Modul Cara Berpikir Diakronik dan Sinkronik Dalam Karya Sejarah Kelas 10 pdf sejarah SMA KD 3.5 disusun oleh YULIANI, S.Pd,M.Si dari SMA N 2 Unggul Sekayu.
Harap Perhatikan Ibu/Bapak Guru! Ada dua (2) opsi di akhir postingan yaitu DOWNLOAD PDF untuk mengoleksi modul Cara Berpikir Diakronik dan Sinkronik Dalam Karya Sejarah kelas 10 ini serta opsi MODUL SEJARAH LAINNYA untuk mengakses koleksi lainnya.
Tampa berlama-lama, Yuk disimak Ibu/Bapak Guru!
Identitas Modul
- Mata Pelajaran : Sejarah
- Kelas : X
- Alokasi Waktu : 4 X 45 menit (2 Pertemuan)
- Judul Modul : Cara Berpikir Diakronik dan Sinkronik dalam Karya Sejarah
Kompetensi Dasar
- 3.5 Menganalisis cara berpikir diakronik dan sinkronik dalam karya sejarah.
- 4.5 Menyajikan hasil telaah tentang penerapan cara berpikir diakronik dan sinkronik dalam karya sejarah melalui tulisan dan/atau media lain.
Deskripsi Singkat Materi
Diakronik merupakan cara berpikir sejarah yang menceritakan suatu peristiwa memanjang dalam waktu, namun terbatas dalam ruang lingkup. Sedangkan cara berpikir sinkronik adalah menceritakan suatu peristiwa sejarah meluas dalam ruang lingkup, namun terbatas dalam waktu.
Konsep diakronik dan sinkronik inilah yang akan kita pelajari lebih dalam dalam modul ini.
Materi Pembelajaran
Modul ini terbagi menjadi 2 kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi.
- Pertama : Menganalisis cara berpikir diakronik dalam karya sejarah
- Kedua : Menganalisi cara berpikir sinkronik dalam karya sejarah
Demikian emodul SMA yang telah kami sajikan. Untuk mengakses modul SD, SMP, SMA lainnya, silahkan klik MODUL, kami ucapkan terima kasih kepada Ibu/Bapak Guru. Salam Merdeka Belajar!