Modul Mewaspadai Ancaman Terhadap NKRI Kelas 11

modul mewaspadai ancaman terhadap nkri kelas 11

Modul Mewaspadai Ancaman Terhadap NKRI kelas 11 pdf PPKn SMA KD 3.5 disusun oleh ROSALINAH M.PD dari SMAN 1 DEPOK.

Harap Perhatikan Ibu/Bapak Guru! Ada dua (2) opsi di akhir postingan yaitu DOWNLOAD PDF untuk mengkoleksi modul Mewaspadai Ancaman Terhadap NKRI kelas 11 ini serta opsi MODUL PKN SMA LAINNYA untuk mengakses koleksi lainnya.

Tampa berlama-lama, Yuk disimak Ibu/Bapak Guru!

Bacaan Lainnya

Identitas Modul

  • Mata Pelajaran : PPKn
  • Kelas : XI
  • Alokasi Waktu : 4 X 45 Menit (2 kali pertemuan)
  • Judul Modul : Mewaspadai Ancaman terhadap NKRI

Kompetensi Dasar

  • 3.5 : Mengkaji kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.
  • 4.5 : Merancang dan melakukan penelitian sederhana tentang potensi ancaman terhadap terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.

Deskripsi Singkat Materi

Indonesia adalah negara yang mempunyai posisi sangat stretegis di dunia. Indonesia juga memilki keanekaragaman yang sangat banyak, sehingga memungkinkan menimbulkan potensi adanya ancaman, tantangan, hambatan serta gangguan dalam stabilitas nasional dan memecah persatuan dan kesatuan bangsa sera keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Modul ini menuntun kalian untuk mendalami strategi dalam membangun integrasi nasional, sehingga kalian dapat mengenali berbagai macam jenis ancaman bagi integrasi Bangsa Indonesia, menganalisis strategi yang diterapkan bangsa Indonesia untuk mengatasi ancaman-ancaman tersebut, serta dapat memahami makna ancaman terhadap negara kesatuan republik Indonesia, dan mewaspadai ancaman yang mungkin terjadi serta membuat strategi dalam mencapai ketahanan nasional.

Pentingnya kalian memahami bentuk – bentuk ancaman yang terjadi dalam bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, dan pertahanan dan keamanan baik yang dalam bentuk militer ataupun nirmiliter. Dengan memahami materi pada bab ini, diharapkan kalian dapat mewaspadai segala bentuk ancaman yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan dapat turut menjaga ketahanan nsional.

Petunjuk Penggunaan Modul

Untuk memudahkan Kalian dalam mempelajari dan memahami Modul ini, berikut beberapa petunjuk yang perlu Kalian perhatikan

  1. Bacalah modul ini secara keseluruhan dengan seksama.
  2. Upayakan Kalian mempelajarinya dengan sungguh sungguh Modul ini secara mandiri dan Jika mengalami kendala dalam memahaminya kalian dapat berdiskusi dengan teman sebaya atau Kakak/orang dewasa yang dirasa dapat membantu pemahaman Kalian tentang Materi dalam Modul ini.
  3. Kerjakan penugasan mandiri, latihan soal dan evaluasi yang tersedia dengan sungguh-sungguh dan dilandasi dengan kejujuran, sehingga Kalian dapat mengetahui sampai dimana penguasaan materi dalam modul ini.
  4. Setelah mempelajari modul ini, diharapkan Kalian dapat memahami pentingnya mewaspadai Anacaman terhadap Negara Kesatuan republik Indonesia yang sangat beragam ini, sehingga tercipta persatuan dan kesatuan bangsa.
  5. Selanjutnya diharapkan pula Kalian dapat menunjukan sikap dan perilaku yang mendukung terciptanya persatuan dan kesatuan bagi Bangsa Indonesia.

Materi Pembelajaran

Modul ini terbagi menjadi 2 kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi.

  • Pertama : Ancaman di bidang ideologi, politik, ekonomi sosial, budaya, dan pertahanan dan kemanan terhadap integrasi nasional dan dalam membangun strategi nasional.
  • Kedua : Strategi mengatasi berbagai ancaman di bidang ideologi, politik, ekonomi sosial, budaya, pertahanan dan keamanan dalam membangun strategi nasional dan persepktif Ketahanan Nasional.
DOWNLOAD PDF MODUL PKN SMA LAINNYA

Demikian emodul SMA yang telah kami sajikan. Untuk mengakses modul SD, SMP, SMA lainnya, silahkan klik MODUL, kami ucapkan terima kasih kepada Ibu/Bapak Guru. Salam Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.