Soal Strategi Pemasaran Laboratorium Kesehatan – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa D3, D4 jurusan TLM atau Teknologi Laboratorium Medis (Analis Kesehatan). Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi strategi pemasaran laboratorium kesehatan.
Soal dan Kunci Jawaban Strategi Pemasaran Laboratorium Kesehatan
Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:
Kesuksesan sebuah laboratorium kesehatan sangat ditentukan oleh strategi pemasarannya. Jika dibandingkan dengan produk dan layanan lain, untuk dapat memasarkan laboratorium kesehatan diperlukan trik – trik tertentu, sehingga tidak terlalu terkesan hard selling dan menjadi terkesan kurang etis karenanya. Selain strategi, diperlukan juga waktu, karena kita perlu membangun reputasi dengan cara soft selling. Bagaimana caranya? Kita tentu memerlukan testimonial dalam hal ini.
Laboratorium kesehatan haruslah dapat membangun reputasinya lewat promosi dari mulut ke mulut, yang berarti membiarkan para pelanggan Anda sendiri yang menyebarkan berita-berita baik tentang laboratorium kesehatan Anda.
Dalam hal ini, Anda perlu membangun kepuasan pelanggan dari setiap pelanggan yang ada.
Kepuasan pelanggan akan tercapai tentunya jika harapan mereka bisa terpenuhi. Untuk mengetahui apa harapan pelanggan, analisislah terlebih dahulu dengan melakukan segmentasi melalui cara mengidentifikasi kebutuhan dari tiap-tiap segmen.
Anda menentukan tempat setelah yakin betul bahwa lokasi yang dekat menjadi harapan yang menentukan dari pelanggan laboratorium kesehatan. Kadang-kadang untuk kota yang relatif kecil, lokasi bukanlah faktor yang terpenting untuk sebuah laboratorium, mengingat frekuensi kunjungan ke laboratorium kesehatan juga tidak terlalu sering.
Faktor kuncinya di sini adalah reputasi. Bahkan, hampir pada semua segmen pasar ditemukan bahwa reputasi adalah benefit yang paling sering dicari. Selebihnya adalah faktor-faktor pelayanan yang dapat menunjang reputasi, seperti tim dokter, keramahan staf, kelengkapan, kebersihan, ketepatan waktu, akurasi, serta kejelasan dalam memberikan konsultasi
Strategi pemasaran yang dibuat hendaknya haruslah mempertimbangkan situasi dan keadaan perusahaan baik keadaan intern perusahaan itu sendiri atau lingkungan mikro perusahaan, maupun keadaan ekstern perusahaan atau yang dikenal dengan lingkungan makro perusahaan.
Perusahaan yang berjaya dan mampu mempertahankan serta meningkatkan lagi penjualannya ditengah-tengah pesaingnya adalah perusahaan yang telah berhasil menetapkan strategi pemasarannya serta strategi bersaingnya dengan tepat.
Soal Pilihan Ganda
Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!
Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!
1) Salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Merupakan pengertian dari …
A. Pemasaran
B. Manajemen pemasaran
C. Pasar
D. Permintaan dan penawaran
2) Strategi pemasaran dipengaruhi oleh faktor mikro, yaitu …
A. Perantara pemasaran
B. Demografi
C. Teknologi/ fisik
D. Sosial/ budaya
3) Yang termasuk salah satu faktor dari pemasaran adalah …
A. Pasar
B. Harga
C. Penjualan
D. Pembelian
4) Tujuan dari pemasaran hubungan yaitu …
A. Mengembangkan produk dan promosi untuk menyenangkan banyak orang
B. Membagi pasar menurut penggunaan
C. Memelihara pelangan individual dengan menawari produk yang memenuhi persyaratan mereka
D. Membagi pasar menurut usia, pendapatan dan tingkat pendidikan
5) Proses perencanaan dan pelaksanaan konsep, penetapan harga, promosi, serta distribusi barang dan jasa untuk memfasilitasi pertukaran yang memenuhi objek individual dan organisasional merupakan pengertian dari …
A. Pemasaran
B. Pembelian
C. Penjualan
D. Perencanaan
6) Perhatikan urutan berikut:
1. Menganalisis data penelitian
2. Mendefinisikan (masalah atau peluang) dan menentukan situasi saat ini
3. Memilih solusi terbaik dan mengimplementasikanya
4. Mengumpulkan data
Urutan proses penelitian pemasaran di atas yang benar adalah …
A. 1,3,2, dan 4
B. 2,4,1, dan 3
C. 3,4,2, dan 1
D. 2,1,4, dan 3
7) Yang merupakan satu diantara tiga komponen dari rencana pemasaran adalah….
A. Analisis kesempatan pasar
B. Analisis situasi lingkungan dan peluang pasar
C. Strategi peningkatan posisi pesaingan
D. Pemilihan pasar sasaran
8) Ruang lingkup dari riset pasar adalah …
A. Menyelidiki karakteristik pasar
B. Meneliti barang-barang saingan
C. Membuat ramalan penjualan
D. Meneliti saluran distribusi
9) Didalam menganalisis aspek pelanggan, wirausahawan harus menitikberatkan pada …
A. Manfaat produk yang disukai pelanggan
B. Keuangan pelanggan
C. Jarak tempuh pelanggan
D. Semua jawaban benar
10) Promosi adalah salah satu kegiatan yang dilakukan dalam …
A. Sistem penjualan
B. Sistem distribusi
C. Rencana produksi
D. Rencana penjualan
Kunci Jawaban
- C
- A
- B
- C
- A
- B
- B
- A
- D
- A
SIMAK JUGA!
Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa D3, D4 jurusan TLM atau teknologi laboratorium Medis (Analis Kesehatan) yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. ATLM Hebat!