Soal Pengantar Anabolisme

soal pengantar anabolisme

Soal Pengantar Anabolisme – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal Modul Biologi Kelas XII KD 3.2 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Biologi Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi pengantar anabolisme.

Rangkuman Materi Pengantar Anabolisme

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Anabolisme disebut juga asimilasi atau sintesis merupakan rangkaian proses reaksi kimia yang berkaitan dengan proses penyusunan atau sintesis molekul/senyawa kompleks dari  molekul-molekul/ senyawa sederhana atau penyusunan zat dari senyawa/molekul sederhana menjadi senyawa yang kompleks.

Bacaan Lainnya

Anabolisme yang menggunakan energi cahaya disebut fotosintesis, sedangkan anabolisme yang menggunakan energy kimia disebut kemosintesis.

Fotosintesis meliputi dua tahap reaksi, yakni tahap reaksi terang yang diikuti dengan tahap reaksi gelap.

Reaksi terang merupakan salah satu langkah dalam fotosintesis untuk mengubah energi matahari menjadi energi kimia.

Fotolisis merupakan pemecahan molekul air dengan bantuan cahaya. Siklus Calvin-Benson, reaksi ini disebut reaksi gelap, karena tidak tergantung secara langsung dengan cahaya matahari. Reaksi gelap terjadi di stroma.

Kemosintesis merupakan proses penyusunan atau pembentukan zat organic dengan memanfaatkan sumber energy hasil reaksi kimia.

Latihan Soal

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Untuk memperdalam pemahaman anda mengenai materi di atas kerjakanlah latihan berikut!

1. Jelaskan siklus siklik pada reaksi terang fotosintesis!

2. Jelaskan perbedaan reaksi terang dengan reaksi gelap!

3. Jelaskan pengertian dari:

a. Kemosintesis

b. Fotolisis

c. Fotosintesis

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan: Elektron yang dilepaskan oleh fotosistem I akan ditangkap oleh akseptor elektron. Elektron tersebut selanjutnya diteruskan menuju sistem feredoksin (Fd), kemudian diteruskan ke kompleks sitokrom dan akhirnya kembali ke fotosistem I. Jalur elektron siklik menghasilkan ATP.

2. → Pembahasan: Reaksi terang akan berlangsung jika ada cahaya, misalnya cahaya matahari. Reaksi terang merupakan salah satu langkah dalam fotosintesis untuk mengubah energi matahari menjadi energi kimia. Reaksi terang ini berlangsung di dalam grana. Sedangkan Reaksi gelap merupakan proses penggunaan ATP dan NADPH untuk mengubah CO2 menjadi gula. reaksi gelap tidak tergantung secara langsung dengan cahaya matahari. Reaksi gelap terjadi di stroma.

3. → Pembahasan:

a. Kemosintesis merupakan proses penyusunan atau pembentukan zat organik dengan memanfaatkan sumber energi hasil reaksi kimia.

b. Fotolisis adalah pemecahan molekul air dengan bantuan cahaya.

c. Fotosintesis adalah proses pengubahan zat anorganik H2O dan CO2, oleh klorofil menjadi zat organik (karbohidrat) dengan bantuan cahaya.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Biologi Kelas 12, XII SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.