Modul Permainan Bulutangkis Kelas 10

modul permainan bulutangkis kelas 10

Modul Permainan Bulutangkis Kelas 10 pdf PJOK SMA KD 3.2 disusun oleh WIDYANTORO, S.Pd dari SMA Negeri 9 Bogor.

Harap Perhatikan Ibu/Bapak Guru! Ada dua (2) opsi di akhir postingan yaitu DOWNLOAD PDF untuk mengoleksi modul Permainan Bulutangkis kelas 10 ini serta opsi MODUL PJOK LAINNYA untuk mengakses koleksi lainnya.

Tampa berlama-lama, Yuk disimak Ibu/Bapak Guru!

Bacaan Lainnya

Identitas Modul

  • Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
  • Kelas : X
  • Alokasi Waktu : 3 Jam Pelajaran
  • Judul Modul : Permainan Bulutangkis

Kompetensi Dasar

  • 3.2 Menganalisis keterampilan gerak salah satu permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik*
  • 4.2 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak salah satu permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik*

Deskripsi Singkat Materi

Permainan bulutangkis di Indonesia sangat digemari dari zaman dulu hingga sekarang. Kalian pasti ingat bahwa permainan bulutangkis Indonesia cukup disegani di dunia Internasional. Permainan bulutangkis adalah sebuah cabang olahraga yang dilakukan dengan cara memukul dan menangkis bola yang terbuat dari bulu.

Bulutangkis atau badminton merupakan sebuah olahraga raket yang dalam permainannya dilakukan oleh dua orang yaitu satu lawan satu untuk permainan tunggal. Ataupun permainan ganda memakai dua pasangan yang saling berlawanan.

Permainan olahraga ini hampir sama dengan tenis. Mirip dengan tenis, bulutangkis dimainkan dengan pemain di satu sisi bertujuan memukul bola permainan (“kok” atau “shuttlecock”) melewati net agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan. Pemain juga harus mencoba mencegah lawannya melakukan hal tersebut kepadanya.

Bulutangkis adalah permainan yang mudah dilakukan mengingat raketnya yang ringan, serta bola yang berjalan lurusdan teratur tanpa putaran.

Keberadaan bulutangkis ini sangat diterima oleh masyarakat luas. Sehingga keberadaannya hingga menjarah ke seluruh dunia. Tujuan dari permainan bulutangkis ini sendiri yaitu mengumpulkan poin hingga mencapai 21. Pemain yang mampu mengumpulkan poin hingga 21 terlebih dahulu berarti ialah yang memenangkan permainan.

BACA JUGA:  Modul Permainan Bola Voli Kelas 10

Permainan bulutangkis ini dapat dimainkan di dalam maupun di luar ruangan. Di atas lapangan dibatasi dengan garis-garis dengan ukuran panjang dan lebar tertentu.

Lapangan dibagi dua sama besar dan dipisahkan oleh net yang ditanam di pinggir lapangan. Karena itu penguasaan teknik dan lapangan adalah modal utama dalam permainan bulutangkis. Jika kalian kelak ingin menjadi pemain bulutangkis yang handal dan profesional, maka rajin-rajinlah belajar dan berlatih.

Petunjuk Penggunaan Modul

Salam PJOK … Salam olahraga … Salam sehat …

Kebermanfaatan modul ini bergantung sepenuhnya dari cara kalian menggunakan dan memanfaatkannya. Agar pembelajaran yang dilakukan dapat berhasil secara optimal, maka baca dan pelajari petunjuk penggunaan modul di bawah ini secara cermat.

  1. Pelajari modul ini secara berurutan halaman demi halaman. Jangan mamaksakan diri untuk menyelesaikan modul ini, sebelum menguasai bagian demi bagian dalam modul ini secara baik.
  2. Modul ini dapat kalian pelajari secara mandiri atau berkelompok (di sekolah maupun di luar sekolah), melalui diskusi, demonstrasi, simulasi atau tanya jawab.
  3. Pelajari modul ini dengan membaca, melihat dan mengamati contoh-contoh dari gambar atau jika memungkinkan, kalian dapat mengakses informasi dari website yang tertulis pada modul ini.
  4. Pelajari sumber-sumber belajar lainnya tentang pembelajaran atau latihan berkenaan dengan materi pokok. Pilihlah materi yang tepat dan sesuaikan dengan kompetensi serta tujuan pembelajaran yang diharapkan.
  5. Jika ada kesulitan dalam mempelajari modul ini, kalian bisa berdiskusi dengan teman. Jika belum mendapatkan jawaban yang memuaskan, tanyakan kepada guru atau sumber lainnya yang ada di sekitar kalian.
  6. Setiap kegiatan belajar dilengkapi dengan tugas mandiri, latihan soal, dan penilaian diri untuk lebih mengausai materi pembelajaran. Kerjakan tugas mandiri, latihan soal, dan penilaian diri yang ada pada modul ini.
  7. Apabila hasil tugas mandiri, latihan, dan peniaian diri yang kalian lakukan belum mencapai target 70% dari setiap kegiatan, maka kalian harus mengulang mempelajari kegiatan pembelajaran yang belum tuntas.
  8. Untuk mengukur pencapaian target pembelajaran keseluruhan dari modul ini kalian harus mengerjakan evaluasi di akhir pembelajaran modul.
  9. Kalian dapat melihat pembahasan dan jawaban terkait tugas mandiri, latihan soal, dan evaluasi di halaman akhir setiap kegiatan pembelajaran/evaluasi setelah kalian selesai mengerjakannya (Ingat! kerjakan semua tugas terlebih dahulu).
  10. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan/pendinginan dan peregangan otot/persendian secara baik dan benar, setiap kalian melakukan aktivitas latihan fisik agar terhindar dari cedera.
BACA JUGA:  Modul Senam Lantai Kelas 10

Materi Pembelajaran

Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalamkesempatan ini kalian akan belajar tentang modul bulutangkis. Tentunya kalian selalu sehat dan tetap semangat dalam belajar.

Di Indonesia, olahraga bulutangkis sangat populer dan para atletnya sering mencetak prestasi membanggakan di pertandingan internasional. Kalian pun bisa seperti para atlet tersebut yang dapat mengharumkan nama Indonesia. Namun tentu harus dimulai dari niat dan semangat tinggi untuk terus berlatih dan berusaha.

Bulutangkis memang terlihat mudah dilakukan, tetapi olahraga ini butuh latihan dan kerja keras tinggi untuk benar-benar bisa menguasainya. Belum lagi ada sederet peraturan yang harus kalian pahami apabila berniat menekuni olahraga yang satu ini.

Ada beberapa hal yang harus kalian pahami terlebih dahulu soal bulu tangkis, baik itu sejarah, teknik, dasar, maupun peraturannya. Dalam permainan bulu tangkis ada banyak teknik dasar yang harus dikuasai guna menjadi modal awal atau dasar untuk menjadi seorang pemain bulu tangkis profesional.

Dalam pembelajaran ini diharapkan kalian dapat menganalisis keterampilan gerak teknik dasar permaian bulutangkis untuk menghasilkan koordinasi yang baik dan mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak teknik dasar permaian bulutangkis untuk menghasilkan koordinasi yang baik sesuai dengan apa yang kalian pelajari sekarang ini.

Semoga apa yang kalian pelajari ini bermanfaat bagi diri kalian sendiri maupun bagi orang lain. Ayo teruslah belajar dan berlatih agar menjadi orang yang sukses !

Modul ini terbagi menjadi 1 kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi.

  • Pertama: Menganalisis dan mempraktikkan keterampilan gerak salah satu permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
DOWNLOAD PDF MODUL PJOK LAINNYA

Demikian emodul SMA yang telah kami sajikan. Untuk mengakses modul SD, SMP, SMA lainnya, silahkan klik MODUL, kami ucapkan terima kasih kepada Ibu/Bapak Guru. Salam Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.