Soal Pertunjukan Musik Kontemporer

soal pertunjukan musik kontemporer

Soal Pertunjukan Musik Kontemporer – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal-soal Seni Budaya (Musik) kelas 10, 11, dan 12 SMA untuk Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Oke, mari pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang pertunjukan musik kontemporer.

* (Disertai kunci jawaban di akhir soal)

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Bacaan Lainnya

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Mengapa musik kontemporer sering juga disebut musik garda depan (avant-garde)?

a. karena musik tersebut selalu mengedepankan sebuah era

b. karena alunan musiknya bagai air mengalir tanpa jeda

c. karena komposisinya selalu memperhatikan warna nada

d. karena penggunaan suara sintetis dan elektronik

e. karena karya musik yang bersifat otonom

2. Mengapa pada masanya musik Johann Sebastian Bach sudah dianggap sebagai musik kontemporer?

a. karena musik tersebut selalu mengedepankan sebuah era

b. karena komposisi musiknya yang bagai air mengalir tanpa jeda

c. karena komposisinya selalu memperhatikan warna nada

d. karena penggunaan suara sintetis dan elektronik

e. karena karya musik yang bersifat otonom

3. Sebutkan empat unsur-unsur musik kontemporer!

a. komposisi, harmoni, ritme, dan melodi

b. konsep, harmoni, ritme, dan melodi

c. warna nada (tone color), harmoni, ritme, dan melodi

d. gagasan, harmoni, ritme, dan melodi

e. dinamika, harmoni, ritme, dan melodi

4. Sebutkan enam macam karakteristik umum pada musik kontemporer!

a. Harmoni yang disonan, ritme yang kompleks, banyak suara perkusi, lebih banyak suara dari alat musik tiup, penggunaan suara sintetis dan elektronik.

b. Melodi liriknya sedikit, ritme yang kompleks, banyak suara perkusi, lebih banyak suara dari alat musik tiup, penggunaan suara sintetis dan elektronik.

c. Melodi liriknya sedikit, harmoni yang disonan, banyak suara perkusi, lebih banyak suara dari alat musik tiup, penggunaan suara sintetis dan elektronik.

d. Melodi liriknya sedikit, harmoni yang disonan, ritme yang kompleks, banyak suara perkusi, lebih banyak suara dari alat musik tiup, penggunaan suara sintetis dan elektronik.

e. Melodi liriknya sedikit, harmoni yang disonan, ritme yang kompleks, banyak suara perkusi, penggunaan suara sintetis dan elektronik.

5. Sebutkan tiga kategori musik kontemporer berdasarkan karakteristik dan komposisi!

A. karya musik yang bersifat individu, karya musik yang bersifat ilustratif, karya musik yang bersifat otonom

B. karya musik yang bersifat kelompok, karya musik yang bersifat ilustratif, karya musik yang bersifat otonom

C. karya musik yang bersifat bebas, karya musik yang bersifat ilustratif, karya musik yang bersifat otonom

D. karya musik yang bersifat terikat, karya musik yang bersifat ilustratif, karya musik yang bersifat otonom

E. karya musik yang bersifat iringan, karya musik yang bersifat ilustratif, karya musik yang bersifat otonom

6. Perkembangan musik kontemporer di Indonesia baru mulai dirasakan sejak digelarnya acara Pekan Komponis Muda tahun 1979 di … 

a. Taman Ismail Marzuki Jakarta

b. Taman Budaya Bandung

c. Gedung Kesenian Jakarta

d. Istana Tampak Siring Bali

e. Taman Budaya Yogyakarta

7. Yogyakarta, secara konsisten selama belasan tahun mereka berhasil menggelar acara tingkat Internasional yang di dalamnya banyak sekali karya-karya musik kontemporer dipentaskan. Apa nama acara tersebut?

a. Yogyakarta International Ethnic Music

b. Yogyakarta Gamelan Festival

c. Festival Seni Budaya Yogyakarta

d. Sasana Langgeng Budaya

e. Malioboro Open Festival

8. Perkembangan musik kontemporer didaerah-daerah semakin semarak. Pada tahun 2007 dan 2008, Kota Solo telah menggelar acara …

a. Solo Art Contemporary

b. Solo Gamelan Festival

c. Solo International Ethnic Music

d. Sasana Langgeng Budaya

e. Solo Open Festival

9. Di Bali, aktivitas berkesenian berideologi “kontemporer” sebenarnya telah berlangsung sejak awal abad ke-20 dengan lahirnya seni kekebyaran di daerah… 

a. Denpasar

b. Buleleng

c. Bali Utara

d. Bali Selatan

e. Seminyak

10. Tahun 1990, satu garapan musik kontemporer dengan media ungkap yang berbeda, hasil kolaborasi antara dua seniman, I Wayan Dibia dan Keith Terry, yaitu “Body Tjak“. Karya ini merupakan seni pertunjukan multikultural yang memadukan unsur-unsur seni budaya …

a. Barat (Eropa) dan Timur (Bali, Indonesia)

b. Barat (Australia) dan Timur (Bali, Indonesia)

c. Barat (Antartika) dan Timur (Bali, Indonesia)

d. Barat (Afrika) dan Timur (Bali, Indonesia)

e. Barat (Amerika) dan Timur (Bali, Indonesia)

11. Slamet  Abdul Sjukur dikenal sebagai komponis Indonesia, disebut sebagai salah seorang pionir musik kontemporer Indonesia. Ia juga piawai mengkomposisikan bahan-bahan yang sederhana dan minim ke dalam sebuah musik, sehingga dirinya disebut sebagai …

a. komposer minimaks

b. musikus Indonesia

c. bapak komponis Indonesia

d. pionir musik kontemporer

e. komposer kontemporer

12. Harry Roesli tak cuma dikenal sebagai musisi, ia juga seorang guru, seniman, dan pendidik musisi Bandung yang kemudian berkembang menjadi seniman berkualitas. Ia merupakan cucu seorang pujangga besar Indonesia yaitu …

a. Buya Hamka

b. Marah Roesli

c. W. S. Rendra

d. Sutan Takdir Alisjahbana

e. Armijn Pane

13. Seorang aktor dan seniman musik Indonesia asal Yogyakarta. Iya juga putra dari Bagong Kussudiardja, koreografer dan pelukis senior Indonesia. Siapakan tokoh tersebut?

a. Slamet Abdul Sjukur

b. Harry Roesli

c. Djaduk Feriyanto

d. Aloysius Suwardi

e. Dody Satya Ekagustdiman

14. Aloysius Suwardi, dikenal sebagai musikus Indonesia asal Surakarta. Ia telah banyak menghasilkan karya musik-musik tradisi yang banyak ditampilkan di dalam maupun luar negeri. Ia menggeluti bidang …

a. komposisi musik

b. musikologi

c. estetika musik

d. etnomusikologi

e. organologi

15. Royke merupakan seorang musisi yang secara khusus mengeksplorasi musik-musik kontemporer dengan media perkusi dan alat-alat musik akustik. Musik- musik Royke jauh dari nuansa futuristik. Ia tampilkan komposisi dengan instrumen sederhana yaitu …

a. bedug, drum akustik, serta petikan gitar

b. tamborin, drum akustik, serta petikan gitar

c. tabla, drum akustik, serta petikan gitar

d. rebana, drum akustik, serta petikan gitar

e. kendang, drum akustik, serta petikan gitar

16. “Tetabuhan Sungut” merupakan karya yang dimainkan oleh sekelompok paduan laki-laki dan perempuan. Ide utamanya yaitu mentransfer bunyi-bunyi gamelan, vokal, dan alat perkusi tradisi berupa saron, kendang, dan semacamnya (dung tak gen bern jer, na no ne, e o e, …) melalui vokal manusia. Karya ini dibuat oleh …

a. Slamet Abdul Sjukur

b. Dody Satya Ekagustdiman

c. Ismet Ruhimat

d. Suhendi Afrianto

e. Ade Rudiana

17. “Jalinan Kita” merupakan satu karya dari Dody Satya Ekagustdiman yang dimainkan dengan cara quatrophoni. Dalam teknik pementasannya, karya ini dimainkan dengan empat kelompok yang saling berhadapan secara simetris. Setiap kelompok memainkan instrumen …

a. kecapi, gelas plastik, rebab, dan vokal

b. kecapi, gelas plastik, suling, dan vokal

c. kecapi, bonang, suling, dan vokal

d. kecapi, zimbe, suling, dan vokal

e. kecapi, gong, suling, dan vokal

18. Karya musik Oya Yukarya yang idenya bertolak dari eksplorasi warna-warna suara vokal manusia, seperti gaya melodi bicara dengan menggunakan suatu kalimat yang bunyi huruf vokalnya diganti dengan hanya menggunakan vokal yang sama, …..

a, i, u, e, atau o adalah …

a. “Jalinan Kita”

b. “Tetabuhan Sungut”

c. “Badingkut”

d. “Body Chak”

e. “OAEO”

19. “OAEO” adalah salah satu karya I Wayan Sadra . Komposisi yang terdapat pada karya ini memiliki kesan yang menarik, karena dengan menggunakan vokal ini saja mampu menjadi satu karya yang baru. Karya ini dicipatakan pada tahun …

a. pada tahun 1990

b. pada tahun 1991

c. pada tahun 1992

d. pada tahun 1993

e. pada tahun 1994

20. Philosophy Gang merupakan album perdana dari grup musik bentukan Harry Roesli, Harry-Roesli Gang. Meski direkam di Musica Studio’s Jakarta, album ini dirilis oleh Lion Records di Singapura pada tahun 1973. Pada tahun 2017, album tersebut dirilis ulang dalam bentuk … 

a. Kaset dan piringan hitam

b. CD dan DVD

c. DVD dan piringan hitam

d. CD dan Kaset

e. CD dan piringan hitam

Kunci Jawaban

1. A

2. A

3. B

4. C

5. D

6. A

7. B

8. C

9. D

10. E

11. A

12. B

13. C

14. D

15. E

16. A

17. B

18. C

19. D

20. E

Pelajari Juga: Soal Pertunjukan Musik Barat

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Seni Budaya (Musik) tentang Pertunjukan Musik Kontemporer Kelas 10, 11, dan 12 SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Artikel Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *