Modul Nilai-Nilai Dan Kebahasaan Teks Cerita Kelas 10

modul nilai-nilai dan kebahasaan teks cerita kelas 10

Modul Nilai-Nilai Dan Kebahasaan Teks Cerita Kelas 10 pdf Bahasa Indonesia SMA KD 3.8 disusun Sumiati dari SMAN 17 Makassar.

Harap Perhatikan Ibu/Bapak Guru! Ada dua (2) opsi di akhir postingan yaitu DOWNLOAD PDF untuk mengkoleksi modul Nilai-Nilai Dan Kebahasaan Teks Cerita kelas 10 ini serta opsi MODUL BAHASA INDONESIA SMA LAINNYA untuk mengakses koleksi lainnya.

Tampa berlama-lama, Yuk disimak Ibu/Bapak Guru!

Bacaan Lainnya

Identitas Modul

  • Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
  • Kelas : X
  • Alokasi waktu : 4 X 45 menit
  • Judul Modul : Perbandingan Nilai-nilai dan Kebahasaan Cerita Rakyat dan Cerpen

Kompetensi Dasar

  • 3.8 Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.
  • 4.8 Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai lisan atau tertulis.

Deskripsi Singkat Materi

Selamat untuk kalian sudah belajar bahasa Indonesia dengan baik. Sekarang sudah sampai pada pembelajaran dengan materi cerita rakyat.

Mempelajari karya tersebut sangatlah mengasyikkan. Sudah siapkah kalian?

Persiapan kalian yang utama adalah kalian dalam keadaan sehat sehingga dapat mempelajari modul ini dengan baik. Pada modul ini, kalian akan mempelajari materi cerita rakyat.

Cerita rakyat merupakan cerita yang berasal dari masyarakat dan berkembang dalam masyarakat pada masa lampau yang menjadi ciri khas disetiap bangsa yang mempunyai kultur budaya yang beraneka ragam yang mencakup kekayaan budaya dan sejarah yang dimiliki masing-masing bangsa.

Hikayat merupakan salah satu contoh cerita rakyat. Semua genre teks memiliki karakteristik, nilai dan kaidah kebahasaan tertentu.

Demikian juga dengan teks cerita sejarah. Pada kesempatan kali ini kalian akan membandingkan cerita sejarah dengan cerpen dari segi nilai-nilai dan kebahasaan.

Kemudian pada pembelajaran selanjutnya kalian akan mengembangkan cerita yang ada pada cerita cerita sejarah menjadi cerpen.

Petunjuk Penggunaan Modul

Supaya belajar kalian dapat bermakna maka yang perlu kalian lakukan adalah:

  1. Pastikan kalian mengerti target kompetensi yang akan dicapai.
  2. Mulailah dengan membaca materi.
  3. Kerjakan soal latihannya.
  4. Jika sudah lengkap mengerjakan soal latihan, cobalah buka kunci jawaban yang ada pada bagian akhir dari modul ini. Hitunglah skor yang kalian peroleh.
  5. Jika skor masih dibawah 70, cobalah baca kembali materinya, usahakan jangan mengerjakan ulang soal yang salah sebelum kalian membaca ulang materinya.
  6. Jika skor kalian sudah minimal tujuh puluh, kalian bisa melanjutkan ke pembelajaran berikutnya.

Cocokkanlah jawaban kalian dengan kunci jawaban latihan soal/ evaluasi yang terdapat di bagian akhir kegiatan pembelajaran dan akhir evaluasi. Hitunglah jawaban yang benar. Kemudian, gunakan rumus berikut untuk mengetahui tingkat penguasaan kalian terhadap materi.

Materi Pembelajaran

Modul ini terbagi menjadi 2 kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi.

  • Pertama : Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.
  • Kedua : Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen.

Modul ini sangat bermanfaat bagi kalian. Kalian dapat memahami nlai-nilai dan kebahasaan dalam surat lamaran pekerjaan. Dan yang lebih penting lagi kalian akan merekonstruksi cerita rakyat ke dalam cerpen.

Menarik bukan? Semoga kalian lebih mengetahui pentingnya memahami nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat.

Memahami ketentuan mengontruksi cerita rakyat menjadi cerpen dengan baik. Semoga dengan mengikuti pembelajaran tersebut kalian dapat membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerita pendek, sehingga nantinya dapat merekontruksi cerita rakyat ke dalam cerpen.

Apabila masih ada kata-kata atau istilah yang tidak dipahami, kalian dapat mencermati glosarium untuk memperjelas makna. Kalian pasti bisa. DOWNLOAD PDF MODUL BAHASA INDONESIA LAINNYA

Demikian emodul SMA yang telah kami sajikan. Untuk mengakses modul SD, SMP, SMA lainnya, silahkan klik MODUL, kami ucapkan terima kasih kepada Ibu/Bapak Guru. Salam Merdeka Belajar!

REKOMENDASI UNTUK ANDA