Soal Organisasi Perusahaan

soal organisasi perusahaan

Soal Organisasi Perusahaan – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa D3, d4, dan s1 jurusan Kesehatan lingkungan, sanitasi lingkungan atau yang berkaitan dengan ilmu kesling. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi organisasi perusahaan.

Soal dan Kunci Jawaban Organisasi Perusahaan

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Manajemen perusahaan merupakan upaya pengendalian dan pendayagunaan berbagai sumberdaya yang dimiliki untuk mencapai tujuan perusahaan.

Bacaan Lainnya

Sumberdaya perusahaan dari penjelasan di atas adalah merupakan sarana manajemen perusahaan yang dikenal dengan istilah 6M, yakni Man (manusia), Money (uang), Material (bahan), Machine (mesin/peralatan), Method (cara kerja) dan Market (pasar).

Pengertian dan definisi manajemen menurut para ahli, diantaranya dikemukakan, sebagai berikut : Manajemen adalah adalah suatu proses yang berbeda terdiri dari planning, organizing, actuating, dan controlling yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang ditentukan dengan menggunakan manusia dan sumber daya lainnya (George R. Terry, 1997).

Manajemen sebagai sebuah rangkaian tindakan tindakan yang dilakukan oleh para anggota organisasi dalam upaya mencapai sasaran organisasi. prosess merupakan suatu rangkaian aktivitas yang dijalankan dengan sistematis (Wilson).

Manajemen adalah sebuah seni dalam mencapai tujuan yang diinginkan yang dilaksanakan dengan usaha orang yang lain (Lawrance A Appley).

Manajemen sebagai suatu seni, tiap tiap pekerjaan bisa diselesaikan dengan orang lain (Mary Parker F).

BACA JUGA:  Soal Peningkatan Kualitas Pengukuran

Beberapa pendekatan yang dapat digunakan dalam menyusun struktur organisasi, yaitu:

  • Pendekatan Fungsional, yakni membagi pekerjaan berdasarkan fungsi bagian-bagian.
  • Pendekatan Produk, yakni membagi pekerjaan berdasarkan produk yang dihasilkan atau dipasarkan.
  • Pendekatan Pelanggan, yakni membagi pekerjaan berdasarkan pelanggan yang dijadikan sasaran pasar.
  • Pendekatan geografis, yakni membagi pekerjaan berdasarkan wilayah yang dijadikan sasaran pasar.
  • Pendekatan matriks, yakni membagi pekerjaan berdasarkan wewenang ganda dan menggabungkan beberapa pendekatan.

Setiap pendekatan tentunya memiliki berbagai kelebihan sekaligus keterbatasannya. Pendekatan fungsional misalnya, memberikan kemudahan bagi organisasi untuk membagi-bagi pekerjaan berdasarkan fungsi-fungsi yang harus dilakukan dalam organisasi bisnis.

Namun di sisi lain, pendekatan fungsional agak menyulitkan organisasi ketika misalnya terdapat perbedaan kepentingan antarbagian yang berbeda. Bagian Pemasaran yang bermaksud untuk menaikkan biaya promosi misalnya dapat konflik dengan bagian Keuangan, atau juga dengan bagian SDM yang menerima tuntutan pegawai untuk kenaikan gaji. Kelemahan dari pendekatan fungsional ini bisa diselesaikan dengan pendekatan produk misalnya.

Di setiap produk misalnya terdapat berbagai subbagian fungsional seperti Pemasaran, Produksi, dan lain-lain yang dengan demikian konflik antarbagian dapat dihindari. Namun, pendekatan ini juga belum tentu sesuai ketika misalnya organisasi memiliki cabang-cabang di berbagai daerah, atau organisasi tersebut bukan berupa organisasi bisnis.

Bagi organisasi nonprofit misalnya, pendekatan berdasarkan produk belum tentu cocok, dan cenderung justru tidak efektif.

Secara umum terdapat tiga bentuk usaha yang secara yuridis dapat diterima keberadaannya, Usaha perseorangan, Usaha Patungan perkongsian, Usaha Perseroan, masing masing ada kekurangan dan kelebihannya.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

BACA JUGA:  Soal Penyusunan dan Pembuatan Rencana Bisnis

1) Sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu bentuk kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan merupakan ….

A. manajemen

B. gerombolan

C. organisasi

D. persekutuan

2) Suatu kegiatan yang dilakukan untuk mewujudkan kerjasama di antara semua sumberdaya yang terlibat dalam organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan merupakan ….

A. manajemen

B. gerombolan

C. organisasi

D. persekutuan

3) Fungsi manajemen planning, organizing, staffing, motivating, dan controlling adalah pendapat dari …

A. Henry Fayol

B. Ernest Dale

C. George R. Terry

D. Luther Gullich

4) Membagi pekerjaan berdasarkan wewenang ganda dan menggabungkan beberapa pendekatan disebut pendekatan …

A. fungsional

B. geografis

C. produk

D. matriks

5) Pengambilan keputusan dan pengendalian perusahaan sering berlangsung dengan cepat, karena tanggung jawab di bawah seorang pemilik yang sekaligus adalah pimpinan perusahaan merupakan salah satu keuntungan dari usaha yang berbentuk …

A. perseorangan

B. patungan

C. perseroan

D. persekutuan

Kunci Jawaban

1) C

2) A

3) C

4) D

5) A

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa jurusan jurusan Kesehatan lingkungan, sanitasi lingkungan atau berkaitan dengan ilmu kesling yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Sanitasi Hebat!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.