Modul Konsep Wilayah Dalam Perencanaan Tata Ruang Kelas 12

modul konsep wilayah dalam perencanaan tata ruang kelas 12

Modul Konsep Wilayah Dalam Perencanaan Tata Ruang Kelas 12 pdf geografi SMA KD 3.1 disusun oleh SOFYANTO, S.Pd., M.Pd dari SMA Negeri 15 Medan.

Harap Perhatikan Ibu/Bapak Guru! Ada dua (2) opsi di akhir postingan yaitu DOWNLOAD PDF untuk mengoleksi modul Konsep Wilayah Dalam Perencanaan Tata Ruang kelas 12 ini serta opsi MODUL GEOGRAFI LAINNYA untuk mengakses koleksi lainnya.

Tampa berlama-lama, Yuk disimak Ibu/Bapak Guru!

Bacaan Lainnya

Identitas Modul

  • Mata Pelajaran : Geografi
  • Kelas : XII
  • Alokasi Waktu : 3 X 4 JP
  • Judul Modul : Konsep Wilayah dalam Perencanaan Tata Ruang

Kompetensi Dasar

  • 3.1 Memahami konsep wilayah dan pewilayahan dalam perencanaan tata ruang wilayah nasional, provinsi, dan kabupaten/kota.
  • 4.1 Membuat peta pengelompokan penggunaan lahan di wilayah kabupaten/kota/ provinsi berdasarkan data wilayah setempat.
BACA JUGA:  Modul Pola Keruangan Desa dan Kota Kelas 12

Deskripsi Singkat Materi

Anak-anak hebat Indonesia yang inspiratif di wilayah tropis. Semoga disanubari, rasa nasionalisme dan cinta tanah air terus berkibar demi kemajuan negeri Indonesia.

Teruslah bersyukur atas nikmat dan karunia yang diberikanNya, sehingga kita dapat terus belajar demi meraih cita-cita.

Jadilah generasi emas yang mencintai bangsa Indonesia yang membentang dari Pulau Benggala sampai Pulau Papua, Pulau Mianggas sampai Pulau Ndana.

Indonesia yang kaya dengan sumber daya alam yang membentang di perairan dan daratan yang dipisahkan berbagai pulau. Musim penghujan dan kemarau menjadi penghias iklim tahunan di Indonesia menjadikan perbedaan wilayah satu dengan wilayah lainnya.

Perbedaan karakteritik bentang alam pegunungan, pantai begitu unik sehingga butuh perencanaan dan pengelolaan sesuai dengan tata ruang yang tepat untuk kemajuan bersama.

Perbedaan wilayah maju, sedang dan tertinggal mempengaruhi berbagai kebijakan pemerintah untuk menata wilayah Indonesia agar menjadi ruang kehidupan yang layak bagi penduduk Indonesia. Wilayah yang luas butuh kebijakan yang “merakyat” sehingga ada peningkatan kualitas penduduk secara merata.

BACA JUGA:  Modul Pemanfaatan Peta, Penginderaan Jauh Dan Sistem Informasi Geografis (SIG) Kelas 12

Untuk itu, sebagai generasi muda perlu belajar memahami wilayah Indonesia sebagai bekal untuk membangun kehidupan masa depan yang lebih sejahtera.

Materi Pembelajaran

Modul ini terbagi menjadi 3 kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi.

  • Pertama : Konsep Wilayah dan Pewilayahan.
  • Kedua : Pembangunan dan Pertumbuhan Wilayah.
  • Ketiga : Perencanaan Tata Ruang Wilayah Nasional, Provinsi, dan Kabupaten/Kota.
DOWNLOAD PDF MODUL GEOGRAFI LAINNYA

Demikian emodul SMA yang telah kami sajikan. Untuk mengakses modul SD, SMP, SMA lainnya, silahkan klik MODUL, kami ucapkan terima kasih kepada Ibu/Bapak Guru. Salam Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.