Soal Pengaruh Faktor Geografis Terhadap Keragaman Budaya Indonesia

soal pengaruh faktor geografis terhadap keragaman budaya Indonesia

Soal Pengaruh Faktor Geografis Terhadap Keragaman Budaya Indonesia – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal geografi kelas 11, XI KD 3.6 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang pengaruh faktor geografis terhadap keragaman budaya Indonesia.

Rangkuman Materi Pengaruh Faktor Geografis Terhadap Keragaman Budaya Indonesia

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Budaya merupakan bagian dari kehidupan manusia yang tidak dapat terpisahkan karena kebudayaan tersebut merupakan hasil cipta, rasa dan karsa sendiri manusia itu sendiri yang memiliki perbedaan antara satu wilayah dengan wilayah yang lain akibat faktor-faktor yang dimiliki setiap wilayah berbeda-beda.

Bacaan Lainnya

Wujud kebudayaan terdiri dari gagasan, tindakan dan hasil karya manusia yang ketiganya tidak dapat dipisahkan, karena wujud kebudayaan ini menjadi pedoman dalam berpierilaku dna bertindak

Wujud kebudayaan ditentukan dalam unsur-unsur universal kebudayaan, yaitu bahasa, sistem organisasi, sistem religi, sistem pengetahuan, kesenian, sistem mata pencaharian, dan sistem teknologi dna peralatan.

Keragaman budaya Indonesia dipengaruhi oleh faktor lokasi, jenis iklim, relief permukaan bumi, tipe tanah, jenis flora dan fauna, kondisi air, sumber mineral dan kontak dengan lautan.

BACA JUGA:  Soal Data Geografi

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Wujud kebudayaan terdiri atas ….

A. kompleks ide, gagasan, dan nilai

B. kompleks ide/gagasan, aktivitas, dan nilai

C. gagasan, aktivitas, benda hasil karya manusia

D. nilai, norma, dan peraturan

E. gagasan, norma, undang-undang

2. Faktor-faktor geografis yang berkaitan dengan interkasi masyrakat dengan wiayah lain yang berpengaruh terhadap keragaman budaya Indonesia adalah ….

A. lokasi, iklim, topografi

B. lokasi, posisi strategis, kondisi ekologis

C. lokasi, iklim,

D. lokasi, iklim, hidrologis

E. lokasi, topografis, hidrologis

3. Pembuatan pesawat terbang merupakan contoh wujud kebudayaan ….

A. gagasan manusia

B. nilai kualitas manusia

C. norma manusia

D. aktivitas manusia

E. benda hasil karya manusia

4. Beberapa suku di Indonesia ada yang tinggal di pedalaman hutan, kehidupan mereka cenderung primitif dan masih tradisional meskipun beberapa di antaranya telah mendapatkan pengaruh dari luar. Kondisi tersebut disebabkan adanya isolasi geografis dari unsur fisik berupa ….

A. iklim

B. topografi

C. vegetasi

D. hidrologi

E. morfologi

5. Menurut penelitian yang dilakukan para pakar dari Amerika Serikat, cara bicara penduduk yang tinggal di pegunungan dipengaruhi oleh ketinggian tempat. Semakin tinggi tempat, cara bicara yang digunakan penduduk semakin sederhana. Fenomena ini membuktikan bahwa kondisi geografis mempengaruhi perbendaharaan kata. Berdasarkan wacana yang ada, unsur kebudyaan yang dipengaruhi oleh kondisi geografis yaitu ….

BACA JUGA:  Soal Pemanfaatan SIG Untuk Kesehatan Lingkungan

A. bahasa

B. kesenian

C. teknologi

D. sistem religi

E. organisasi sosial

Kunci Jawaban dan Pembahasan

  1. C → Pembahasan: Menurut J.J. Hoenigman, wujud kebudayaan dibedakan menjadi tiga: gagasan, aktivitas, dan artefak.
  2. A → Pembahasan: Iklim mempengaruhi interaksi masyarakat karena berpengaruh pada cara berpakaian dan gaya bicara, lokasi berkaitan keterjangkauan antara wilaayh satu dengan wilayah lain, relief berkaitan dengan mata pencaharian, wilayah dataran rendah lebih diminati masyarakat dibandingkan dataran tinggi.
  3. E → Pembahasan: Pesawat terbang merupakan benda yang dibuat oleh manusia.
  4. E → Pembahasan: morfologi merupakan tinggi rendahnya permukaan bumi, sehingga menyebabkan wilayah-wilayah tertentu sulit dijangkau. Contoh suku Gayo tinggal di pedalaman Aceh sehingga terisolir dari wilayah lain.
  5. A → Pembahasan: Daerah pegunungan masyarakatnya lebih cenderung tertutup, dan jarang berinteraksi sehingga memilik perbendaharaan kata yang relatif sedikit, dibandingkan aderah dataran rendah.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Modul Geografi Kelas 11, XI SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.