan Lambert Beer:

A = a.b.c

3.2 = 30 x 1 x C

C = 0,1067 x faktor pengenceran (20) = 2.13

SOAL 6. Wanita didiagnosa menderita H.pylori di lambung. namun wanita tersebut alergi terhadap amoksisilin. antibiotik yang dapat digunakan ialah…

A. Kotrimoksazol

B. Azitromisin

C. Metronidazol

D. Tetrasiklin

E. Doksisiklin

JAWABAN: C. Metronidazol

PEMBAHASAN:

Tatalaksana Infeksi H Pylori:

 

SOAL 7. Suatu industri farmasi ingin melakukan pengembangan sediaan ambroksol tablet. Untuk itu dilakukan uji bioavailabilitas dengan sediaan inovator. Nilai AUC ambroksol 85.8 mg/mL.jam dan inovatornya 96.6 mg/ml.jam. Bioavailabilitas relatif ambroksol adalah?

A. 79.9%

B. 88.8%

C. 89.2%

D. 100.8%

E. 112%

JAWABAN: E.112%

PEMBAHASAN: Bioavailabilitas relatif ialah suatu ukuran yang menunjukkan perbandingan kecepatan dan derajat suatu sediaan obat mencapai sirkulasi sistemik terhadap sediaan lain yang digunakan sebagai pembanding.

SOAL 8. Terdapat tabel tentang perencanaan pembelian obat A-E berisi data harga beli obat dan persentase efek dari tiap obat.

Jika Rumah sakit merencanakan pembelian obat A dan E, metode analisis yang dipilih:

A. Cost Benefit Analysis

B. Cost Effective Analysis

C. Cost Minimization Analysis

D. Cost Utility Analysis

E. Cost Reduction Analysis

JAWABAN: C. Cost Minimization Analysis

PEMBAHASAN: Karena efek yang dihasilkan setara/ sama jadi dipilih berdasarkan harga yang paling minimal (Cost Minimization Analysis).

SOAL 9. Seorang perempuan ingin menunda punya anak. Dokter memberikan obat kontrasepsi berisi hormon progesteron. Kapankah waktu pasien mulai meminum obatnya?

A. Kapan saja

B. Pada hari pertama haid

C. Pada hari ke 5 haid

D. Seminggu setelah haid

E. Pada hari ke 21 haid

JAWABAN: C. Pada hari ke 5 haid

PEMBAHASAN: Hormon progesteron sebagai konstrasepsi diberikan pada hari ke 5 setelah menstruasi dimulai dan diulang setiap 12 minggu (Pharmacoteraphy Handbook 9th Edition, 274).

SOAL 10. Seorang apoteker ingin melakukan pemusnahakan obat-obatan yang ada di Apotek karena sudah kadaluarsA.Namun dari daftar obat yang dimusnakan terdapat Kodein. Pihak yang diundang untuk menyaksikan pemusnahan tersebut adalah?

A. Balai Besar POM

B. Badan POM

C. Dinkes Kabupaten dan Kota

D. Dinkes Provinsi

E. Pengurus IAI setempat

JAWABAN: C.Dinkes Kabupaten dan Kota

PEMBAHASAN: Kodein termasuk ke dalam golongan obat NarkotikA.Berdasarkan PERMENKES NO 3 TAHUN 2015 TENTANG PEREDARAN, PENYIMPANAN, PEMUSNAHAN, DAN PELAPORAN NARKOTIKA, PSIKOTROPIKA, DAN PREKURSOR FARMASI, pemusnahan Narkotika di Apotek harus terdapat saksi dari Dinas Kab dan Kota.

SOAL 11. Seorang pasien datang ke apotek mengeluhkan nyeri perut 3 hari terakhir. Pasien tersebut menderita sakit Rheumatoid Arthritis dan sedang mengkonsumsi Meloxicam. Terapi apa yang direkomendasikan oleh apoteker?

A. Misoprostol

B. Lansoprazol

C. Omeprazol

D. Antasida

E. Ranitidin

JAWABAN: E. Ranitidin

PEMBAHASAN: Meloxicam merupakan NSAID yang dapat menimbulkan ulcer atau luka pada lambung, maka membutuhkan obat yang dapat melindungi lambung atau gastroprotektor yaitu golongan H2RA contohnya ranitidin.

SOAL 12. QC suatu industri obat tradisional melakukan penetapan kadar alkohol yang tersisa dalam ekstrak kental daun jambu yang akan dibuat tablet. Dari hasil uji pada 30 g ekstrak, didapatkan destilat alkohol 5,0 ml dengan BJ 0.9802 (25 derajat celcius), dimana pada tabel alkoholmetrik ekivalen dengan 15% v/v etanol. Berapa kadar alkohol (%) dalam ekstrak?

A. 0,75

B. 0,78

C. 2,5

D. 15

E. 33,3

JAWABAN: D.15

PEMBAHASAN:

SOAL 13. Vaksin yang digunakan untuk pencegahan primer kanker serviks ialah..

A. Td/Tdap

B. Varicella

C. MMR

D. HPV

E. BCG

JAWABAN: D.HPV

PEMBAHASAN: Virus HPV merupakan karsinogen kanker serviks, infeksi HPV tipe 16 dan 18 dijumpai pada 81% penderita kanker serviks. Vaksinasi HPV merupakan bagian dari pencegahan primer yang masih baru, dan diharapkan dapat menurunkan kejadian kanker serviks uterus.

SOAL 14. Seorang pasien mengidap epilepsi bangkitan tonik, kemudian pasien sudah diobati dengan karbamazepin 200 mg/12 jam selama 3 bulan. Tetapi pasien mengeluh kejang lagi, apakah yang mengakibatkan kejangnya?

A. Toleransi penggunaan karbamazepin

B. Adiksi penggunaan karbamazepin

C. Pendepensasi penggunaan karbamazepin

D. Autoinduksi penggunaan karbamazepin

E. Autoinhibisi penggunaan karbamazepin

JAWABAN: A. Toleransi penggunaan karbamazepin

PEMBAHASAN: Karbamazepin merupakan salah satu obat antikonvulsan yang bekerja pada sistem saraf pusat. Penggunaan obat-obat tersebut dalam jangka panjang dapat menurunkan efek terapi karena adanya toleransi.

SOAL 15. Sebuah industri farmasi mengembangkan formulasi tablet Olanzapine 10 mg dengan bobot tablet 100 mg. Hasil uji kerapuhan dan diperoleh data berat 20 tablet sebelum dilakukan uji kerapuhan 2030 mg dan berat setelah uji 2015 mg. Berapakah presentase hasil uji kerapuhan tablet tersebut?

A. 1,007

B. 0,739

C. 99,261

D. 0,744

E. 0,993

JAWABAN: D.0,744

PEMBAHASAN:

SOAL 16. Industri Obat akan melakukan analisis campuran parasetamol, kafein, dan aspirin. Diketahui polaritas dari terkecil hingga terbesar adalah :

Aspirin < parasetamol < kafein

Urutan puncak yang muncul jika digunakan KCKT fase terbalik adalah?

A. Kafein – parasetamol – aspirin

B. Aspirin – parasetamol – kafein

C. Aspirin – kafein – parasetamol

D. Parasetamol – aspirin – kafein

E. Kafein – aspirin – parasetamol

JAWABAN: A.Kafein – parasetamol – aspirin

PEMBAHASAN:

KCKT fase terbalik: fase gerak polar, fase diam non polar.

Prinsip KCKT: like dissolve like sehingga puncak senyawa polar yang muncul terlebih dahulu.

SOAL 17. Seorang pasien dirawat di rumah sakit terkena peneumoniA.Pilihan obat yang dapat diberikan kepada pasien?

A. Amoksisilin

B. Doksisilin

C. Meropenem

D. Trimetoprim-Sulfometoxazole

E. Metronidazole

JAWABAN: C. Meropenem

PEMBAHASAN:  HAP/Nosokomial : karbapenem, kuinolon, piperasilin.

SOAL 18. Seorang laki-laki berusia 28 tahun datang ke apotek dengan keluhan sakit kepala yang sudah dialami 2 hari hingga pasien sulit tidur. Pasien meminta untuk membeli obat analsik 10 tablet tanpa disertai resep dari dokter. Sebagai seorang apoteker apakah yang akan dilakukan untuk menghadapi pasien tersebut?

A. Memberikan obat yang diminta oleh pasien tersebut

B. Memberikan setengah dari jumlah obat yang diminta pasien

C. Menolak permintaan pasien karena tidak disertai resep dokter

D. Memberikan permintaan pasien

E. Menolak permintaan pasien karena tidak sesuai keluhan

JAWABAN: D.Memberikan permintaan pasien

PEMBAHASAN: Analsik berisi metampiron + diazepam merupakan DOWA 1 dengan maks pemberian 20 tablet.

SOAL 19. Seorang anak berusia 9 tahun, dengan BB 25 kg terkena Otitis media akan diobati dengan Amoksisilin. Dosis Amoksisilin 40 mg/kgBB/hari dalam dosis terbagi sebanyak dua kali. Tersedia kapsul 500 mg. Bagaimana aturan pakai amoksisilin untuk anak tersebut?

A. 1×1 hari

B. 2×1 hari

C. 3×1 hari

D. 1×2 hari

E. 2×2 hari

JAWABAN: B. 2×1 hari

PEMBAHASAN:

  • Dosis sehari = 40 mg/kgBB x25 kg = 1000 mg/hari
  • 1000 mg/500 mg = 2 kapsul → 2 kapsul sehari

SOAL 20. Suatu industri farmasi membuat tablet metformin dengan metode granulasi basah diketahui:

  • Kadar air 5%
  • Sifat alir serbuk 7 g/s

Saat dicetak tablet mengalami sticking, permasalahan apa yang terjadi?

A. Kadar air terlalu tinggi

B. Kadar air terlalu rendah

C. Kompresibilitas jelek

D. Kecepatan tabletasi tinggi

E. Bahan pelicin kurang

JAWABAN: A. Kadar air terlalu tinggi

PEMBAHASAN: Sticking adalah keadaan dimana granul menempel pada die, dapat disebabkan oleh kelembaban yang tinggi.

SOAL 21. Seorang pasien diabetes dengan gula darah sewaktu 303 mg/dL mengalami asmA.Obat asma yang dikontraindikasikan untuk pasien tersebut..

A. Teofilin

B. Prednison

C. Salbutamol

D. Albuterol

E. Formeterol

JAWABAN: B. Prednison

PEMBAHASAN:

Kortikosteroid dapat meningkatkan gula darah.

SOAL 22. Sediaan suspensi pada penyimpanan dalam waktu yang lama dapat membentuk endapan yang sulit didispersikan kembali (caking). Berikut ini penyebab terjadinya caking yang benar adalah?

A. Suspensi dibuat dengan sistem deflokulasi

B. Akibat penambahan zat flokulasi

C. Terjadi penurunan zeta-potential

D. Akibat penambahan thickening agent

E. Akibat penambahan surfaktan ionic

JAWABAN: C. Terjadi penurunan zeta-potential

PEMBAHASAN: Nilai zeta potensial sangat mempengaruhi kestabilan suspensi, ketika terjadi penurunan zeta potensial (mendekati nol) maka partikel akan semakin tidak stabil dan cenderung untuk membentuk agregat dengan partikel lainnyA.Karena terkait dengan muatan, nilai zeta potensial juga dipengaruhi oleh pH sediaan.

SOAL 23. Seorang apoteker akan melakukan pemesanan obat meliputi paracetamol, ranitidine, pseudoefedrin, haloperidol, kodein 10 mg dan kodein 15 mg. Berapa banyak surat pesanan yang harus dibuat?

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

E. 5

JAWABAN: E. 5

PEMBAHASAN:

  • SP 1 = paracetamol, ranitidine
  • SP 2 (prekursor) = pseudoefedrin
  • SP 3 (OOT) = haloperidol
  • SP 4 (narkotik 1) = kodein 10 mg
  • SP 5 (narkotik 2) = kodein 15 mg

SOAL 24. Seorang pengusaha mengusulkan proyek investasi sebesar Rp. 700 juta untuk pendirian apotek dan ditargetkan penerimaan dana investasi setiap tahunnya adalah Rp. 80 juta, berapa pay back periodnya?

A. 7 tahun 8 bulan

B. 8 tahun 8 bulan

C. 8 tahun 9 bulan

D. 9 tahun 8 bulan

E. 8 tahun 7 bulan

JAWABAN: C. 8 tahun 9 bulan

PEMBAHASAN:

PBP = 700 jt / 80 jt x 1 tahun = 8 tahun 9 bulan.

SOAL 25. Seorang wanita hamil datang ke klinik untuk memeriksakan kondisi asma yang dialami. Dokter ingin memberikan pengontrol asma yang aman untuk ibu hamil, diantaranya adalah…

A. Budesonid

B. Fumetason

C. Prednison

D. Salbutamol

E. Terbutalin

JAWABAN: A. Budesonid

PEMBAHASAN: Budesonid merupakan inhaler steroid paling aman untuk ibu hamil.

SOAL 26. Seorang Ibu penderita TB ingin mulai menggunakan kontrasepsi hormonal. Sebagai apoteker apa yang anda sarankan?

A. Meningkatkan dosis OAT

B. Menghentikan OAT

C. Melanjutkan penggunaan OAT

D. Mengganti KB suntik

E. Mengganti KB spiral

JAWABAN: E.Mengganti KB spiral

PEMBAHASAN: Rifampisin berinteraksi dengan kontrasepsi hormonal dan dapat menurunkan efektivitas kontrasepsi tersebut. Disarankan menggunakan kontrasepsi non hormonal atau yang mengandung estrogen dosis tinggi (50 mcg)

SOAL 27. Seorang pasien dengan keluhan jerawat sejak menggunakan bedak merek “X”, hasil diagnosa menunjukkan derajat sedang. Di antara obat yang diresepkan adalah retinoiD. Turunan apakah obat tersebut?

A. Vitamin A

B. Vitamin B kompleks

C. Vitamin B6

D. Vitamin C

E. Vitamin E

JAWABAN: A. Vitamin A

PEMBAHASAN:

SOAL 28. Seorang wanita menanyakan kepada dokter obat untuk pencegahan rhinitis alergi. Apa saran apoteker?

A. Salbutamol

B. Pseudoefedrin

C. Amitriptillin

D. Beklometason

E. Amoksisilin

JAWABAN: D. Beklometason

PEMBAHASAN: Sediaan nasal yang mengandung kortikosteroid (beklometason, betametason, budesonide, triamsinolon) mempunyai peran penting dalam pencegahan dan pengobatan rhinitis alergi. Pengobatan rhinitis alergi juga bisa diberikan antihistamin.

SOAL 29. Akan dibuat alkohol 70% sebanyak 100ml perbotol dengan mencampurkan 1L alkohol 96% dan sejumlah aquades. Jumlah minimal botol alkohol 70% yang dihasilkan adalah…

A. 13

B. 14

C. 15

D. 16

E. 17

JAWABAN: A. 13

PEMBAHASAN:

0,96 × 1000 mL = 0,7 x A

A = 1371mL

Jumlah botol= 1371/100 =13

SOAL 30. Pria 35 tahun, didiagnosis terkena Mycobacterium tuberculosis untuk pertama kali, hasil tes BTA negatif, foto toraks positif. Rekomendasi terapi untuk pasien tersebut…

A. 2RHZES/HRZE/5HRE

B. 2RHZES/HRZE

C. 2RHZE/4R3H3

D. 2RHZ/5R3H3

E. 2RH/4R3H3

JAWABAN:  C. 2RHZE/4R3H3

PEMBAHASAN:

  • Kategori 1: 2HRZE/4H3R3
  • Kategori 2: 2HRZES/HRZE/5(HR)3E3
  • Anak: tanpa Ethambutol

SOAL 31. Seorang Apoteker Penanggung Jawab Apotek (APA) memesan 2 box Diazepam 2mg ke PBF menggunakan surat pesanan. Setelah diverifikasi oleh apoteker PBF, pesanan ditolak dengan alasan izin apoteker telah habis masa berlaku. Dokumen legalitas apa yang dimaksud?

A. SIKA

B. SIA

C. SIPA

D. SIKTTK

E. STRA

JAWABAN: C. SIPA

PEMBAHASAN: Izin apoteker untuk berpraktik di fasilitas pelayanan kesehatan adalah SIPA (Surat Izin Praktik Apoteker) menurut SK Hk.02.02 menkes n0 24-tahun 2017 “SIA bersifat melekat pada SIPA, dan memiliki masa berlaku sesuai dengan SIPA”.

SOAL 32. Seorang pasien mengalami kecelakaan dengan luka-luka lebam dibawa ke UGD, pasien tersebut diinjeksikan ketorolak sebagai analgesik, berapa lama waktu kerja ketorolak sebagai analgesik?

A. 3 hari

B. 7hari

C. 14 hari

D. 20hari

E. 1 bulan

JAWABAN: A. 3 hari

PEMBAHASAN: Penatalaksanaan jangka pendek (<5 hari) untuk nyeri akut yang cukup parah dan membutuhkan analgesia pada tingkat opioid (Medscape).

SOAL 33. Apoteker menerima resep racikan amoksisilin 250 mg sebanyak 15 bungkus. Apotek mengambil keuntungan 20% untuk setiap tablet 1.000/tablet, biaya resep racikan sebesar Rp 10.000,00. Berapa harga yang harus dibayarkan oleh pembeli?

A. Rp 18.000,00

B. Rp 22.000,00

C. Rp 25.000,00

D. Rp 28.000,00

E. Rp 32.000,00

JAWABAN: D. Rp 28.000,00

PEMBAHASAN:

Hitung harga amox yang dibutuhkan: 15 tablet x 1.000 = 15.000 (sediaan 250mg amox)

Keuntungan total: 15.000 x 20%15.000 = 3.000

Biaya peracikan: 10.000

Harga yg dibayar pasien: 15.000+10.000+3.000

SOAL 34. Dilakukan pengujian pada suatu makanan oleh BPOM, ditemukan pewarna berwarna merah keunguan yg dapat menimbulkan gagal ginjal…

A. Metil merah

B. Rhodamin B

C. Tartrazin

D. Magenta

E. Karmoisin

JAWABAN: B. Rhodamin B

PEMBAHASAN:

  • Metil Merah: Indikator warna yang berubah menjadi merah dalam larutan asam
  • Rhodmamin-B: Pewarna merah → menyebabkan gejala pembesaran hati dan ginjal, gangguan fungsi hati (kanker hati)
  • Tartrazin: Pewarna kuning
  • Magenta: Pewarna ungu
  • Carmoisin: Pewarna merah → dapat meneybabkan ADHD pada anak

SOAL 35. Seorang perempuan berumur 45 tahun melakukan general medical check-up. Diketahui kadar trigliserida 353 gr/dL. Rekomendasi obat apa yang diberikan kepada pasien tersebut…

A. Simvastatin

B. Fenofibrat

C. Kolestiramin

D. Kolestipol

E. Pravostatin

JAWABAN: B. Fenofibrat

PEMBAHASAN:

  • Simvastatin: efektif menurunkan Kolesterol LDL.
  • Kolestiramin: efektif menurunkan kolesterol LDL dan VLDL.
  • Kolestipol: efektif menurunkan kolesterol LDL dan VLDL.
  • Provastatin: efektif menurunkan Kolesterol LDL.

SOAL 36. RnD membuat ovula metronidazole dgn melakukan uji disolusi, hasil uji disolusi 20% zat terlarut. Ovula terbuat dari metronidazole cocoa butter dan BHT. Metronidazole sulit larut dalam air. Apa penyebab permasalahan tersebut?

A. Polimorfisme cocoa butter

B. Kristal metronidazole berbentuk anhidrat

C. Afinitas metronidazole tinggi terhadap cocoa butter

D. inkompabilitas antara cocoa butter dgn BHT

E. Inkompabilitas antara metronidazole dgn BHT

JAWABAN: C. Afinitas metronidazole tinggi terhadap cocoa butter

PEMBAHASAN:  Pelepasan metronidazol dari basis cocoa butter menyebabkan kecepatan disolusi ovula metronidazol menurun. Hal ini dapat dkarenakan afinitas yang tinggi antara metronidazol dan cocoa butter.

SOAL 37. Wanita sedang hamil 30 minggu telah pulang dari Papua 1 minggu sebelumnya didapati menderita malariA.Obat apakah yang tepat untuk pasien tersebut…

A. Piramisin

B. Kuinin

C. Primakuin

D. Klorokuin

E. Resorsin

JAWABAN: D. Klorokuin

PEMBAHASAN: Klorokuin telah digunakan untuk profilaksis dan pengobatan malaria pada wanita hamil tanpa bukti adanya efek samping pada janin. CDC (Centers for Disease Control and Prevention) menyatakan bahwa manfaat klorokuin terhadap malaria lebih besar dibandingkan risiko potensial terhadap janin. (AHFS, 2011).

SOAL 38. Perusahaan farmasi membuat sediaan enemA.Didapatkan omzet sebesar 250 juta dan modal awal 50 jutA.Diketahui harga obat 200 juta, dan biaya produksi 20 jutA. Berapa persen ROI?

A. 30%

B. 40%

C. 50%

D. 60%

E. 70%

JAWABAN: D. 60%

PEMBAHASAN:

%ROI = (Total laba/Investasi) x 100%

%ROI = [250.000.000-(200.000.000+20.000.000)]/50.000.000 X 100%

= (30.000.000/50.000.000) x 100%

= 60%

SOAL 39. Sebuah apoteker akan membuat apotek dan menghabiskan total investasi sebesar 200 juta pada aktiva tetap, dengan arus kas sebagai berikut:

  • Arus kas tahun ke 1: 75 juta
  • Arus kas tahun ke 2: 60 juta
  • Arus kas tahun ke 3: 55 juta
  • Arus kas tahun ke 4: 43 juta

Butuh waktu berapa tahun agar dapat menutup modal?

A. 2 tahun 2 bulan

B. 3 tahun 1 bulan

C. 3 tahun 3 bulan

D. 3 tahun 5 bulan

E. 2 tahun 9 bulan

JAWABAN: C. 3 tahun 3 bulan

PEMBAHASAN:

SOAL 40. Seorang analis di laboratorium sedang melakukan pengujian sampel A, B, C, dan D menggunakan KLT dengan baku pembanding andrografolid dan didapat nilai Rf sampel A, B, C, D, dan baku pembanding ialah 0,33; 0,4; 0,75; 0,375, 0,375. Maka sampel yang positif mengandung andrografolid adalah…

A. Sampel A

B. Sampel B

C. Sampel C

D. Sampel D

E. Tidak ada yang mengandung andrografolid

JAWABAN: D. Sampel D

PEMBAHASAN: Sampel D dan baku pembanding memiliki nilai Rf yang sama sehingga sampel D diduga mengandung senyawa andrografolidA.Namun pengujian ini harus dipastikan dengan pengujian lain.

SOAL 41. Pasien dewasa nyeri lambung setelah konsumsi aspirin 80 mg selama 3 bulan yang kemudian diganti menjadi klopidrogel dan untuk atasi nyeri lambung ditambah omeprazole, bagaimana kadar obat dalam darah karena interaksi kedua obat?

A. Klopidogrel berkurang

B. Klopidogrel meningkat

C. Omeprazole meningkat

D. Omeprazole berkurang

E. Tidak ada interaksi

JAWABAN: A. Klopidogrel berkurang

PEMBAHASAN: Klopidogrel dimetabolisme enzim CYP2C19 sedangkan omeprazole menghambat enzim tersebut, sehingga kadar klopidogrel dalam darah bekurang.

SOAL 42. Apoteker di Instalasi Farmasi rumah Sakit akan melakukan pengadaan obat. Apoteker tersebut membeli obat injeksi ranitidin 4 box, diketahui tiap box berisi 25 vial. Harga satu box Rp 2.000.000/box. Rumah sakit memiliki target keuntungan sebesar 10%. Berapa harga jual satu vial injeksi ranitidin?

A. 84.000

B. 85.000

C. 86.000

D. 87.000

E. 88.000

JAWABAN: E.88.000

PEMBAHASAN:

Harga 1 vial = Rp2 juta/25 = Rp80.000

HJA = Harga Jual + (%mark up x Harga Jual)

= Rp80.000 + (0,1 x Rp80.000)

= Rp. 88.000

SOAL 43. Pasien pria datang ke apotek dengan keluhan sakit kepala dengan assessment nyeri skala 3, apakah golongan obat bebas yang dapat diberikan?

A. Asam mefenamat

B. PCT

C. Piroxicam

D. Ibuprofen

E. Morfin

JAWABAN: B. PCT

PEMBAHASAN: Skala 3 adalah skala nyeri ringan sampai sedang, sehingga PCT tepat untuk skala nyeri tersebut. Selain itu jg PCT merupakan obat bebas.

SOAL 44. Seorang laki laki usia 75 tahun datang ke rumah sakit dengan keluhan aliran air kencing lambat, sering kencing pada malam hari, dan terasa nyeri bagian alat vital. Pasien tersebut didiagnosis Benign Prostatic HyperplasiA.Dokter kemudian memberikan terapi tamsulosin, mekanisme kerja obat tersebut adalah?

A. Antikolinergik selektif

B. Menghambat pertumbuhan kelenjar

C. Menyempitkan pembuluh darah prostat sehingga pancaran air kecing cepat

D. Relaksasi otot polos

E. Menghambat asetil kolin di otot polos

JAWABAN: D. Relaksasi otot polos

PEMBAHASAN: Tamsulosin termasuk dalam golongan adrenergik α. Pengobatan dengan antagonis adrenergik α bertujuan menghambat kontraksi otot polos prostat sehingga mengurangi resistensi tonus leher buli-buli dan uretrA.Jika kontraksi tersebut dihambat maka akan menghasilkan peningkatan laju pancaran urin dan memperbaiki gejala miksi (Sumber: Pedoman Penatalaksanaan BPH di Indonesia)

SOAL 45. Seorang ibu berusia 55 tahun menebus resep yang berisi digoksin dan simvastatin, ibu tersebut baru pertama kali memperoleh resep dan ditawarkan home care service oleh apoteker.

Parameter apa yang membuat ibu tersebut memerlukan pelayanan home care?

A. Teknik pemberian khusus

B. Indeks terapi sempit

C. Tidak sesuai indikasi

D. Resiko efek samping besar

E. Subterapeutik

JAWABAN: B. Indeks terapi sempit

PEMBAHASAN: Digoksin memiliki indeks terapi sempit.

SOAL 46. Pemakaian rata-rata obat X 2100 per tahun di apotek. Lead time 2 hari. Hari kerja diangggap 350 hari. Apotek ingin memakai metode safety stock. Berapa reorder pointnya?

A. 6

B. 12

C. 20

D. 24

E. 36

JAWABAN: D. 24

PEMBAHASAN:

Reorder point = 2 x Safety Stock

Pemakaian obat per tahun (350 hari) sebanyak 2100 → per harinya digunakan 6 buah.

Lead time selama 2 hari = 2 x 6 buah = 12 buah → safety stock

Sehingga reorder point = 2 x 12 buah = 24 buah

SOAL 47. Apoteker sedang melakukan dispensing Total Parenteral Nutrition, kemudian Apoteker menyerahkan kepada Perawat. Perawat bertanya kepada apoteker berapa lama batas waktu produk untuk digunakan jika disimpan pada suhu ruang terkontrol (15-30 derajat C)?

A. 12 jam

B. 24 jam

C. 30 jam

D. 48 jam

E. 54 jam

JAWABAN: C. 30 jam

PEMBAHASAN: Total Parenteral Nutrition (TPN) termasuk kedalam medium risk, BUD TPN jika disimpan pada suhu ruang terkontrol (15-30oC) adalah 30 jam.

SOAL 48. Sesuai dengan permenkes, seorang apoteker yang bekerja di pelayanan harus melaksanakan profesi dalam pembuatan / pelayanan sesuai dengan standar pelayanan kefarmasian yang ada seperti yang tertera dalam Permenkes 72 tahun 2016. Dimanakah standar pelayanan kefarmasian yang dimaksud?

A. Apotek

B. Klinik

C. PBF

D. Puskesma

E. Rumah Sakit

JAWABAN: E. Rumah Sakit

PEMBAHASAN:

  • PMK No.72 Tahun 2016 = Rumah Sakit
  • PMK No.73 Tahun 2016 = Apotek
  • PMK No.74 Tahun 2016 = Puskesmas

SOAL 49. Seorang ibu 75 tahun dating menemui dokter dengan keluhan nyeri pada persendian serta sakit pada tulangnyA.Terapi yang direkomendasikan oleh apoteker adalah?

A. Glukosamin

B. Kondroitin

C. Glukosamin + kondroitin

D. Glukosamin + kortikosteroid

E. Kondroitin + aspirin

JAWABAN: C. Glukosamin + kondroitin

PEMBAHASAN: Glukosamin, kondroitin sulfat dan metilsulfonilmetana (MSM) dipercaya dapat memperlambat progresivitas perubahan struktur anatomis sendi pada OA lutut dan mengontrol progresivitas gejala OA

SOAL 50. Produk obat loratadin memiliki nomor DKL3017364926189, huruf L menunjukkan…

A. Produk luar negeri

B. Produk lokal

C. Produk lisensi

D. Produk untuk pemakaian luar

E. Obat program khusus

JAWABAN: B. Produk lokal

PEMBAHASAN:

Digit ke 3 NIE menunjukkan lokasi produksi obat tersebut atau tujuan diproduksinya obat itu.

I = Obat jadi impor

E = Obat jadi untuk keperluan ekspor

L = Obat jadi produksi dalam negeri (local)

X = Obat jadi untuk keperluan/program khusus

SOAL 51. Seorang ibu membawa resep anaknya sebagai berikut:

R/

acetaminophen 500 no 3

Fenobarbital 30 mg no 3

Mfla pulv dtd no X S 3 dd 1

Dosis maksimum fenobarbital adalah 300 mg dalam sekali pemakaian, dan maksimum 600 mg dalam sehari. Berapa dosis fenobarbital yang diberikan pada anak tersebut?

A. 100 mg

B. 200 mg

C. 300 mg

D. 400 mg

E. 500 mg

JAWABAN: C. 300 mg

PEMBAHASAN:

1 pulv = 3 x 30 mg = 90 mg

Sehari : 3 x 90 mg = 270 mg ≈ 300 mg

SOAL 52. Seorang ibu datang membawa anaknya (usia 12 bulan, BB 10 kg) yang mengalami demam. Dokter ingin memberi profilaksis kejang demam diazepam selama 2 hari dengan dosis 1 mg/kg/hari. Tersedia tablet diazepam dengan kekuatan 10 mg/taB.Berapa jumlah tablet diazepam yang diperlukan untuk melakukan peracikan?

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

E. 5

JAWABAN: B. 2

PEMBAHASAN:

Dosis : 1 mg/kg/hari

Jumlah yang dibutuhkan untuk BB 10 kg selama 2 hari = 1 mg/kg/hari x 10 kg x 2 hari = 20 mg

Kekuatan sediaan : 10 mg/tab

Jumlah tablet yang diperlukan : 20 mg : 10 mg/tab = 2 tab

SOAL 53. Seorang wanita mengalami obesitas dan mengonsumsi orlistat. Kemudian wanita ini positif hamil padahal rutin mengonsumsi obat kontrasepsi oral etinil estradiol-levonorgestrel. Apa penyebab kegagalan kontrasepsi tersebut?

A. Orlistat menghambat interaksi kontrasepsi dengan target

B. Orlistat mempercepat metabolisme kontrasepsi

C. Orlistat memperlambat absorpsi kontrasepsi

D. Orlistat mempercepat ekskresi kontrasepsi

E. Orlistat memperluas distribusi kontrasepsi

JAWABAN: D. Orlistat mempercepat ekskresi kontrasepsi

PEMBAHASAN:

Orlistat merangsang terjadinya diare secara signifikan sehingga mempercepat ekskresi obat lain (Sumber: Stockley’s Drug Interaction 9th)

SOAL 54. Pemberian obat harus dilakukan oleh apoteker karena apoteker mempunyai wewenang penuh dalam pemberian obat dan informasi obat. Aspek legal mana yang mendasari wewenang ini?

A. UU no 36 tahun 2009

B. UU no 36 tahun 2014

C. PP no 51 tahun 2009

D. PMK no 31 tahun 2016

E. PMK no 9 tahun 2017

JAWABAN: C. PP no 51 tahun 2009

PEMBAHASAN: Cukup jelas.

SOAL 55. Obat yang tepat untuk pasien yang akan menjalani terapi penurunan kadar asam urat, tetapi memiliki riwayat tukak lambung adalah…

A. Piroksikam

B. Naproksen

C. Asetosal

D. Asam mefenamat

E. Natrium diklofenak

JAWABAN: E. Natrium diklofenak

PEMBAHASAN:

Tingkat resiko terhadap GI:

SOAL 56. Seorang ibu datang ke apotek membawa anaknya yang mengalami rasa gatal kemerahan, dan terdapat lepuhan pada kaki dan ketiak terutama di malam hari. Obat apa yang tidak boleh diberikan pada anak tersebut…

A. Krim permethrin 5%

B. Krim sulfur presipitatum

C. Krim / losio krotamiton

D. Losio lindane

E. Krim malation

JAWABAN: D. Losio lindane

PEMBAHASAN:

Diduga anak tersebut mengalami scabies yang disebabkan oleh serangga tungau (Sarcoptes scabiei) yang menggali bawah kulit dan bertelur. Lepuh pada kulit anak tersebut merupakan tanda dari setiap telur.

Scabies bisa diobati dengan:

  • Permethrin: aman untuk dewasa, bumil dan anak usia di atas 2 bulan.
  • Sulfur presipitatum: aman pada anak dan bayi di bawah usia 2 bulan.
  • Kromatiton: bisa untuk anak, penggunaan sekali sehari.
  • Lindane: tidak aman untuk anak di bawah 10 tahun, bumil dan busui.
  • Malation: aman untuk anak.

SOAL 57. Pengadaan setirizin di suatu rumah sakit dilakukan setiap 6 bulan dengan waktu tunggu 2 bulan. Penggunaan rata-rata setirizin sebanyak 1000 tablet tiap bulannyA.Berapa stok minimal yang harus dimiliki rumah sakit saat akan melakukan pengadaan?

A. 2.000

B. 4.000

C. 6.000

D. 8.000

E. 10.000

JAWABAN: B. 4.000

PEMBAHASAN:

Stok minimal = Pemakaian rata-rata x waktu tunggu + Safety stok

= 1.000 x 2 + 2.000

= 4.000

SOAL 58. Pasien laki-laki berumur 45 tahun mendapat obat gentamicin untuk infeksi saluran kemih. Pasien memiliki riwayat gagal ginjal. Untuk mengatasi kejadian nefrotoksis apa yang harus dilakukan sebagai apoteker?

A. Mempertahankan hidrasi yang adekuat

B. Menghentikan pemakaian obat

C. Memanjangkan interval pemberian obat

D. Menurunkan dosis gentamisin

E. Melakukan pemberian loading dose

JAWABAN: C. Memanjangkan interval pemberian obat

PEMBAHASAN:

Untuk mencegah kejadian nefrotoksik pada pasien dengan riwayat gagal ginjal, perlu dilakukan penyesuaian dosis dengan memanjangkan interval pemberian. Aminoglikosida bersifat concentration dependent dan memiliki efek post antibiotik sehingga memungkinkan untuk diberikan satu kali sehari pada pasien dengan ClCr > 60mL/min. Pada pasien dengan ClCr 40-59 mL/min, gentamisin diberikan setiap 36 jam, sedangkan jika ClCr 20-39mL/min, pemberian dilakukan setiap 48 jam. Mempertahankan hidrasi yang adekuat harus selalu dilakukan, baik pada pasien dengan fungsi ginjal normal maupun pada pasien gagal ginjal.

SOAL 59. Ibu Wanti berusia 35 tahun mengeluh radang tenggorokan dan berencana membeli obat tablet hisap ke apotek (framycetin dan gramicidin) sebanyak 10 tablet. Sebagai apoteker, apa yang anda lakukan?

A. Memberi sesuai keinginan pasien

B. Menyarankan untuk periksa ke dokter

C. Tidak memberikan

D. Memberikan karena obat bebas

E. Memberikan karena tergolong DOWA

JAWABAN: C. Tidak memberikan

Pembahasan:

Antibiotik termasuk obat keras sehingga memerlukan resep dokter.

SOAL 60. Efek samping triamsinolon sebagai antiinflamasi dan imunosupresif pada terapi osteoarthritis

Adalah…

A. Mual muntah

B. Pendarahan mukosa

C. Konstipasi

D. Cushing syndrome

E. Rhinitis medikamentosa

JAWABAN: D. Cushing syndrome

PEMBAHASAN:

ES paling sering terjadi pada glukokortikoid adalah cushing syndrome dan moon facE.

SOAL 61. Pasien dengan riwayat jantung iskemi, kemudian didiagnosa angina pektoris mendapat terapi

diltiazem. Apa efek samping dari diltiazem?

A. Udema dan sakit kepala

B. Diare dan nyeri perut

C. Ruam dan pendarahan

D. Mengantuk dan pusing

E. Nyeri di ulu hati

JAWABAN: A. Udema dan sakit kepala

PEMBAHASAN:

ESO potensial diltiazem: edema (2-15%), pusing (5-12%).

SOAL 62. Pasien asma dibawa ke UGD.Pasien memiliki riwayat asma sejak kecil namun tidak pernah kambuh. Saat ini hampir seminggu 2x pasien mengalami serangan. Obat apa yang disarankan?

A. Inhaler budesonide

B. Inhaler salbutamol

C. Nebul steroid

D. Tablet salbutamol

E. Tablet steroid

JAWABAN: B. Inhaler salbutamol

PEMBAHASAN:

Kasus emergency dispneu dipilih terapi bronkodilaor dengan onset cepat yaitu SABA.

SOAL 63. Tanaman rhei radix termasuk golongan …

A. Bulk forming

B. Osmotic laksatif

C. Emollient

D. Stimulan laksatif

E. Adsorben

JAWABAN: D. Stimulan laksatif

PEMBAHASAN:

Rhei radix mengandung derivate dihidroxanthracene yang memiliki mekanisme peningkatan motilitas kolon da reabsorpsi air.

SOAL 64. Suatu zat aktif akan dibuat dalam sediaan tablet dan memiliki karakteristik berikut: tidak kompresibel, tidak mudah mengalir, dan terurai oleh air. Metode pembuatan tablet yang tepat adalah…

A. Kempa langsung

B. Granulasi basah

C. Granulasi kering

D. Foam granulation

E. Mikropartikel

JAWABAN: C. Granulasi kering

PEMBAHASAN:

Karena zat aktif terurai oleh air maka pada proses granuasi perlu dihindari penggunaan air. Metode yang tepat adalah granulasi kering untuk memperbaiki aliran dan kompresibilitas.

SOAL 65. Industri farmasi membuat tablet salut berwarna hijau namun pewarnaannya tidak merata. Tindakan apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut?

A. Mengganti dengan pewarna larut minyak

B. Melakukan pengadukan saat penyalutan

C. Memperkecil ukuran partikel yang akan disalut

D. Memperbesar ukuran partikel yang akan disalut

E. Meningkatkan kecepatan penyemprotan pewarna

JAWABAN: B. Melakukan pengadukan saat penyalutan

PEMBAHASAN:

Variasi warna pada tablet salut dapat terjadi karena beberapa hal antara lain proses pencampuran yang buruk, tidak meratanya pola semprot dari mesin yang digunakan, penyalut tidak cukup, migrasi dari plasticizer pewarna terlarut, dan proses pengeringan. Hal ini dapat dilakukan yaitu dengan pengadukan selama penyalutan, mengatur geometric pencampuran, atau melakukan reformukasi terhadap pewarna yang diginakan dan menggunakan proses pengeringan yang lebih rendah.

SOAL 66. Suatu industri farmasi akan melakukan penetapan kadar pada sirup yang berisi ammonium klorida menggunakan metode titrasi. Titrasi apa yang dilakukan?

A. Asidimetri

B. Alkalimetri

C. Bebas air

D. Argentometri

E. Kompleksometri

JAWABAN: D. Argentometri

PEMBAHASAN:

Berdasarkan FI V, ammonium klorida dapat diuji menggunakan titrasi argentomteri.

SOAL 67. Seorang ibu menebus resep racikan parasetamol sirup untuk anaknyA.Tertera pada botol waktu kadaluarsa 2 tahun. Apoteker memberi informasi penyimpanan obat yaitu …

A. 14 hari

B. 1 bulan

C. 3 bulan

D. 6 bulan

E. 1 tahun

JAWABAN: A. 14 hari

PEMBAHASAN:

Racikan berupa formulasi oral yang mengandung air memiliki BUD tidak lebih dari 14 hari.

SOAL 68. Studi tentang obat simvastatin dan atorvastatin di sebuah rumah sakit menunjukkan bahwa berdasarkan parameter biaya penggunaan dan efek samping, kedua obat tersebut menunjukkan hasil berbeda namun tidak bermaknA.Metode analisis farmakoekonomi yang digunakan dalam studi tersebut adalah…

A. Case illness analysis

B. Cost benefit analysis

C. Cost effectiveness analysis

D. Cost utility analysis

E. Cost minimization analysis

JAWABAN: C. Cost effectiveness analysis

PEMBAHASAN:

Analisis CEA banyak digunakan untuk membandingkan 2 atau lebih intervensi kesehatan yang memberikan besaran efek berbeda, sehingga pengguna dapat memilih intervensi kesehatan yang memberikan nilai tertinggi dengan dana yang terbatas. Misalnya membandingkan 2 jenis obat dari kelas terapi sama tetapi memberikan outcome terapi berbeda.

SOAL 69. Zat A dan B dianalisis dengan KCKIT dan diketahui waktu retensi zat A dan B masing-masing 4,2 dan 2,0 menit, sementara lebar puncak masing-masing 1,5 dan 0,5. Berapakah resolusi dari kedua puncak tersebut?

A. 1,1

B. 2,2

C. 3,3

D. 4,4

E. 5,5

JAWABAN: B. 2,2

PEMBAHASAN:

Rs = (4,2-2,2) / (1,5+0,5 : 2) = 2,2

SOAL 70. Suatu industri farmasi melakukan pengemasan sediaan dan terhadi kelebihan kemasan yang belum diberi label dan keterangan apapun. Maka kemasan yang berlebih tersebut perlu …

A. Diletakkan di ruang produksi

B. Dikembalikan ke gudang

C. Dimusnahkan

D. Diletakkan di bagian QC

E. Dikembalikan ke supplier

JAWABAN: B. Dikembalikan ke gudang

PEMBAHASAN:

Berdasarkan CPOB, setelah selesai pengemasan, kemasan yang tidak terpaki tetapi telah diberi prakodifikasi harus dimusnahkan dan pemusnahannya dicatat, tetapi bila belum di prakodifikasi dapat dikembalikan ke persediaan gudang.

SOAL 71. Akan dibuat ekstrak apium yang diketahui tidak tahan terhadap panas. Metode ekstraksi apakah yang dapat digunakan?

A. Refluks

B. Maserasi

C. Sokletasi

D. Destilasi

E. Perkolasi

JAWABAN: B. Maserasi

PEMBAHASAN:

Semua metode di atas menggunakan panas, kecuali maserasi.

SOAL 72. Anak perempuan berusia 3 tahun menderita faringitis. Obat golongan apakah yang dikontraindikasikan untuk anak tersebut?

A. Beta lactam

B. Makrolida

C. Aminoglikosida

D. Sefalosporin

E. Kuinolon

JAWABAN: E. Kuinolon

PEMBAHASAN:

Golongan kuinolon mempunyai banyak kontraindikasi penggunaannya pada anak-anak.

SOAL 73. Suatu industri farmasi telah 10 tahun memproduksi tablet glimepiridE.Jika terjadi perubahan produsen zat aktif glimepiride maka validasi proses apakah yang harus dilakukan?

A. Validasi prospektif

B. Validasi konkuren

C. Validasi retrospektif

D. Validasi ulang

E. Validasi reannual

JAWABAN: A. Validasi prospektif

PEMBAHASAN:

Jika ada perubahan produsen bahan aktif atau eksipien tertentu yang berdampak besar terhadap perubahan spesifikasi sediaan, maka perlu dilakukan validasi prospektif.

SOAL 74. Industri farmasi ingin membuat obat dengan zat aktif natrium diklofenak yang diketahui mempunyai efek mengiritasi lambung. Bentuk sediaan yang sesuai adalah …

A. Tablet salut gula

B. Tablet salut film

C. Tablet salut enterik

D. Kapsul

E. Emulsi

JAWABAN: C. Tablet salut enterik

PEMBAHASAN:

Salah satu tujuan pembuatan tablet salut enteric adalah agar pelepasan bisa terjadi di tempat yang diinginkan, misalnya intestinal sehingga tidak akan mengiritasi lambung.Tablet salut film dan salut gula dibuat lebih mengarah ke tujuan modifikasi organoleptis.

SOAL 75. BPOM melakukan penetapan kadar hidrokortison menggunakan standar betametason karena struktur kimia betametason mirip dengan hidrokortison. Metode kuantifikasi yang digunakan adalah …

A. Standar internal

B. Standar eksternal

C. Standar adisi

D. Single point calibration

E. Multiple point calibration

JAWABAN: A. Standar internal

PEMBAHASAN:

Standar internal merupakan senyawa yang berbeda dengan analit namun memiliki kemiripan sifat dengan analit.

SOAL 76. Apa obat yang tepat untuk pasien dengan kejang berulang dalam waktu lama dengan riwayat tidak patuh antiepilepsi oral?

A. Diazepam

B. Carbamazepine

C. Valproat

D. Fenobarbital

E. Lamotrigine

JAWABAN: A.Diazepam

PEMBAHASAN:

Pasien dengan kejang berulang termasuk status epilepticus dan disarankan pilihan terapinya menggunakan antiepilepsi yang onset kerjanya cepat yaitu diazepam. Diazepam juga tersedia dalam bentuk supositoria sehingga cocok untuk pasien yang tidak patuh dengan antiepilepsi oral.

SOAL 77. Seorang pasien datang ke dokter dan mengeluhkan kondisi kulitnyA.Dokter meresepkan krim retinoid. Sebagai apoteker, informasi apa yang harus disampaikan terkait waktu penggunaan retinoid yang tepat?

A. Pagi hari

B. Siang hari

C. Malam hari

D. Sehabis mandi pagi

E. Sehabis mandi sore hari

JAWABAN: C. Malam hari

PEMBAHASAN:

Retinoid mengurangi obstruksi di dalam folikel dan berguna untuk komedo dan jerawat radang. Retinoid harus dipakai pada malam hari, setengah jam setelah pembersihan.

SOAL 78. Salah satu kompilkasi DM tipe 2 adalah glaucoma, penyakit tersebut diobati dengan pilokarpin dalam bentuk ocusert. Melalui rute manakah absorpsi obat tersebut?

A. Konjungtiva

B. Retina

C. Sklera

D. Pupil

E. Kornea

JAWABAN: A. Konjungtiva
PEMBAHASAN:

Ocusert pilokarpin adalah obat untuk glukoma yang bekerja secara sustained release. Pilokarpin berada di bagian reservoir dan pelepasan obat bertahap dan diabsorpsi di bagian konjungtiva.

SOAL 79. Tuan JN adalah pecandu morfin. Tuan JN dibawa ke dokter dan dokter meresepkan antidotum morfin yaitu nalokson. Apakah jenis antidotum tersebut?

A. Antagonis total

B. Agonis total

C. Antagonis parsial

D. Agonis parsial

E. Antagonis subparsial

JAWABAN: A. Antagonis total

PEMBAHASAN:

Atropine sulfat termasuk golongan antikolinergik yang bersifat antagonis spesifik terhadap muscarine-like activity od acetylcholine.

SOAL 80. Pasien 47 tahun menderita hipertensi dengan CKD dan DM. target tekanan darah yang tepat adalah …

A. 150/90

B. 150/80

C. 140/90

D. 140/80

E. 130/80

JAWABAN: C. 140/90

PEMBAHASAN:

Menurut JNC 8, target TD pasien hipertensi disertai DM adalah 140/90.

SOAL 81. Insulin merupakan obat antidiabetiC.Pemberian insulin tidak dianjurkan hanya pada satu titik penyuntikan karena dapat menyebabkan kerusakan pada …

A. Otot

B. Jaringan lemak

C. Tulang

D. Saluran cerna

E. Pembuluh darah

JAWABAN: B. Jaringan lemak

PEMBAHASAN:

Pemberian insulin tidak dianjurkan pada satu titik penyuntikan karena dapat menyebabkan lipodistrofi atau kerusakan pada jaringan lemak sehingga titik penyuntikan harus dirotasi.

SOAL 82. Seorang pasien menderita penyakit paru obstruktif kronik dan diberikan Spiriva yang diketahui berisi tiotropium bromide, sebuah bronkodilator antikolinergik. Efek samping dari obat tiotropium adalah …

A. Pusing

B. Konstipasi

C. Ruam kulit

D. Mulut kering

E. Diare

JAWABAN: D.Mulut kering

PEMBAHASAN:

ES tiotropium terkait dengan efek antimuskariniknyA.Mulut kering dan/atau iritasi tenggorokan cukup sering terjadi.

SOAL 83. Pasien siroses dan mengalami ascites dapat diberi rekomendasi obat …

A. Spironolakton dan kalium

B. Spironolakton dan furosemide

C. Spironolakton dan HCT

D. HCT dan kalium

E. HCT dan furosemide

JAWABAN: B. Spironolakton dan furosemide

PEMBAHASAN:

First line diuretic ascites pada pasien sirosis adalah spironolakton, alternatifnya dikombinasikan dengan furosemidE.

SOAL 84. Pasien CKD mendapatkan terapi CaCO3, informasi apa yang diberi terkait fungsi CaCO3 di ginjal?

A. Suplementasi kalsium

B. Mengatasi hipernatremia

C. Mangatasi hiperfosfatemia

D. Mengatasi hipokalemia

E. Mengatasi hipofosfatemia

JAWABAN: C. Mangatasi hiperfosfatemia

PEMBAHASAN:

Pada gagal ginjal kronik, ekskresi fosfat terhambat sehingga mengakibatkan terjadinya hiperfosfatemia yang secara fisikokimiawi akan mengakibatkan hipokalsemiA.Agen pengikat fosfat yang sering digunakan adalah kalsium karbonat (CaCO3) dengan dosis 500-1000 mg per hari

SOAL 85. Diazepam memiliki mekanisme kerja mempengaruhi neurotransmitter …

A. GABA

B. Natrium

C. Dopamin

D. Serotonin

E. Kalsium

JAWABAN: A. GABA
PEMBAHASAN:

Diazepam merupakan derivate benzodiazepine yang meningkatkan aksi GABA.

SOAL 86. Seorang pasien terdiagnosa SLE dan diberi terapi hidroklorokuin. Pasien tersebut mengalami kondisi penurunan pada …

A. Indera perasa

B. Indera penglihatan

C. Kondisi kulit

D. Imunitas

E. Saluran pernapasan

JAWABAN: D. Imunitas

PEMBAHASAN:

SLE merupakan penyakit autoimun dimana dapat menyerang beberapa organ, salah satunya flare pada kulit. Terapi yang dianjurkan adalah imunosupresan.

SOAL 87. Seorang ibu datang ke apotek untuk membeli obat untuk anaknya yang mengalami pilek dan hidung tersumbat sejak 2 hari lalu setelah bermain di taman. Anak memiliki alergi pada serbuk bunga. Apa obat yang dapat diberikan?

A. Efedrin

B. Pseudoefedrin

C. Fenilefrin

D. Klorfeniramin maleat

E. Oksimetazolin

JAWABAN: D. Klorfeniramin maleat

PEMBAHASAN:

Obat untuk flu:

  • Oksimetazolin (tetes hidung): mengurangi secret hidung.
  • Antihistamin: menghambat kerja histamin yang menyebabkan terjadinya alergi. Contohnya CTM.
  • Dekongstan oral: mengurangi hidung tersumbat. Contoh : efedrin, pseudoefedrin.

SOAL 88. Seorang ibu membawa anaknya ke dokter karena adanya keluhan berupa pertumbuhan terhambat, otot lemah, kemampuan motoric terhambat, tulang punggung bagian bawah melengkung ke dalam secara berlebihan serta kaki melengkung kea rah luar pada bagian lutut sedangkan tumit kanan dan kiri bersentuhan. Defisiensi apa yang menyebabkan gejala tersebut?

A. Magnesium

B. Niasin

C. Vitamin B1

D. Vitamin B6

E. Vitamin D

JAWABAN: E. Vitamin D

PEMBAHASAN:

Gejala yang dipaparkan di atas merupakan gejala Rickets pada anak dapat disebabkan oleh kurangnya asupan kalsium, vitamin D, serta kurangnya paparan terhadap sinar matahari.

SOAL 89. Sebuah rumah sakit yang merupakan institusi pelayanan kesehatan akan menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna dengan menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan dan rawat darurat. Dalam upaya meningkatkan mutu, rumah sakit wajib melakukan akreditasi secara berkalA.Berdasarkan UU RI no 44 tahun 2009, berapa minimal lama akreditasi berlaku?

A. 3 tahun

B. 4 tahun

C. 5 tahun

D. 6 tahun

E. 7 tahun

JAWABAN: A. 3 tahun

PEMBAHASAN:

Menurut UU RI no 44 tahun 2009 pasal 40 tentang Rumah Sakit yaitu dalam upaya peningkatan mutu pelayanan Rumah Sakit wajib dilakukan akreditasi secara berkala minimal 3 tahun sekali.

SOAL 90. Industri Obat Tradisional Jamu yang berisi ekstrak daun sambiloto memiliki bahan baku yang akan digunakan untuk membuat produk jamu antimalariA.Industri tersebut telah memiliki izin edar produk yang telah diproduksi. Berapa lama izin edar produk tersebut berlaku?

A. 1 tahun

B. 2 tahun

C. 3 tahun

D. 4 tahun

E. 5 tahun

JAWABAN: E. 5 tahun

PEMBAHASAN:

Sesuai peraturan Kepala Badan POM no HK. 00.05. 41. 1384 tentang Kriteria Dan Tata Laksana Pendaftaran Obat Tradisional, Obat Herbal Terstandar dan Fitofarmaka pasal 30 menyatakan bahwa persetujuan pendaftaran obat tradisional, obat herbal terstandar dan fitofarmaka berlaku 5 tahun.

SOAL 91. Sebuah industri farmasi yang sedang berkembang mendapatkan nilai investasi 25.000.000 dengan omzet 20.000.000. Biaya total produksi yang dikeluarkan oleh industri tersebut sebesar 5.000.000 dan HPP 5.000.000. Berapa nilai ROI industri tersebut?

A. 30%

B. 40%

C. 50%

D. 60%

E. 70%

JAWABAN: B. 40%

PEMBAHASAN:

%ROI = (Total laba/Investasi) x 100%

Atau

%ROI = (omzet – biaya obat – biaya produksi / modal) x 100%

= (20.000.000 – 5.000.000 – 5.000.000 / 25.000.000) x 100%

= 40%

SOAL 92. Seorang apoteker di industri farmasi akan membuat sediaan suspense dengan komposisi yaitu HPMC, BHT, metil paraben, tween 80 dan sukrosA.Saat apoteker melakukan pembuatan suspensi tersebut didapatkan hasil terlalu kental. Sebagai apoteker, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut?

A. Mengurangi HPMC

B. Meningkatkan HPMC

C. Mengganti HPMC

D. Mengganti tween 80

E. Mengurangi tween 80

JAWABAN: A. Mengurangi HPMC

PEMBAHASAN:

HPMC berfungsi sebagai agen pensuspensi untuk meningkatkan viskositas bahan, sehingga perlu dikurangi.

SOAL 93. Sebuah industri farmasi telah membuat tablet amoksisilin 500 mg. BPOM melakukan inspeksi dan menemukan adanya penyimpangan pada bets tertentu sehingga BPOM mengeluarkan surat penarikan produk tersebut. Dimana produk penarikan akan disimpan?

A. Ruang reject

B. Ruang return

C. Ruang karantina

D. Ruang penyimpanan

E. Ruang penerimaan barang

JAWABAN: C. Ruang karantina

PEMBAHASAN:

Menurut CPOB 2018, produk yang ditarik hendaklah diberi identitas dan disimpan terpisah di area yang aman sementara menunggu keputusan terhadap produk tersebut.

SOAL 94. Produk sitostatik merupakan obat yang perlu penanganan khusus karena jika tidak dilakukan sesuai prosedur dapat mengkontaminasi personel dan juga lingkungan. Pemusnahan produk atau limbah sitostatika di rumah sakit harus dengan menggunakan insinerator. Berapa suhu insinerator produk sitostatik?

A. 900 C

B. 1000 C

C. 1100 C

D. 1200 C

E. 2000 C

JAWABAN: B. 1000 C

PEMBAHASAN:

Prosedur tetap penanganan limbah sitostatika:

  • Gunakan APD
  • Tempatkan limbah pada container buangan tertutup. Untuk benda-benda tajam seperti syringe dan ampul ditempatkan dalam container yang tidak tembus benda tajam. Untuk limbah lain ditempatkan dalam kantong ungu dengan logo “Sitotoksik”.
  • Beri label peringatan pada bagian luar kantong
  • Bawa limbah ke tempat pembuangan limbah dengan troli tertutup
  • Musnahkan limbah dengan insinerator pada suhu 1000 C.

SOAL 95. Seorang pasien laki-laki berusia 18 tahun mendapat resep hydrogen peroksida 3% sebanyak 50 ml untuk pengobatan jerawatnyA.Di apotek tersedia sediaan hydrogen peroksida 5%. Berapa jumlah larutan hydrogen peroksida 5% yang disiapkan untuk membuat resep tersebut?

A. 5 ml

B. 10 ml

C. 30 ml

D. 20 ml

E. 7,5 ml

JAWABAN: C. 30 ml

PEMBAHASAN:

V1 . N1 = V2 .  N2

5% . V1 = 3% . 50 ml

V1 = 30 ml

SOAL 96. Seorang apoteker akan menguji kecepatan alir serbuk yang akan digunakan dalam pembuatan tablet. Apoteker menguji kecepatan alir dengan cara memasukkan 100 g serbuk ke dalam tabung 250 ml dan kemudian dimampatkan sehingga volume serbuk 88 cc dan dimampatkan kembali menjadi 75 cC.Berapa persen kemampatan dari hasil uji kecepatan alir serbuk tersebut?

A. 17,3 %

B. 16,8 %

C. 15,3 %

D. 9,4 %

E. 5,6 %

JAWABAN: C. 15,3 %

Pembahasan:

SOAL 97. Anda sebagai seorang apoteker berperan dalam mengatur stock persediaan obat di depo farmasi yang berada dekat ruang UGD.Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, anda mengusulkan untuk membuat depo farmasi di UGD. Dalam hal ini, sistem distribusi apa yang diterapkan?

A. Sentralisasi

B. Desentralisasi

C. Sistem persediaan lengkap di ruangan

D. Kombinasi

E. Resep perorangan

JAWABAN: B. Desentralisasi

PEMBAHASAN:

Sentralisasi adalah sistem pendistribusian perbekalan farmasi yang dipusatkan pada satu tempat yaitu instalasi farmasi. Desentralisasi adalah sistem pendistribusian perbekalan farmasi yang mempunyai cabang di dekat unit perawatan/pelayanan. Cabang ini dikenal dengan istilah depo farmasi/satelit farmasi. Pada desentralisasi, penyimpanan dan pendistribusian perbekalan farmasi ruangan tidak lagi dilayani oleh pusat pelayanan farmasi. Instalasi farmasi dalam hal ini bertanggung jawab terhadap efektivitas dan keamanan perbekalan farmasi yang ada di depo farmasi. Sistem persediaan lengkap di ruangan disebut juga floor stock, dimana perbekalan farmasi yang sering digunakan dan dibutuhkan pasien tersedia dalamn ruang penyimpanan di UGD dan hanya digunakan untuk kebutuhan darurat.

SOAL 98. Apoteker suatu industri akan mengembangkan formula tablet dengan zat aktif nifedipinE.Apoteker akan melakukan trial batch untuk sediaan tablet yang sudah diproduksi dengan uji stabilitas dipercepat. Berapa kondisi pengujian suhu dan kelembaban relative yang digunakan pada uji stabilita tersebut?

A. 30 ± 2 C / 75 ± 5% RH

B. 30 ± 2 C / 60 ± 5% RH

C. 40 ± 2 C / 75 ± 5% RH

D. 35 ± 2 C / 65 ± 5% RH

E. 25 ± 2 C / 55 ± 5% RH

JAWABAN: C. 40 ± 2 C / 75 ± 5% RH

PEMBAHASAN:

Uji stabilitas real time dilakukan pada kondisi 30 ± 2 C / 75 ± 5% RH sampai waktu kadaluarsa produk, sementara uji stabilitas dipercepat dilakukan pada kondisi 40 ± 2 C / 75 ± 5% RH selama 6 bulan.

SOAL 99. Seorang apoteker di indsutri farmasi sedang ditugaskan untuk melakukan validasi terhadap suatu produk. Salah satu uji validasi yang dilakukan adalah validasi konkuren. Berapa jumlah batch yang dibutuhkan pada uji validasi konkuren?

A. 1 batch

B. 3 batch

C. 6 batch

D. 10 batch

E. 30 batch

JAWABAN: B. 3 batch

PEMBAHASAN:

Validasi prospektif dan validasi konkuren dilakukan pada 3 batch berturut-turut sementara validasi retrospektif dilakukan apda 10 batch.

SOAL 100. Sebuah PBF akan membeli bahan baku parasetamol. Bahan baku tersebut diterima dengan COA, dimana pada COA tersebut tercantum hasil analisis kadar bahan baku 100%. Setelah diperiksa kembali oleh QC, kadar bahan baku yang diperoleh adalah 99%. Apakah bahan baku tersebut dapat diluluskan?

A. Dapat, karena telah melakukan validasi zat aktif dari bahan baku

B. Dapat, karena memenuhi standar sesuai FI

C. Tidak, karena tidak memenuhi hasil analisis kadar yang 100%

D. Tidak, karena berpatokan pada kadar yang tertera pada FI

E. Tidak, karena dapat merubah farmakologi dari bahan baku

JAWABAN: B. Dapat, karena memenuhi standar sesuai FI

PEMBAHASAN:

Kadar parasetamol: mengandung tidak kurang dari 98% dan tidak lebih dari 101% C8H9NO2 zatvanhidrat.

B. Latihan Tryout UKAI Apoteker

Simulasi try out UKAI, Uji kemampuanmu sekarang! Ada 20 soal berbeda tiap paket!

  • Soal UKAI Paket 1 (KLIK MULAI)
  • Soal UKAI Paket 2 (KLIK MULAI)
  • Soal UKAI Paket 3 (KLIK MULAI)
  • Soal UKAI Paket 4 (KLIK MULAI)
  • Soal UKAI Paket 5 (KLIK MULAI)
  • Soal UKAI Paket 6 (KLIK MULAI) (TO 6-10 Rilis 20 Februari 2022)
  • Soal UKAI Paket 7 (KLIK MULAI)
  • Soal UKAI Paket 8 (KLIK MULAI)
  • Soal UKAI Paket 9 (KLIK MULAI)
  • Soal UKAI Paket 10 (KLIK MULAI)

Mungkin kamu juga butuh referensi! Download Ebook Kuliah Farmasi, GRATIS!

Jangan lupa, untuk bagikan postingan soal ukai dan simulasi try out UKAI Apoteker ini yah! Kamu pasti lulus UKAI, GANBATTE!

5/5 – (244 votes)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *