Modul Berdebat Secara Santun Kelas 10

modul berdebat secara santun kelas 10

Modul Berdebat Secara Santun Kelas 10 pdf Bahasa Indonesia SMA KD 3.12 disusun Foy Aryo dari SMA Negeri 12 Jakarta.

Harap Perhatikan Ibu/Bapak Guru! Ada dua (2) opsi di akhir postingan yaitu DOWNLOAD PDF untuk mengkoleksi modul Berdebat Secara Santun kelas 10 ini serta opsi MODUL BAHASA INDONESIA SMA LAINNYA untuk mengakses koleksi lainnya.

Tampa berlama-lama, Yuk disimak Ibu/Bapak Guru!

Bacaan Lainnya

Identitas Modul

  • Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
  • Kelas : X
  • Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
  • Judul Modul : Berdebat Secara Santun

Kompetensi Dasar

  • 3.12 Menghubungkan permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak dan simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari debat.
  • 4.12 Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan dari debat secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat.

Deskripsi Singkat Materi

Dunia putih abu-abu akan membuat pergaulan dan wawasan kalian lebih luas, berarti persiapan kalian juga harus lebih baik dan matang dari SMP. Sudah siapkah kalian?

Persiapan kalian yang utama adalah kalian dalam keadaan sehat sehingga dapat mempelajari modul ini dengan baik. Pada modul ini, kalian akan mempelajari materi tentang debat, sistem debat, dan pelaksanannya.

Sering kita mendengar perdebatan yang sengit di antara dua orang atau kelompok dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA:  Modul Analisis Isi Debat Kelas 10

Adu argumentasi yang terjadi kadang disertai dengan emosi yang meledak-ledak tanpa bisa dikontrol. Kondisi tersebut dapat memicu terjadinya pertengkaran yang berujung sebuah perkelahian dan baku hantam.

Hal tersebut mungkin saja kita temui melalui kejadian langsung di hadapan kita atau melalui tayangan di media massa. Betapa bodoh dan memalukannya jika kejadian tersebut menimpa kita. Sebagai seorang yang terpelajar sudah selayaknya jika senantiasa mengindari kejadian tersebut.

Bagaimanakah cara terbaik agar kita terhindar dari kondisi sebagaimana di atas?

Cara paling tepat adalah dengan menguasai tata cara dan etika berdebat. Keterampilan berbicara yang baik sesuai dengan norma-norma berbahasa dapat menghindarkan perdebatan sengit yang melibatkan emosi meledak-ledak tanpa kendali.

Pengertian masalah menurut KBBI, masalah adalah sesuatu yang harus diselesaikan, sedangkan debat adalah pembahasan dan pertukaran pendapat mengenai suatu hal dengan saling memberi alasan untuk mempertahankan pendapat masing-masing.

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika menentukan masalah untuk diskusi adalah sebagai berikut:

  1. Menarik para peserta. Suatu masalah akan menarik peserta apabila bermanfaat, baik bagi peserta maupun masyarakat, mengandung banyak perdebatan, dan actual atau sedang hangat diperbincangkan.
  2. Sesuai dengan pengetahuan peserta.
  3. Memiliki kejelasan. Kejelasan suatu masalah dapat dilihat dari gagasan sentralnya maupun ruang lingkupnya. Masalah yang terlalu kompleks dan terlalu luas dapat menyebabkan arena diskusi menjadi tidak berujung, mengambang, dan bertele-tele.
  4. sesuai dengan waktu dan situasi. Untuk memperoleh pemecahan masalah yang baik, hendaknya masalah diskusi disesuaikan dengan situasi dan waktu yang tersedia.
BACA JUGA:  Modul Analisis Isi Debat Kelas 10

Petunjuk Penggunaan Modul

Supaya belajar kalian dapat bermakna maka yang perlu kalian lakukan adalah:

  1. Pastikan kalian mengerti target kompetensi yang akan dicapai.
  2. Mulailah dengan membaca materi.
  3. Kerjakan soal latihannya.
  4. Jika sudah lengkap mengerjakan soal latihan, cobalah buka kunci jawaban yang ada pada bagian akhir dari modul ini. Hitunglah skor yang kalian peroleh.
  5. Jika skor masih dibawah 70, cobalah baca kembali materinya, usahakan jangan mengerjakan ulang soal yang salah sebelum kalian membaca ulang materinya.
  6. Jika skor kalian sudah minimal tujuh puluh, kalian bisa melanjutkan ke pembelajaran berikutnya.

Materi Pembelajaran

Modul ini terbagi menjadi 2 pertemuan, di dalam modul ini terdapat uraian materi, contoh soal, lembar kerja, soal latihan dan soal evaluasi.

  • Pertama : Esensi Debat
  • Kedua : Kaidah Kebahasaan dalam Debat

Modul ini sangat bermanfaat bagi kalian. Kalian dapat lebih peka memahami keadaan sekeliling kalian. Kepekaan kalian itu akan dapat digunakan untuk memahami informasi dalam bentuk tabel dan grafik. Jika ada kata-kata yang tidak dipahami, kalian dapat mencermati glosarium sebagai gambaran makna katanya. Kalian pasti bisa. DOWNLOAD PDF MODUL BAHASA INDONESIA LAINNYA

Demikian emodul SMA yang telah kami sajikan. Untuk mengakses modul SD, SMP, SMA lainnya, silahkan klik MODUL, kami ucapkan terima kasih kepada Ibu/Bapak Guru. Salam Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.