Modul Informasi Aktual Teks Ceramah Kelas 11

modul informasi aktual teks ceramah kelas 11

Modul Informasi Aktual Teks Ceramah Kelas 11 pdf Bahasa Indonesia SMA KD 3.5 disusun oleh Indri Anatya Permatasari, M.Pd dari SMA Negeri 56 Jakarta.

Harap Perhatikan Ibu/Bapak Guru! Ada dua (2) opsi di akhir postingan yaitu DOWNLOAD PDF untuk mengkoleksi modul Informasi Aktual Teks Ceramah kelas 11 ini serta opsi MODUL BAHASA INDONESIA LAINNYA untuk mengakses koleksi lainnya.

Tampa berlama-lama, Yuk disimak Ibu/Bapak Guru!

Bacaan Lainnya

Identitas Modul

  • Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
  • Kelas : XI
  • Alokasi Waktu : 4 x 45 menit (2 X pertemuan)
  • Judul Modul : Menganalisis Informasi Aktual dalam Ceramah

Kompetensi Dasar

  • 3.5 Mengidentifikasi informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah.
  • 4.5 Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah.

Deskripsi Singkat Materi

Selamat berjumpa kembali, sehat selalu untuk kalian, ya? Materi kita pada modul ini adalah mengidentifikasi informasi aktual dalam ceramah. Pasti kalian semua tahu dan pernah mendengarkan ceramah. Sebuah ceramah dapat disampaikan dengan berbagai tema. Tema-tema dalam ceramah dapat diambil dari pengalaman hidup penceramahnya, lingkungan, sosial, bahkan permasalahan yang sedang hangat terjadi.

BACA JUGA:  Modul Struktur dan Kebahasaan Teks Ceramah Kelas 11

Pernahkah kalian mendapat tugas untuk membuat resume atau ikhtisar dari ceramah keagamaan, pidato kepala sekolah, sambutan ketua panitia, atau lainnya? Pasti pernah.

Apa yang kalian tulis dalam resume atau ikhtisar tersebut? Kalian menuliskan hasil resume atau ikhtisar itu berupa informasi. Informasi tersebut dapat berupa nasihat, imbauan, permasalahan, dan lain-lain.

Akan tetapi, terkadang kalian juga bingung apa yang hendak kalian tulis atau informasi apa saja yang harus dituliskan kembali.

Nah, modul ini akan memberikan cara mengidentifikasi informasi berupa permasalahan aktual dan langkah-langkah dalam menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah yang kalian dengar. Kalian juga akan diberikan pemahaman tentang sebutan lain ceramah, yaitu pidato, khotbah, dan sambutan.

Petunjuk Penggunaan Modul

Supaya belajar kalian dapat bermakna maka yang perlu kalian lakukan adalah:

  1. Pastikan kalian mengerti target kompetensi yang akan dicapai.
  2. Mulailah dengan membaca materi.
  3. Kerjakan soal latihannya.
  4. Jika sudah lengkap mengerjakan soal latihan, cobalah buka kunci jawaban yang ada pada bagian akhir dari modul ini. Hitunglah skor yang kalian peroleh.
  5. Jika skor masih dibawah 70, cobalah baca kembali materinya, usahakan jangan mengerjakan ulang soal yang salah sebelum kalian membaca ulang materinya.
  6. Jika skor kalian sudah minimal tujuh puluh, kalian bisa melanjutkan ke pembelajaran berikutnya.
BACA JUGA:  Modul Struktur dan Kebahasaan Teks Ceramah Kelas 11

Materi Pembelajaran

Modul ini terbagi menjadi 2 kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian Modul ini terbagi menjadi 2 pertemuan, di dalam modul ini terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi.

  • Pertama : Informasi berupa permasalahan aktual dalam ceramah.
  • Kedua : Bagian-bagian penting dari permasalahan aktual.

Modul ini akan sangat bermanfaat bagi kalian. Kalian dapat lebih peka memahami keadaan sekeliling kalian. Kepekaan kalian itu akan dapat digunakan untuk mengidentifikasi informasi berupa permasalahan aktual.

Jika ada kata-kata yang tidak dipahami, kalian dapat mencermati glosarium sebagai gambaran makna katanya.

Bagaimana, pasti penasaran ingin mengetahui lebih lanjut lagi? DOWNLOAD PDF MODUL BAHASA INDONESIA LAINNYA

Demikian emodul SMA yang telah kami sajikan. Untuk mengakses modul SD, SMP, SMA lainnya, silahkan klik MODUL, kami ucapkan terima kasih kepada Ibu/Bapak Guru. Salam Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.