Modul Sistematika dan Kebahasaan Kritik dan Esai Kelas 12

modul sistematika dan kebahasaan kritik dan esai kelas 12

Modul Sistematika dan Kebahasaan Kritik dan Esai Kelas 12 pdf Bahasa Indonesia SMA KD 3.13 disusun oleh Rendi Febrianto, S.Pd dari SMA Pesat Bogor.

Harap Perhatikan Ibu/Bapak Guru! Ada dua (2) opsi di akhir postingan yaitu DOWNLOAD PDF untuk mengkoleksi modul Sistematika dan Kebahasaan Kritik dan Esai kelas 12 ini serta opsi MODUL BAHASA INDONESIA LAINNYA untuk mengakses koleksi lainnya.

Tampa berlama-lama, Yuk disimak Ibu/Bapak Guru!

Bacaan Lainnya

Identitas Modul

  • Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
  • Kelas : XII
  • Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
  • Judul Modul : Sistematika dan Kebahasaan Kritik dan Esai

Kompetensi Dasar

  • 3.13 Menganalisis sistematika dan kebahasaan kritik dan esai.
  • 4.13 Mengonstruksi sebuah kritik atau esai dengan memperhatikan sistematika dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis.

Deskripsi Singkat Materi

Salam Bahagia dan Semangat!

Bahagialah menjalani hari-hari yang selalu penuh makna ini! Semangatlah, karena kalian adalah calon-calon penerus bangsa yang akan membawa bangsa ini menuju bangsa yang maju dan beradab. Semoga bahagia dan semangat selalu mendampingi kalian sepanjang waktu.

Anak-anakku, kalian tentunya pernah membaca suatu koran atau media online tentang artikel, resensi, atau ulasan yang diletakkan di kolom bebas (kolom yang bisa diisi oleh penulis lepas, bukan redaksi).

Selain artikel, resensi, atau ulasan yang terdapat dalam kolom bebas, ada juga kritik sastra dan esai. Kedua jenis teks ini sangat menarik untuk dipelajari karena dapat memberi wawasan sekaligus berpikir kritis dalam menilai karya orang lain.

Apa itu kritik sastra? Kritik sastra adalah pertimbangan baik buruk terhadap hasil karya sastra yang didasarkan atas analisis yang mendalam. Karya yang dikritik biasanya berupa karya seni, baik karya sastra, musik, lukis, buku, maupun film.

Apa itu esai? Esai adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas lalu dari sudut pandang pribadi penulisnya.

Bagaimana membuat kritik sastra dan esai dengan baik dan menarik? Pada pembelajaran modul ini kita akan membahas sistematika dan kebahasaan kritik sastra dan esai.

Petunjuk Penggunaan Modul

Ketika kalian mempelajari modul ini, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan agar kalian lebih mudah untuk belajar secara mandiri. Berikut penjelasannya.

  1. Pastikan kalian memahami target kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran ini.
  2. Pelajari materi yang ada pada modul.
  3. Kerjakan soal latihannya.
  4. Jika sudah lengkap mengerjakan soal latihan, cobalah buka kunci jawaban yang ada pada bagian akhir dari modul ini. Hitunglah skor yang kalian peroleh.
  5. Jika skor masih di bawah 70, cobalah baca kembali materinya, usahakan jangan mengerjakan ulang soal yang salah sebelum kalian membaca ulang materinya.
  6. Jika skor kalian sudah minimal 70, kalian bisa melanjutkan ke pembelajaran berikutnya.

Materi Pembelajaran

Modul ini terbagi menjadi 2 kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan, dan soal evaluasi.

  • Pertama : Menganalisis sistematika kritik sastra dan esai.
  • Kedua : Menganalisis kebahasaan kritik sastra dan esai.
DOWNLOAD PDF MODUL BAHASA INDONESIA LAINNYA

Demikian emodul SMA yang telah kami sajikan. Untuk mengakses modul SD, SMP, SMA lainnya, silahkan klik MODUL, kami ucapkan terima kasih kepada Ibu/Bapak Guru. Salam Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.