Modul Fenomena Kuantum Kelas 12

modul fenomena kuantum kelas 12

Modul Fenomena Kuantum Kelas 12 pdf fisika SMA KD 3.8 disusun oleh SAROJI, S.Pd, M.Pd dari SMAN 3 Semarang.

Harap Perhatikan Ibu/Bapak Guru! Ada dua (2) opsi di akhir postingan yaitu DOWNLOAD PDF untuk mengoleksi modul Fenomena Kuantum kelas 12 ini serta opsi MODUL FISIKA LAINNYA untuk mengakses koleksi lainnya.

Tampa berlama-lama, Yuk disimak Ibu/Bapak Guru!

Bacaan Lainnya

Identitas Modul

  • Nama Mata Pelajaran : Fisika
  • Kelas : XII/ Semester 2
  • Alokasi waktu : 8 jam pelajaran ( 2 x pertemuan)
  • Judul Modul : Fenomena Kuantum

Kompetensi Dasar

  • 3.8 Menganalisis secara kualitatif gejala kuantum yang mencakup sifat radiasi benda hitam, efek fotolistrik, efek Compton, dan sinar X dalam kehidupan sehari-hari.
  • 4.8 Menyajikan laporan tertulis dari berbagai sumber tentang penerapan efek fotolistrik, efek Compton, dan sinar X dalam kehidupan sehari-hari.

Deskripsi Singkat Materi

Peserta didik yang hebat, generasi masa depan “Indonesia Maju”. Semoga kalian selalu sehat, tetap semangat, dan tidak mudah mengeluh dalam menghadapi kesulitan. Yakinlah bahwa kesulitan yang kalian hadapi akan semakin memperkuat diri kalian untuk menjadi genenerasi yang lebih unggul.Selamat berjumpa di modul pembelajaran Fisika.

BACA JUGA:  Modul Relativitas Kelas 12

Tahukah kalian bahwa fisikapun memiliki cerita sejarah yang menarik?

Diantaranya adalah sejarah perkembangan produk-produk fisika (fakta, konsep, prinsip, postulat, teori, dan hukum). Ada pembagian periodesasi dalam fisika yaitu fisika klasik dan fisika modern.

Periode fisika klasik terjadi dalam rentang tahun 1600 hingga 1890an. Pada periode ini, gejala-gejala alamiah yang teramati oleh mauasia dapat dijelaskan dan diprediksi secara akurat dengan teori fisika klasik yaitu menanika Newton, elektromagnetika klasik, dan termodinamika.

Gerak benda dapat dijelaskan dengan hukum-hukum Newton sedangkan karakteristik cahaya seperti pemantulan, pembiasan, interferensi, difraksi, dan polarisasi dapat dijelaskan dengan teori elektromagnetika yang menganggap bahwa cahaya adalah gelombang elektromagnetik sesuai dengan teorinya Maxwell.

Gejala kelistrikan dan kemagnetan juga dapat dijelaskan dengan baik diantaranya menggunakan hukum Ohm dan hukum Faraday.

Seiring dengan berkembangnya berbagai peralatan untuk eksperimen, para ilmuan fisika menemukan bahwa ada beberapa fenomena baru yang tidak dapat dijelaskan menggunakan teori fisika klasik.

Fenomena-fenomena baru ini, dapat dijelaskan pada awal abad ke-20 dengan membuat konsep baru yaitu “mekanika kuantum” yang merupakan awal era fisika modern.

Dalam modul ini akan dibahas beberapa fenomena eksperimental yang tidak dapat dijelaskan dengan teori fisika klasik. Fenomena itu diantaranya adalah radiasi benda hitam, efek fotolistrik, dan efek Compton.

BACA JUGA:  Modul Relativitas Kelas 12

Petunjuk Penggunaan Modul

Agar modul dapat digunakan secara maksimal maka kalian diharapkan melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Pelajari dan pahami peta materi yang disajikan dalam setiap modul.
  2. Pelajari dan pahami tujuan yang tercantum dalam setiap kegiatan pembelajaran.
  3. Pelajari uraian materi secara sistematis dan mendalam dalam setiap kegiatan pembelajaran.
  4. Lakukan uji kompetensi di setiap akhir kegiatan pembelajaran untuk mengetahui tingkat penguasaan materi.
  5. Diskusikan dengan guru atau teman jika mengalami kesulitan dalam pemahaman materi. Lanjutkan pada modul berikutnya jika sudah mencapai ketuntasan yang diharapkan.

Materi Pembelajaran

Modul ini terbagi menjadi 2 kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi.

  • Pertama : Karakteristik Radiasi Benda Hitam dan Teori Kuantum
  • Kedua : Efek Fotolistrik, Efek Compton, dan Dualisme Gelombang Partikel
DOWNLOAD PDF MODUL FISIKA LAINNYA

Demikian emodul SMA yang telah kami sajikan. Untuk mengakses modul SD, SMP, SMA lainnya, silahkan klik MODUL, kami ucapkan terima kasih kepada Ibu/Bapak Guru. Salam Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.