Soal Pemikiran Yang Melandasi Revolusi Besar Dunia

soal pemikiran yang melandasi revolusi besar dunia

Soal Pemikiran Yang Melandasi Revolusi-Revolusi Besar Dunia – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal sejarah kelas 11, XI KD 3.4 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang pemikiran-pemikiran yang melandasi revolusi-revolusi besar dunia (Amerika, Perancis, dan Cina).

Advertisements

Rangkuman Materi Pemikiran-Pemikiran Yang Melandasi Revolusi-Revolusi Besar Dunia (Amerika, Perancis, Dan Cina)

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Revolusi Amerika terjadi karena adanya penindasan ekonomi dan politik yang dilakukan oleh Inggris. Inggris memaksakan penduduk Amerika untuk menjual dan membeli barang-barang hanya kepada Inggris.

Read More

Bagi rakyat Amerika, hal ini dirasakan sebagai bentuk penindasan. Kemudian lahirlah pemikiran-pemikiran baru yang melatarbelakangi meletussnya Revolusi di Amerika, yaitu pemikiran tentang perdagangan bebas, dimana mereka bebas menjual dan membeli barang-barang dengan siapa saja sesuai dengan kesepakatan bersama.

Berkembangnya faham kebebasan bagi rakyat Amerika untuk berpolitik. Adanya berbagai macam pajak yang dipaksakan oleh Inggris turut memicu kemarahan rakyat Amerika. Rakyat Amerika melawan dominasi Inggris dan mencapai kemerdekaannya paa tanggal 4 Juli 1776.

Revolusi Perancis terjadi karena didorong oleh adanya feodalisme dan absolut monarchi yang buruk. Rakyat merasa tertindas dan dijajah oleh rajanya sendiri.

Muncul dan berkembanglah faham-faham baru di tengah-tengah masyarakat Perancis, seperti rationalism, aufklarung, romantic, dan faham-faham perang kemerdekaan Amerika. Rasa tertindas dan semangat yang tercipta dari merasuknya faham-faham baru yang berkembang itu, ditambah dengan adanya vacuum of Power Louis XVI yang lemah merupakan kesempatan bagi rakyat untuk memberontak dan melawan. Akhirnya Kekaisaran absolut Louis XVI runtuh, ditandai dengan jatuhnya penjara Bastille ke tangan rakyat 14 Juli 1789.

Revolusi Tiongkok (Cina) terjadi karena adanya rasa menderita akibat kekuasaan Dinasty Mansyu dan bangsa asing. Bagi rakyat Tiongkok, Dynasty Mansyu Adalah dynasty asing bagi rakyat Tiongkok (cina).

Pemerintahan Dinasty merupakan pemerintahan yang kolot yang telah membuat rakyat Tiongkok menderita. Simpati terhadap Dinasty Manchu semakin menipis setelah terjadinya kekalahan Tiongkok dalam Perang Candu melawan Inggris, bagi rakyat Tiongkok merupakan suatu kelemahan yang memalukan.

Dipihak lain di kalangan rakyat Tiongkok telah berkembang suatu keinginan untuk membangun masyarakat Tiongkok yang bahagia, yaitu suatu masyarakat yang menganut faham sama rata sama rasa seperti masyarakat zaman Petrus.

Disamping itu telah masuk dan berkembang pula faham modernisasi di Tiongkok Selatan. Oleh karena itu munculah di mana-mana perlawanan rakyat terhadap kekuasaan Dinasty Mansyu dan banga asing ini.

Rakyat Cina melakukan perlawanan terhadap pemerintahan Dinasty mansyu yang kolot dan lemah. Pemberontakan juga dilakukan Rakyat Tionghoa terhadap kekuasaan bangsa asing seperti Inggris, Jepang, dan Perancis. Sebut saja pemberontakan Taiping (1850-1861), Perang Jepang-Tiongkok (1894-1895), pemberontakan Boxer (1900-1901), hingga akhirnya Dinasty Masnyu jatuh pada tanggal 10 – 10- 1911 (Revolusi Wuchang). Dr. Sun Yat Sen memproklamasikan berdirinya Republik Tiongkok (meliputi wilayah Tiongkok Selatan).

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Perhatikan data di bawah ini.

Pada tahun 1674 Inggris merebut Nieuw Amsterdam yang kemudian mengganti namanya menjadi New York. Dalam perang tujuh tahun (1756-1763) Inggris merebut dari Perancis; Canada dan Lousiana (daerah Missisippi) sebelah Timur Sungai Missisippi. Lousiana sebelah Barat Missisippi dibeli dari Perancis pada tahun 1803. Florida dibeli dari Spanyol tahun 1819. Texas diduduki tahun 1845. California diambil dari Mexico 1848. Alaska dibeli dari Rusia tahun 1867.

Jika dilihat dari data di atas, maka diketahui bahwa sebagaian besar wilayah Amerika telah dikuasai oleh negara…

A. Perancis

B. Belanda

C. Inggris

D. Rusia

E. Spanyol

2. Inggris memerintahkan bahwa hasil bumi Amerika (tembakau, gula, kapas) hanya boleh dijual kepada Inggris dan Amerika hanya diperbolehkan membeli barang-barang kebutuhannya dari Inggris saja. Dampak negative dari Kondisi perdagangan seperti ini adalah …

A. Akan ada over produksi pertanian asli Amerika

B. Produksi pertaian akan menjadi primadona dan menguasai pasar dibanding dengan produksi barang tambang Amerika

C. Inggris akan menguasai dan mempermainkan harga barang yang diperjual  belikan

D. Tidak ada investor asing lainnya di Amerika kecuali negara-negara yang telah ada sebelumnya yaitu Perancis, Belanda, dan Spanyol

E. Ekonomi Amerika merosot tajam terlindas oleh pertumbuhan ekonomi Ingrrsi yang melesat tinggi

3. Pada tanggal 14 Juli 1789, rakyat Perancis menyerbu dan menguasai penjara Bastille. Penyerbuan terhadap penjara Bastille ini menjadi simbol berakhirnya absolute monarchi di Perancis, karena ….

A. Penjara Bastille adalah bangunan terkokoh, terkuat, dan terbesar yang pernah dibangun oleh kaisar Perancis

B. Penjara Bastille adalah suatu bangunan tempat dipenjarakannya pemimpin-pemimpin rakyat yang menentang kaisar

C. Bastille adalah bangungan paling seram di Perancis yang telah dibangun berabad-abad yang lalu

D. Bastille adalah bangunan tua yang sering dikunjungi oleh raja Louis dan para bangsawan lainnya

E. Bastille menyimpan misteri perebutan kekuasaan antara keluarga raja sebelumnya yang telah menelan ratusan nyawa

4. Tahun 1789 Revolusi Perancis berhasil menumbangkan absolut Monarchi, Perancis kini sebagai Constituante monarchi. Tahun 1792 kerajaan dihapuskan hingga Perancis menjadi Republik dengan Montagne sebagai pemimpinnya. Namun kemudian Revolusi Perancis yang menumbangkan Monarchi Absolut, tahun 1799 rakyat menginginkan kembali absolutism dengan memuja Napoleon Bonaperte sebagai Kaisar Perancis dengan alasan …

A. Rakyat menginginkan adanya seseorang yang mampu menyelamatkan negara Perancis dari kehancuran

B. Napoleon Bonaparte membubarkan pemerintahan Directoire yang kekerasan senjata

C. Napoleon Bonaparte memperoleh kemenangan-kemenangan dalam pertempuran di berbagai negara

D. Pemerintahan Republik tidak sesuai dengan nilai-nilai luhur rakyat Perancis

E. Kaum Bangsawan selalu mencari kesempatan untuk kembali berkuasa di Perancis

5. Perhatikan pernyataan berikut.

1) Lima pelabuhan Tiongkok dibuka untuk perdagangan asing

2) Inggris mendapatkan Hongkong

3) Inggris mendapatkan hak ekstrateritorial

4) Tiongkok membuka 11 pelabuhan untuk Inggris dan Perancis

5) Di Peking ditempatkan seorang duta besar Inggris

Dari data di atas, yang merupakan isi perjanjian Nanking, 1842 adalah …

A. 1), 2), dan 3)

B. 1), 3), dan 4)

C. 2), 3), dan 4)

D. 2), 4), dan 5)

E. 3), 4), dan 5)

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. D → Pembahasan: Pada tahun 1674 Inggris merebut Nieuw Amsterdam yang kemudian mengganti namanya menjadi New York. Dalam perang tujuh tahun (1756-1763) inggris merebut dari Perancis; Canada dan Lousiana (daerah Missisippi) sebelah Timur Sungai Missisippi. Lousiana sebelah Barat Missisippi dibeli dari Perancis pada tahun 1803. Florida dibeli dari Spanyol tahun 1819. Texas diduduki tahun 1845. California diambil dari Mexico 1848. Alaska dibeli dari Rusia tahun 1867 (diduduk Rusia pada tahun 1825). Dengan ini terjadi apa yang kita kenal sekarang sebagai Canada dan USA. Inggris awalnya menguasal sepanjang pantai Timut Amerika Utara, Perancis menguasai sepanjang muara Sungai Misisipi atau Amerika Utara, Belanda menduduki apa yang sekarang menjadi New York. Kemudian Inggris berhasil menguasai daerah-daerah yang tadinya milik Perancis, Belanda, Spanyol, Rusia itu. dengan kata lain di abad ke-18 kekuasaan Inggris di Amerika telah sangat luas.

2. C → Pembahasan: Inggris memerintahkan bahwa hasil bumi Amerika tembakau, gula, kapas) boleh dijual hanya kepada Inggris dan Amerika diperbolehkan hanya membeli barang-barang kebutuhannya dari Inggris saja. Dengan ini harga dapat dipermainkan oleh Inggris.

3. B → Pembahasan: Pada tanggal 14 Juli 1789 rakyat Prancis menyerbu penjara Bastille, suatu bangunan yang kuat dan megah lambang absolute monarki karena di dalamnya dipenjarakan pemimpin-pemimpin rakyat dan mereka yang berani menentang absolute monarki. Bastille ini dijaga ketat karena merupakan juga gudang persenjataan raja

4. A → Pembahasan: Pemerintahan Directoire ini hanya merupakan lanjutan dari pemerintahan Gironde dari akhir dari pemerintahan convention, ialah pemerintahan yang lemah, dihinggapi krisis gezag, korup dan tidak dipercaya oleh rakyat. Hanya dalam soal mereka mencapai kemenangan-kemenangan yang besar, tetapi ini lebih karena jasa dari Napoleon Bonaparte daripada jasa Directoire. Rakyat yang tidak percaya pada Directoire, memuja Napoleon yang selalu bertindak menurut kehendaknya sendiri dan tidak menghiraukan Directoire. Bagi Napoleon coup detat hanya tinggal soal waktu saja. Dan ini dijalankan ketia ia kembali dari Mesir pada tahun 1799. Dengan kekerasan senjata Directoire dibubarkannya. Jalan-jalan di Perancis rakyat menempelkan plakat-plakat yang berbunyi “Hidup Napoleon”. Napoleon yang akan menyelamatkan rakyat Perncis. Rakyat yang mengutuki absolutism pada tahun 1789, memuja absolutism pada tahun 1799.Jadi rakyat Perancis yang melihat kekacauan, penindasan, kekejaman, kelaparan, dan kemiskinan yang tidak dapat diatasi oleh pemerintahan Republik, pemerintahan Directoire, membutuhkan figur pemerintah atau pemimpin yang mampu menyelamatkan negara dari kehancuran. Figur ini didapat dari seorang Napoleon Bonaparte, pemuda tentara yang karier militernya gilang gemilang.

5. A → Pembahasan:

Isi Perjanjian Nanking, 1842:

  • Lima pelabuhan Tiongkok dibuka untuk perdagangan asing (disebut Treaty Ports)
  • Inggris mendapatkan Hongkong (1842)
  • Inggris mendapatkan hak ekstratitorial (kemudian negara-negara lainnya minta juga)

Demikian prediksi soal dan jawaban terkait pemikiran-pemikiran yang melandasi revolusi-revolusi besar dunia (Amerika, Perancis, dan Cina) untuk UTS, UAS modul sejarah Kelas 11, XI SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *