Modul Determinan Dan Invers Matriks Kelas 11

modul determinan dan invers matriks kelas 11

Modul Determinan Dan Invers Matriks Kelas 11 pdf Matematika Umum SMA KD 3.4 disusun oleh Yusdi Irfan, S.Pd, M.Pd dari SMAN 1 Kramatwatu Kabupaten Serang – Banten.

Harap Perhatikan Ibu/Bapak Guru! Ada dua (2) opsi di akhir postingan yaitu DOWNLOAD PDF untuk mengoleksi modul Determinan Dan Invers Matriks kelas 11 ini serta opsi MODUL MATEMATIKA LAINNYA untuk mengakses koleksi lainnya.

Tampa berlama-lama, Yuk disimak Ibu/Bapak Guru!

Bacaan Lainnya

Identitas Modul

  • Mata Pelajaran : Matematika Umum
  • Kelas : XI
  • Alokasi Waktu : 12 JP
  • Judul Modul : Determinan dan Invers Matriks

Kompetensi Dasar

  • 3.4 Menganalisis sifat-sifat determinan dan invers matriks berordo 2×2 dan 3×3.
  • 4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan determinan dan invers matriks berordo 2×2 dan 3×3.

Deskripsi Singkat Materi

Banyak permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang menuntut penyelesaiannya terkait dengan konsep dan aturan-aturan dalam matematika.

Secara khusus banyak keterkaitan konsep dan prinsip-prinsip matriks dengan permasalahan masalah nyata yang menyatu/bersumber dari fakta dan lingkungan budaya kita. Konsep matriks dapat dibangun/ditemukan di dalam penyelesaian nya permasalahan yang kita hadapi.

Untuk itu siswa diharapkan mampu menyelesaiakan permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari yang diberikan.

Permasalahan-permasalahan tersebut dibuat dalam bentuk matriks untuk dicari penyelesaiannya dengan menggunakan determinan dan Invers Matriks.

Petunjuk Penggunaan Modul

Sebelum peserta didik membaca isi modul, terlebih dahulu membaca petunjuk khusus dalam penggunaan modul agar memperoleh hasil yang optimal.

  1. Sebelum memulai menggunakan modul, marilah berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa agar diberikan kemudahan dalam memahami materi ini dan dapat mengamalkan dalam kehidupansehari-hari.
  2. Bacalah uraian materi dan contoh dengan cermat secara berulang-ulang sehingga benar-benar memahami dan menguasai materi, sebaiknya peserta didik mulai membaca dari peta konsep, pendahuluan, kegiatan pembelajaran, rangkuman, hingga daftar pustaka secaraberurutan.
  3. Setiap akhir kegiatan pembelajaran, peserta didik mengerjakan latihan soal secara mandiri dengan jujur tanpa melihat uraianmateri, jika dalam kasus tertentu mengalami kesulitan dalam menjawab maka lihatlah rambu-rambu jawabannya, jika langkah tersebut masih belum berhasil maka mintalah bantuan guru atau orang lain yang lebih tahu dan memahami.
  4. Peserta didik dikatakan tuntas apabila dalam mengerjakan latihan soal memperoleh nilai ≥ 75 sehingga dapat melanjutkan ke materi selanjutnya.
  5. Jika peserta didik memperoleh nilai < 75 maka peserta didik harus mengulangi materi pada modul ini dan mengerjakan kembali latihan soal yang ada.

Materi Pembelajaran

Modul ini terbagi menjadi 3 kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi.

Modul siswa tentang matriks ini terdiri atas 3 kompetensi dasar yang meliputi Kompetensi dasar 3.4 dan kompetensi dasar 4.4 dengan pembagian kegiatan pembelajaran sebagai berikut:

  1. Kegiatan Pembelajaran 1 mempelajari tentang metode (cara) menentukan determinan matriks ordo 2×2, dan menggunakannya dalam permasalahan kehidupan sehari-hari.
  2. Kegiatan Pembelajaran 2 mempelajari tentang metode (cara) menentukan determinan matriks ordo 3×3, dan menggunakannya dalam permasalahan kehidupan sehari-hari.
  3. Kegiatan Pembelajaran 3 mempelajari tentang cara menetukan invers matriks ordo 2 x 2 dan 3×3, serta pemakaian matriks untuk menyelesaikan sistem persamaan linier (SPL).
DOWNLOAD PDF MODUL MATEMATIKA LAINNYA

Demikian emodul SMA yang telah kami sajikan. Untuk mengakses modul SD, SMP, SMA lainnya, silahkan klik MODUL, kami ucapkan terima kasih kepada Ibu/Bapak Guru. Salam Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Artikel Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *