Modul Daya Hantar Listrik Pada Larutan Kelas 10

Modul Daya Hantar Listrik Pada Larutan Kelas 10

Modul Daya Hantar Listrik Pada Larutan Kelas 10 pdf kimia SMA KD 3.8 disusun oleh Rananda Vinsiah, S.Pd dari SMA Negeri Sumatera Selatan.

Harap Perhatikan Ibu/Bapak Guru! Ada dua (2) opsi di akhir postingan yaitu DOWNLOAD PDF untuk mengoleksi modul Daya Hantar Listrik Pada Larutan kelas 10 ini serta opsi MODUL KIMIA LAINNYA untuk mengakses koleksi lainnya.

Tampa berlama-lama, Yuk disimak Ibu/Bapak Guru!

Bacaan Lainnya

Identitas Modul

  • Mata Pelajaran : KIMIA
  • Kelas : X IPA
  • Alokasi Waktu : 4 Jam Pelajaran
  • Judul Modul : Daya Hantar Listrik Pada Larutan

Kompetensi Dasar

  • 3.8 Menganalisis sifat larutan berdasarkan daya hantar listriknya.
  • 4.8 Membedakan daya hantar listrik berbagai larutan melalui perancangan dan pelaksanaan percobaan.

Deskripsi Singkat Materi

Modul daya hantar listrik ini membahas tentang daya hantar listrik larutan. Berdasarkan daya hantar listriknya, larutan dapat dikelompokkan kedalam larutan elektrolit dan larutan non elektrolit.

Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan listrik, sedangkan larutan non elektrolit adalah larutan yang tidak dapat menghantarkan listrik.

Larutan elektrolit secara garis besar dikelompokkan kembali menjadi dua, yakni larutan elektrolit kuat dan larutan elektrolit lemah. Pada modul ini juga akan memberikan penjelasan terkait materi daya hantar listrik larutan terhadap reaksi pengionan yang terjadi pada larutan elektrolit.

Petunjuk Penggunaan Modul

Untuk memperlajari modul ini diperlukan materi prasyarat pada materi ikatan kimia karena dalam materi ini kalian diharapkan dapat menuliskan reaksi pengionan pada larutan elektrolit dan mengelompokkan jenis senyawa yang termasuk larutan elektrolit. Untuk menggunakan modul ikutlah langkah langkah di bawah ini:

  1. Bacalah peta konsep dan pahami sifat daya hantar listrik larutan.
  2. Berikan respon memahami materi pembelajaran dan contoh soal.
  3. Perdalam pemahamanmu tentang daya hantar listrik larutan dengan memahami rangkuman pembelajaran dan menghafal beberapa contoh senyawa dengan daya hantar listriknya, baru kemudian mengerjakan penugasan mandiri.
  4. Akhiri kegiatan dengan mengisi penilaian diri dengan jujur dan ulangi lagi pada bagian yang masih belum sepenuhnya di mengerti.
  5. Ulangi Langkah 2 sd 4 untuk kegiatan pembelajaran 2.
  6. Kerjakan soal evaluasi di akhir materi.

Materi Pembelajaran

Modul ini terbagi menjadi 2 kegiatan pembelajaran yang memuat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi.

  • Pertama : Daya Hantar Listrik Larutan
  • Kedua : Penggolongan Daya Hantar Listrik Larutan Elektrolit
DOWNLOAD PDF MODUL KIMIA LAINNYA

Demikian emodul SMA yang telah kami sajikan. Untuk mengakses modul SD, SMP, SMA lainnya, silahkan klik MODUL, kami ucapkan terima kasih kepada Ibu/Bapak Guru. Salam Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.