Soal Pengertian, Fungsi, Tujuan Dan Konsep Strategi Pemasaran

soal pengertian, fungsi, tujuan dan konsep strategi pemasaran

Soal Pengertian, Fungsi, Tujuan Dan Konsep Strategi Pemasaran – Halo adik-adik, kali ini mimin dinas.id akan memberikan rekomendasi kumpulan contoh soal-soal PKWU Kerajinan kelas 10, X KD 3.10 SMA untuk UAS, UTS semester genap, ganjil, gasal. Tentunya, sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang pengertian, fungsi, tujuan dan konsep strategi pemasaran.

Rangkuman Materi Pengertian, Fungsi, Tujuan Dan Konsep Strategi Pemasaran

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

1) Strategi pemasaran adalah upaya memasarkan suatu produk, baik itu barang atau jasa, dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi.

Bacaan Lainnya

2) Fungsi strategi pemasaran

  • Meningkatkan motivasi untuk melihat masa depan
  • Koordinasi pemasaran yang lebih efektif
  • Merumuskan tujuan perusahaan
  • Pengawasan kegiatan pemasaran

3) Konsep strategi pemasaran:

  • Segmentasi pasar
  • Market positioning
  • Market entry strategy
  • Market mix strategy
  • Timing strategy

Soal Pilihan Essay

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban yang paling benar!

1. Jelaskan pengertian strategi pemasaran!

2. Jelaskan konsep strategi pemasaran!

3. Berikan contoh penerapan konsep segmentasi pasar!

4. Berikan contoh penerapan konsep market positioning!

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. Strategi pemasaran adalah upaya memasarkan suatu produk, baik itu barang atau jasa, dengan menggunakan pola, rencana, dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi.

2. Berikut ini adalah 5 konsep strategi pemasaran:

  • Segmentasi Pasar
  • Market Positioning
  • Market Entry Strategy
  • Marketing Mix Strategy
  • Timing Strategy

3. Proses pembagian pasar menjadi kelompok pembeli berbeda yang mempunyai kebutuhan, karakteristik, atau perilaku berbeda, yang mungkin memerlukan produk atau program pemasaran terpisah disebut segmentasi pasar. Setiap konsumen pasti memiliki kebutuhan dan kebiasaan yang berbeda. Perusahaan harus melakukan klasifikasi pasar yang sifatnya heterogen menjadi satuan-satuan pasar yang bersifat homogeny.

4. Tidak ada perusahaan yang bisa menguasai seluruh pasar. Itulah alasannya mengapa perusahaan harus punya pola spesifik untuk mendapatkan posisi kuat dalam pasar, yaitu memilih segmen yang paling menguntungkan. Positioning berarti pengaturan suatu produk untuk menduduki tempat yang jelas, berbeda, dan diinginkan, relatif terhadap produk pesaing dalam pikiran konsumen sasaran.

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul PKWU kerajinan atau prakarya dan kewirausahaan kerajinan Kelas 10, X SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Artikel Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *