Modul Grafik Fungsi Trigonometri Kelas 10

modul grafik fungsi trigonometri kelas 10

Modul Grafik Fungsi Trigonometri Kelas 10 pdf Matematika Umum SMA KD 3.10 disusun oleh Tinasari Pristiyanti dari SMA Negeri 3 Bogor.

Harap Perhatikan Ibu/Bapak Guru! Ada dua (2) opsi di akhir postingan yaitu DOWNLOAD PDF untuk mengoleksi modul Grafik Fungsi Trigonometri kelas 10 ini serta opsi MODUL MATEMATIKA LAINNYA untuk mengakses koleksi lainnya.

Tampa berlama-lama, Yuk disimak Ibu/Bapak Guru!

Bacaan Lainnya

Identitas Modul

  • Mata Pelajaran : Matematika Wajib
  • Kelas : X
  • Alokasi Waktu : 2 x 4 JP ( 8 JP)
  • Judul Modul : Fungsi Trigonometri

Kompetensi Dasar

  • 3.10 Menjelaskan fungsi trigonometri dengan menggunakan lingkaran satuan.
  • 4.10 Menganalisa perubahan grafik fungsi trigonometri akibat perubahan pada konstanta pada fungsi y = a Sin b (x+c) + d.

Deskripsi Singkat Materi

Ilmu Trigonometri ini tentunya memiliki penerapan dan manfaat dalam kehidupan sehari-hari kita, diantaranya pada bidang teknik sipil, arsitek bangunan, dan astronomi.

Misalnya dalam ilmu teknik sipil, ilmu trigonometri ini digunakan oleh seorang Surveyor (ahli ilmu ukur tanah).

Pengukuran tanah adalah salah satu cabang ilmu alam untuk menentukan posisi ruang dimendsi tiga dari suatu tempat pada permukaan bumi.

Yang paling sering kita jumpai adalah dalam ilmu arsitektur bangunan, ilmu trigonometri sering digunakan untuk menentukan sudut dalam proses pembuatan suatu bangunan atau gedung-gendung tinggi.

Para arsitek tersebut bekerja dengan menggunakan perbandingan trigonometri. Dalam dunia Teknik sipil, kita sering melihat seorang insinyur sipil dalam menguji kekuatan bangunan mengunakan getaran dan gelombang yang hasilnya berbentuk seperti grafik dibawah ini.

Fungsi trigonometri adalah fungsi yang menghubungkan besar sudut dengan perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku.

Nilai fungsi trigonometri ini digunakan untuk menentukan besar sudut atau panjang sisi suatu segitiga.

Ada tiga bentuk dasar dari sebuah fungsi trigonometri yaitu fungsi sinus, fungsi cosinus dan fungsi tangen.

Ketiga fungsi ini dapat dengan mudah digambarkan dengan bantuan satuan lingkaran sehingga diperoleh sebuah gambar grafik fungsi trigonometri. Grafik fungsi sinus dan fungsi cosinus akan membentuk sebuah gelombang yang berulang dan periodik.

Bentuk khas dari fungsi trigonometri ini maka dapat ditemukan karakteristik dari fungsi trigonometri jika terjadi perubahan pada amplitudo dan periodenya.

Petunjuk Penggunaan Modul

Materi bahasan pada modul ini terbagi menjadi dua kegiatan pembelajaran, yaitu:

  1. Kegiatan pembelajaran pertama membahas tentang menentukan nilai sebuah fungsi trigonometri dengan menggunakan bantuan lingkaran satuan dan menggambar grafik fungsi trigonometri yaitu sinus, cosinus dan tangen dengan menggunakan hasil yang diperoleh dari lingkaran satuan.
  2. Pembelajaran pertama terdiri dari tiga bagian, yaitu:
    • Pada bagian 1 silahkan kalian pelajari terkait dengan pembuatan grafik trigonometri sinus dengan menggunakan lingkaran satuan.
    • Pada bagian 2 silahkan kalian pelajari terkait dengan pembuatan grafik trigonometri cosinus dengan menggunakan lingkaran satuan.
    • Pada bagian 3 silahkan kalian pelajari terkait dengan pembuatan grafik trigonometri tangen dengan menggunakan lingkaran satuan.
  1. Pembelajaran kedua menganalisa perubahan grafik fungsi trigonometri akibat perubahan pada konstanta pada fungsi y = a sin b (x ± c) ± d, y = a cos b (x ± c) ± d dan y = a tan b (x ± c) ± d.
  2. Pahami tiap kegiatan dengan tuntas, jangan melanjutkan ke kegiatan berikutnya bila masih ada yang belum dipahami.
  3. Setiap kegiatan belajar dilengkapi dengan latihan yang menjadi alat ukur tingkat penguasaan kalian, setelah mempelajari modul ini.
  4. Jika kalian belum menguasai 80% dari latihan pada setiap kegiatan pembelajaran, maka kalian dapat mengulanginya kembali.
  5. Apabila kalian masih mengalami kesulitan dalam memahami materi yang ada dalam modul ini, silahkan berdiskusi dengan

Materi Pembelajaran

Modul ini terbagi menjadi 2 kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi.

  • Pertama : Fungsi trigonometri dan Menggambar grafik fungsi trigonometri
  • Kedua : Grafik fungsi trigonometri dalam bentuk y = a sin b (x ± c) ± d, y = a cos b (x ± c) ± d dan y = a tan b (x ± c) ± d
DOWNLOAD PDF MODUL MATEMATIKA LAINNYA

Demikian emodul SMA yang telah kami sajikan. Untuk mengakses modul SD, SMP, SMA lainnya, silahkan klik MODUL, kami ucapkan terima kasih kepada Ibu/Bapak Guru. Salam Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.