Modul Keragaman Budaya Bangsa Sebagai Identitas Nasional Kelas 11

modul keragaman budaya bangsa sebagai identitas nasional kelas 11

Modul Keragaman Budaya Bangsa Sebagai Identitas Nasional Kelas 11 pdf geografi SMA KD 3.6 disusun oleh Kasman, S.Pd., M.Pd dari SMA Negeri 1 Makassar.

Harap Perhatikan Ibu/Bapak Guru! Ada dua (2) opsi di akhir postingan yaitu DOWNLOAD PDF untuk mengoleksi modul Keragaman Budaya Bangsa Sebagai Identitas Nasional kelas 11 ini serta opsi MODUL GEOGRAFI LAINNYA untuk mengakses koleksi lainnya.

Tampa berlama-lama, Yuk disimak Ibu/Bapak Guru!

Bacaan Lainnya

Identitas Modul

  • Mata Pelajaran : Geografi
  • Kelas : XI
  • Alokasi Waktu : 12 Jam Pelajaran (3 x pertemuan)
  • Judul Modul : Keragaman Budaya Bangsa Sebagai Identitas Nasional

Kompetensi Dasar

  • 3.6 Menganalisis keragaman budaya bangsa sebagai identitas nasional berdasarkan keunikan dan sebaran.
  • 3.7 Membuat peta sebaran budaya sebagai bagian budaya nasional.

Deskripsi Singkat Materi

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan wilayah yang terbentang sangat luas. Selain itu, Indonesia juga memiliki keanekaragaman hayati, nabati, serta beragam kebudayaan, adat istiadat, dengan ciri khasnya masing-masing.

Keadaan ini menyebabkan Indonesia memiliki daya tarik tersendiri bagi warga negara lain. Kebudayaan memiliki beragam sifat dan karakteristik khas yang berlandaskan keluhuran budi, karena kebudayaan selalu bersifat tertib, berfaedah, serta memiliki rasa damai dan ketenangan.

Kebudayaan merupakan jati diri bangsa, ciri khas bangsa yang memiliki keistimewaan, oleh karena itu menjaga nilai kebudayaan merupakan hal penting agar kebudayaan terjaga kelertariannya.

Kebudayaan juga merupakan cerminan kebiasaan yang nilai-nilai luhurnya perlu dilestarikan agar anak cucu kita kita tidak terkecoh dan terbawa arus kebudayaan asing baik secara sadar maupun tidak.

Kebudayaan juga penting karena memiliki nilai-nilai luhur, berbagai cara perlu dilakukan agar warisan bangsa yang sangat berharga ini tetap terjaga dan tidak terinfiltrasi oleh budaya asing yang tidak sesuai dengan budaya bangsa.

Generasi muda sebagai generasi penerus bangsa sudah sepantasnya melestarikan budaya lokal di daerah kita agar kebudayaan tersebut tak hilang termakan zaman.

Betapa berharganya nilai kebudayaan suatu bangsa terlebih Indonesia memiliki bermacam macam suku, bahasa, adat istiadat dan lain lain yang memiliki arti penting sebagai identitas bangsa.

Materi Pembelajaran

Modul ini terbagi menjadi 3 kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi.

  • Pertama : Pengaruh Faktor Geografis Terhadap Keragaman Budaya Indonesia.
  • Kedua : Pembentuk Kebudayaan Nasional dan Persebaran Budaya Indonesia.
  • Ketiga : Pemanfaatan produk dan Pelestarian kebudayaan sebagai bagian kebudayaan global.
DOWNLOAD PDF MODUL GEOGRAFI LAINNYA

Demikian emodul SMA yang telah kami sajikan. Untuk mengakses modul SD, SMP, SMA lainnya, silahkan klik MODUL, kami ucapkan terima kasih kepada Ibu/Bapak Guru. Salam Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.