Modul Nilai-Nilai Dalam Buku Fiksi dan Nonfiksi Kelas 12

modul nilai-nilai dalam buku fiksi dan nonfiksi kelas 12

Modul Nilai-Nilai Dalam Buku Fiksi dan Nonfiksi Kelas 12 pdf Bahasa Indonesia SMA KD 3.1 disusun oleh Wiwik Dwi Hartuti, S.Pd., M.Pd dari SMAN 2 Ciamis.

Harap Perhatikan Ibu/Bapak Guru! Ada dua (2) opsi di akhir postingan yaitu DOWNLOAD PDF untuk mengkoleksi modul Nilai-Nilai Dalam Buku Fiksi dan Nonfiksi kelas 12 ini serta opsi MODUL BAHASA INDONESIA LAINNYA untuk mengakses koleksi lainnya.

Tampa berlama-lama, Yuk disimak Ibu/Bapak Guru!

Bacaan Lainnya

Identitas Modul

  • Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
  • Kelas : XII
  • Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
  • Judul Modul : Nilai-nilai dalam Buku Nonfiksi dan Drama

Kompetensi Dasar

  • 3.14 Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama.
  • 4.14 Menulis refleksi tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi).

Deskripsi Singkat Materi

Anak-anak hebat, selamat bertemu kembali di modul pembelajaran kita. Seperti yang kita ketahui bahwa pada pelajaran Bahasa Indonesia, materi setiap semester memuat kompetensi untuk melakukan kegiatan membaca baik buku fiksi maupun nonfiksi.

Kegiatan ini banyak memberikan manfaat dan pengaruh positif bagi siswa dalam hal meningkatkan kegemaran dan kemampuan membaca.

BACA JUGA:  Modul Nilai-Nilai Dalam Buku Pengayaan Kelas 12

Modul pembelajaran ini membahas materi tentang kompetensi dasar mengidentifikasi buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama.

Kegiatan ini sangat bermanfaat karena tidak hanya buku nonfiksi yang dapat mencerdaskan Kalian, tetapi buku fiksi pun memiliki manfaat yang sama dengan buku non fiksi.

Itu berarti pada semester ini, sesuai dengan Kompetensi Dasar, kalian mendapat tugas literasi untuk membaca 2 buku, yaitu satu buah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buah buku drama (fiksi)

Dua jenis buku itu benar-benar harus kalian baca secara utuh, bukan hanya sinopsisnya. Siapkan terlebih dahulu buku nonfiksi dan buku drama yang akan kalian baca, carilah buku di perpustakaan sekolah atau perpustakaan lain yang ada di daerah kalian. Jika kalian memiliki fasilitas, kalian bisa menggunakan buku elektronik.

Petunjuk Penggunaan Modul

Agar belajar kalian mudah dan bermanfaat, ada beberapa hal yang perlu kalian lakukan:

  1. Kalian harus menyiapkan terlebih dahulu satu buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama. Kalian bisa memilih buku yang menarik dan bermanfaat untuk kalian.
  2. Modul ini dapat kalian pelajari secara mandiri atau kelompok, baik di sekolah maupun diluar sekolah.
  3. Kalian pelajari modul ini dengan membaca, melihat dan mengamati hal-hal yang berhubungan dengan materi tersebut atau kalian dapat menambah wawasan dari berbagai sumber lain.
  4. Diskusikan dengan teman kalian, atau membentuk kelompok diskusi yang efektif.
  5. Kerjakan Tugas/latihan, praktik menulis dan evaluasi yang ada pada modul ini sampai selesai dengan tidak melihat kunci jawaban terlebih dahulu.
  6. Jika sudah lengkap mengerjakan soal latihan, buikalah kunci jawaban dan hitunglah skor yang kalian peroleh.
  7. Jika skor masih dibawah 70, cobalah baca kembali materinya, usahakan jangan mengerjakan ulang soal yang salah sebelum kalian membaca ulang materinya.
  8. Jika skor kalian sudah minimal tujuh puluh, kalian bisa melanjutkan ke pembelajaran berikutnya
BACA JUGA:  Modul Analisis Buku Fiksi dan Nonfiksi Kelas 10

Materi Pembelajaran

Modul ini terdiri 2 kegiatan, di dalam modul ini terdapat uraian materi, contoh hasil kegiatan, tugas/latihan praktik menulis, dan soal evaluasi.

  • Pertama : Mengidentifikasi nilai-nilai dalam buku pengayaan (nonfiksi).
  • Kedua : Mengidentifikasi nilai-nilai dalam buku drama (fiksi).

Modul ini sangat bermanfaat bagi kalian. Selain dapat lebih meningkatkan kegemaran membaca buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi), kalian juga dapat menambah berbagai ilmu yang didapat dari buku pengayan, serta dapat belajar menjalani kehidupan ini dengan mempelajari karakter tokoh pada drama (fiksi) yang kalian baca.

Jika ada kata-kata yang tidak kalian pahami, kalian dapat mencermati glosarium sebagai gambaran makna katanya. Semoga kalian selalu semangat untuk membaca buku baik pengayaan (nonfiksi dan fiksi. DOWNLOAD PDF MODUL BAHASA INDONESIA LAINNYA

Demikian emodul SMA yang telah kami sajikan. Untuk mengakses modul SD, SMP, SMA lainnya, silahkan klik MODUL, kami ucapkan terima kasih kepada Ibu/Bapak Guru. Salam Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.