Modul Konsep Dasar Perubahan Entalpi Kelas 11

modul konsep dasar perubahan entalpi kelas 11

Modul Konsep Dasar Perubahan Entalpi Kelas 11 pdf kimia SMA KD 3.4 disusun oleh Wahyu Sriyanto, S.Pd dari SMAN 1 Karangsambung.

Harap Perhatikan Ibu/Bapak Guru! Ada dua (2) opsi di akhir postingan yaitu DOWNLOAD PDF untuk mengoleksi modul Konsep Dasar Perubahan Entalpi kelas 11 ini serta opsi MODUL KIMIA LAINNYA untuk mengakses koleksi lainnya.

Tampa berlama-lama, Yuk disimak Ibu/Bapak Guru!

Bacaan Lainnya

Identitas Modul

  • Mata Pelajaran : Kimia
  • Kelas : XI
  • Alokasi Waktu : 4 Jam Pelajaran
  • Judul Modul : Perubahan Entalpi

Kompetensi Dasar

  • 3.4 Menjelaskan konsep perubahan entalpi reaksi pada tekanan tetap dalam persamaan termokimia.
  • 4.4 Menyimpulkan hasil analisis data percobaan termokima pada tekanan tetap.

Deskripsi Singkat Materi

Salam jumpa siswa sekalian, semoga kalian selalu sehat dan semangat dalam belajar. Pada modul ini kalian akan mempelajari konsep perubahan entalpi reaksi pada tekanan tetap dalam persamaan termokimia.

Termokimia adalah cabang ilmu kimia yang mempelajari tentang perubahan energi pada perubahan kmia dan fisika. Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja. Energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan, energi hanya dapat berubah dari bentuk satu ke bentuk yang lain.

BACA JUGA:  Modul Jenis-Jenis Dan Penentuan Entalpi Reaksi Kelas 11

Salah satu bentuk energi tersebut adalah kalor, yang dapat dideteksi dengan cara mengukur suhu suatu zat. Makin tinggi suhunya, kalor yang dikandung semakin tinggi.

Kalor merupakan salah satu bentuk energi yang dapat dipertukarkan antara sistem dan lingkungan. Perpindahan kalor pasti terjadi dari suatu zat yang memiliki suhu tinggi menuju suhu yang lebih rendah.

Kalor reaksi adalah perubahan energi dalam reaksi kimia dalam bentuk kalor. Besarnya perubahan entalpi adalah sama dengan besarnya kalor yang dipindahkan dari sistem ke lingkungan atau sebaliknya, di mana sistem adalah segala sesuatu yang menjadi pusat pengamatan, sedangkan lingkungan adalah segala sesuatu di liar sistem.

Apabila terjadi pelepasan kalor oleh sistem maka disebut reaksi eksoterm, tetapi apabila sistem menyerap kalor maka disebut reaksi endoterm.

Besarnya perubahan entalpi yang menyertai pada suatu reaksi apabila dituliskan maka disebut persamaan termokimia. Apabila suatu reaksi dituliskan pada diagram tingkat energi maka akan menghasilkan diagram entalpi.

Petunjuk Penggunaan Modul

Para siswaku yang hebat, agar kalian dapat mencapai kompetensi yang diharapkan, dalam mempelajari modul ini silahkan ikuti petunjuk-petunjuk sebagai berikut:

  1. Bacalah modul ini secara berurutan dan berusahalah untuk memahami isinya karena materi ini akan menjadi prasyarat pada materi selanjutnya.
  2. Pelajari modul ini secara bertahap dalam satu kegiatan pembelajaran.
  3. Untuk mengetahui pemahamanmu terhadap materi yang dipelajari, jawablah setiap pertanyaan yang ada latihan soal, uji pemahaman diri serta pada kegiatan evaluasi!
  4. Jika ada materi yang belum kalian pahami, maka baca dan pelajari kembali peta konsep dan deskripsi serta uraian materi pada modul ini dengan seksama.
  5. Pelajari soal dan penjelasan penyelesaiannya pada latihan soal dengan seksama serta dengan pemahaman, bukan dengan cara dihafalkan.
  6. Dalam mengerjakan soal, baik itu latihan soal maupun evaluasi, berusahalah kalian mengerjakan sesuai dengan kemampuan kalian, belajarlah percaya diri dengan tidak melihat kunci jawaban terlebih dahulu sebelum kalian menyelesaikan soal-soal tersebut. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan kemudahan bagi kalian dalam mempelajari materi pada modul ini.
BACA JUGA:  Modul Jenis-Jenis Dan Penentuan Entalpi Reaksi Kelas 11

Materi Pembelajaran

Para siswa yang kami banggakan, pada modul ini terdapat 1 kegiatan pembelajaran yang di dalamnya terdapat konsep, uraian materi, soal latihan dan soal evaluasi mengenai:

  • Pengertian perubahan Entalpi
  • Sistem dan lingkungan
  • Jenis reaksi berdasarkan perubahan energi
  • Persamaan termokimia
  • Diagram tingkat energi
DOWNLOAD PDF MODUL KIMIA LAINNYA

Demikian emodul SMA yang telah kami sajikan. Untuk mengakses modul SD, SMP, SMA lainnya, silahkan klik MODUL, kami ucapkan terima kasih kepada Ibu/Bapak Guru. Salam Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.