Soal Kehidupan Sosial pada Masa Hindu Budha Kelas 7 – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal-soal IPS kelas 7, VII SMP sebagai bahan Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang kehidupan sosial pada masa Hindu-Budha kelas 7.
Perlu diketahui bahwa soal-soal jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) ini sangat cocok untuk melatih pemahaman peserta didik dalam menguasai Pelajaran IPS Kelas VII.
* (Disertai kunci jawaban, ada di paling akhir soal)
Soal Pilihan Ganda
Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!
Berikan jawaban terbaik dari pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini:
1) Pengaruh Hindu Budha masuk ke Indonesia pada awalnya dterjadi melalui kegiatan perdagangan
2) Pengaruh Hindu Budha masuk ke Indonesia diawali oleh penguasaan wilayah Indonesia oleh orang kaum Ksatria dari India
3) Brahmana dan Ksatria berperan dalam membawa dan menyebarkan pengaruh Hindu-Budha ke Indonesia
4) Masyarakat Indonesia bersikap aktif dalam menerima pengaruh Hindu Budha
Pernyataan yang benar ditunjukkan dengan nomor:
A. 1,2 dan3
B. 2,3 dan 4
C. 1,3 dan 4
D. 1,2 dan 4
2. Pengaruh Hindu Budha di Indonesia dalam bidang politik adalah …
A. berubahnya kedudukan pemimpin dari kepala suku menjadi raja
B. terbentuknya sistem kasta dalam masyarakat Indonesia
C. berkembangnya agama Hindu dan Budha dalam masyarakat Indonesia
D. berkembangnya bahasa dan tulisan Pallawa
3. Berikut ini yang merupakan pengaruh budaya Hindu-Budha terhadap kehidupan masyarakat Indonesia dalam bidang ekonomi adalah …
A. masyarakat Indonesia mulai mengenal cara bercocok tanam di sawah
B. berkembangnya kerajaan-kerajaan Hindu-Budha menggantikan animisme
C. berkembangnya pusat-pusat kerajaan yang berperan sebagai pusat perdagangan
D. berkembangnya seni bangunan berupa candi bercorak Hindu dan budha
4. Percampuran budaya Hindu-Budha dengan budaya masayarakat Indonesia masa pra aksara nampak dalam ….
A. timbulnya kerajaan yang dipimpin seorang raja
B. timbulnya anggapan bahwa raja adalah anak dewa
C. digunakannya cerita Ramayana dan Mahabharata dalam pewayangan
D. pembanguan patung-patung sebagai perwujudan dewa
5. Perhatikan peta berikut ini!
Berdasarkan peta tersebut letak kerajaan Sriwijjaya, Tarumanagara, dan Kutai ditunjukkan dengan nomor….
A. 1,2 dan 3
B. 2,3 dan 4
C. 3,4 dan 5
D. 1,2 dan 5
6. Di bawah ini pernyataan yang benar adalah ….
A. Raja-raja Kerajaan Kutai berasal dari India karena menggunakan nama-nama India
B. Raja-raja Kutai orang Indonesia asli, karena nama raja pertamanya merupakan nama asli Indonesia
C. Mulawarman adalah raja pertama dan pendiri Kerajaan Kutai
D. Prasasti kerajaan Kutai yang berbentuk Yupa, didirikan oleh Kundungga
7. Salah satu bukti yang menunjukkan bahwa selain pertanian, perekonomian kerajaan Tarumanagara juga bersumber dari perdagangan adalah …
A. catatan musafir China yang bernama Fa Hsien
B. catatan pendeta Budha yang bernama I Tsing
C. catatan pada prasasti Tugu
D. catatan pada Prasasti Ciaruteun
8. Kerajaan Sriwijaya mencapai puncak kejayaanya pada masa Raja ….
A. Bhalaputradewa
B. Rakai Pikatan
C. Rakai Pangkaran
D. Samaratungga
9. Peranan kerajaan Sriwijaya sebagai negara Maritim nampak pada upayanya ….
A. Menguasai pusat-pusat perdagangan penting di Asia Tenggara
B. Melakukan monopoli perdagangan di Asia Tenggara
C. memperluas wilayah seluruh wilayah nusantara dan Asia Tenggara
D. Mengamankan jalur perdagangan di Selat Malaka dengan armada laut yang dimilikinya
10. Kerajaan Mataram Kuno yang pecah menjadi Mataram Hindu dan Mataram Budha, berhasil dipersatukan Kembali oleh raja ….
A. Rakai Panangkaran
B. Rakai Pikatan
C. Rakai Wawa
D. Pramodhawardani
11. Berikut ini candi bercorak Hindu peninggalan kerajaan Mataram Kuno adalah …
A. Candi Prambanan, Candi Gedong Songo, Candi Arjuna
B. Candi Borobudur, Candi Kalasan, Candi Mendut
C. Candi Panataran, Candi Sawentar, Candi Gedong Songo
D. Candi Prambanan, Candi Kalasan, Candi Mendut
12. Perhatikan pernyatan-pernyataan berikut!
1) Merebut dominasi Sriwijaya dalam penguasaan pelayaran perdagangan
2) Menjalin kerjasama dengan kerajaan-kerajaan di Asia Tenggara
3) Membendung upaya kaisar Mongol yang ingin menguasai Pulau Jawa
4) Meningkatkan hubungan dagang dengan kerajaan Sriwijaya
Tujuan raja Kertanegara melakukan Ekspedisi Pamalayu ditunjukkan dengan nomor …
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 1 dan 3
D. 2 dan 4
13. Puncak kejayaan kerajaan Majapahit dicapai pada masa Raja ….
A. Raden Wijaya
B. Tribhuana Tunggadewi
C. Hayam Wuruk
D. Bhre Wirabhumi
14. Slogan Bhinneka Tunggal Ika yang saat ini menjadi slogan Republik Indonesia, terdapat pada kitab….
A. Sutasoma
B. Bharata Yudha
C. Nagarakertagama
D. Bharatayudha
15. Bangunan candi yang merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit adalah ….
A. Candi Arjuna
B. Candi Gedong Songo
C. Candi Prambanan
D. Candi Panataran
Kunci Jawaban Pilihan Ganda
1. B
2. A
3. C
4. C
5. D
6. B
7. A
8. A
9. D
10. B
11. A
12 C
13 C
14. A
15. D
Soal Uraian
Jawablah soal-soal berikut ini dengan benar!
1. Jelaskan, bagaimana sikap masyarakat Indonesia dalam proses masuknya pengaruh Hindu-Budha?
2. Jelaskan upaya kerajaan Sriwijaya dalam mempertahankan peranannya sebagai pusat perdagangan di Nusantara!
3. Jelaskan peranan penyebab kemunduran kerajaan Sriwijaya!
4. Jelaskan inti dari Sumpah Palapa yang diucapkan Gajahmada!
5. Jelaskan penyebab kemunduran Kerajaan Majapahit!
Kunci Jawaban Uraian
1. Jawab → Dalam menerima pengaruh Hindu-Budha, masyarakat Indonesia bersikap aktif, dengan belajar agama Hindu-Budha, bahkan banyak belajar ke India.
2. Jawab → Kerajaan Sriwijaya berusaha memperkuat armada lautnya.
3. Jawab → Sriwijaya mendapat serangan dari Kerajaan Cola Mandala.
4. Jawab → Mahapatih Gajahmada bertekad akan mempersatukan Nusantara di bawah kekuasaan Majapahit.
5. Jawab → Terjadinya perang saudara yang disebut perang Paregreg.
Pelajari Juga: 20+ Soal Kegiatan Ekonomi Kelas 7 dan Kunci Jawabannya
Demikian prediksi soal dan jawaban tentang Kehidupan Sosial pada Masa Hindu-Budha untuk UTS, UAS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 7, VII SMP yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!