Soal Keseimbangan dan Struktur Pasar

soal keseimbangan dan struktur pasar

Soal Keseimbangan dan Struktur Pasar – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal-soal ekonomi kelas 10, 11, dan 12 SMA untuk Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang keseimbangan dan struktur pasar.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

Bacaan Lainnya

1. Permintaan absolut adalah .…

A. Jumlah keseluruhan barang dan jasa yang ingin dibeli oleh konsumen pada berbagai macam tingkat harga

B. Permintaan terhadap suatu barang yang disertai dengan kemampuan untuk membayar harga barang tersebut

C. Permintaan terhadap suatu barang yang tidak disertai dengan kemampuan untuk membayar harga barang tersebut.

D. Jumlah keseluruhan barang yang akan dijual

E. Keinginan konsumen untuk membayar barang atau jasa

2. Permintaan potensial adalah .…

A. Jumlah keseluruhan barang dan jasa yang ingin dibeli oleh konsumen pada berbagai macam tingkat harga

B. Permintaan terhadap suatu barang yang disertai dengan kemampuan untuk membayar harga barang tersebut

C. Permintaan terhadap suatu barang yang tidak disertai dengan kemampuan untuk membayar harga barang tersebut.

D. Permintaan terhadap suatu barang / jasa yang disertai daya beli / kemampuan, tapi tidak dilaksanakan

E. Keinginan konsumen untuk membayar barang atau jasa

3. Keadaan suatu pasar barang X sebagai berikut.

Berdasarkan data di atas persamaan fungsi permintaannya adalah

Berdasarkan data di atas persamaan fungsi permintaannya adalah ….

A. Qd = -2P + 100

B. Qd = ½ P + 100

C. Qd = -2P – 100

D. Qd = 2P + 100

E. Qd = 20P + 90

4. Fungsi permintaan tas dirumuskan Qd = 1.000 -2P. Jika permintaannya 600, harga tas tersebut adalah .…

A. 200

B. 210

C. 220

D. 240

E. 250

5. Jika fungsi permintaan dilambangkan dengan fungsi Q = 12 – 2P dan fungsi penawaran dilambangkan dengan Q = 3P – 8 maka P dan Q pada saat keseimbangan adalah ….

A. P = 4 dan Q = 2

B. P = 5 dan Q = 2

C. P = 5 dan Q = 2

D. P = 3 dan Q = 4

E. P = 4 dan Q = 4

6. Pasar di mana harga ditentukan oleh mekanisme penawaran dan permintaan adalah salah satu ciri dari pasar ….

A. Persaingan sempurna

B. Monopoli

C. Tidak sempurna

D. Monopolistik

E. Sempurna monopolistik

7. Barang dan jasa yang dijual adalah homogen dan tidak dapat dibedakan adalah salah satu ciri dari pasar .…

A. Oligopoli

B. Monopoli

C. Persaingan sempurna

D. Monopolistik

E. Duopoli

8. Indosat dan Telkomsel adalah beberapa perusahaan yang menguasai industri telekomunikasi di Indonesia. Situasi pasar yang terjadi adalah pasar ….

A. Oligopoli

B. Monopoli

C. Persaingan sempurna

D. Monopolistik

E. Duopoli

9. Promosi melalui iklan dilakukan secara terus menerus untuk produsen yang menghasilkan barang-barang dengan jenis dan corak yang berbeda dengan maksud untuk menarik pembeli baru dan mempertahankan pembeli lama. Untuk itu perusahaan harus mengalokasikan dana yang cukup besar untuk biaya produksi.

Biasanya dalam jenis pasar ini ada beberapa saja produsen yang memiiki modal besar. Ciri-ciri ini ada pada pasar ….

A. Oligopoli

B. Monopoli

C. Persaingan sempurna

D. Monopolistik

E. Duopoli

10. Pernyataan yang benar mengenai kebaikan pasar oligopoly ….

A. Sering melakukan kesepakatan harga, sehingga mereka dapat menentukan harga sendiri

B. Karena ada beberapa perusahaan pesaing, maka pelayanan relatif memuaskan

C. Adanya kemampuan produsen untuk mempengaruhi harga

D. Harga relatif murah

E. Terdapat banyak hambatan untuk memasuki pasar

11. Perhatikan gambar air mineral berikut:

gambar air mineral

Kalau kita amati sebenarnya produk air mineral dalam kemasan (AMDK) boleh dikatakan relatif homogen, tetapi karena adanya berbagai merk dan cara promosi yang berbeda-beda maka dalam versi konsumen produk air mineral menjadi dapat dibedakan (dalam hal merk, imej ataupun kualitas). Akibatnya walaupun produsen air mineral atau air minum dalam kemasan jumlahnya cukup banyak, berarti mengandung unsur persaingan, tetapi karena produknya bisa dibedakan (mengandung unsur monopoli), maka ada diantara produsen yang bisa mempengaruhi harga. Jadi produsen air minum dalam kemasan (AMDK) dapat dikatakan sebagai contoh pasar ….

A. Monopoli

B. Persaingan sempurna

C. Persaingan monopolistik

D. Oligopoli

E. Duopoli

12. Suatu pasar dengan banyak penjual yang menawarkan barang yang berbeda-beda, akan tetapi pada pasar ini penjual bisa mendominasi pesaingnya lewat kualitas barang yang lebih baik adalah ciri-ciri dari pasar ….

A. Monopoli

B. Persaingan sempurna

C. Persaingan monopolistik

D. Oligopoli

E. Duopoli

13. Orang Indonesia akhir-akhir ini lebih memilih obat yang bermutu yang kualitasnya lebih baik. Obat generik dan obat-obatan yang murah, walaupun mereknya banyak, tetapi sekarang jarang diminati. Industri obat seperti contoh di atas termasuk ke dalam ciri dari pasar ….

A. Monopoli

B. Persaingan sempurna

C. Persaingan monopolistik

D. Oligopoli

E. Duopoli

14. Adanya kepemilikan terhadap hak paten atau hak cipta dan hak ekslusif adalah ciri dari pasar ….

A. Monopoli

B. Persaingan sempurna

C. Persaingan monopolistik

D. Oligopoli

E. Duopoli

15. Perhatikan ciri pasar monopoli dan persaingan monopolistik berikut!

1. Adanya hak paten

2. Terdapat banyak pembeli

3. Hanya ada satu orang penjual

4. Terdapat banyak penjual

5. Produsen lain mudah masuk ke dalam pasar

Yang merupakan ciri dari pasar monopoli adalah ….

A. 1, 2, dan 3

B. 1, 3, dan 5

C. 2, 3, dan 4

D. 2, 3, dan 5

E. 2, 4, dan 5

16. Penawaran minyak pelumas di Jawa dikuasai oleh Pertamina dan Shell.  Maka pasar yang dikuasai oleh dua perusahaan diberi nama ….

A. monopoli

B. monopsoni

C. duopoli

D. duopsoni

E. oligopsoni

17. Produk yang dijual tidak mempunyai barang pengganti (substitusi). Adalah ciri dari pasar ….

A. Monopoli

B. Persaingan sempurna

C. Persaingan monopolistik

D. Oligopoli

E. Duopoli

18. Penawaran suatu barang akan dipengaruhi banyak faktor, yang diantaranya seperti berikut ini, kecuali ….

A. Selera calon konsumen

B. Harga barang lain

C. Biaya produksi

D. Harga bahan baku

E. Kebijakan pemerintah

19. Beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran diantaranya.

1) Ekspektasi

2) Biaya produksi

3) Tingkat Pendapatan konsumen

4) Kemajuan teknologi

5) Selera

Yang merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran ….

A. 1, 2, dan 3

B. 1, 2, dan 4

C. 2, 3, dan 4

D. 2, 4, dan 5

E. 3, 4, dan 5

20. Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran, dintaranya:

1) Teknologi

2) Harga barang

3) Biaya produksi

4) Selera konsumen

5) Tingkat pendapatan

Merupakan faktor-faktor yang memengaruhi penawaran, yaitu ….

A. 1, 2, dan 3

B. 1, 3, dan 5

C. 2, 3, dan 4

D. 2, 3, dan 5

E. 2, 4, dan 5

Pelajari Juga: Soal Indeks Harga dan Inflasi

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS tentang keseimbangan dan struktur pasar Kelas 10, 11, dan 12 SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (2 votes)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Artikel Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *