Modul Struktur dan Kebahasaan Teks Anekdot Kelas 10

modul struktur dan kebahasaan teks anekdot kelas 10

Modul Struktur dan Kebahasaan Teks Anekdot Kelas 10 pdf Bahasa Indonesia SMA KD 3.6 disusun Indri Anatya Permatasari, M.Pd dari SMA Negeri 56 Jakarta.

Harap Perhatikan Ibu/Bapak Guru! Ada dua (2) opsi di akhir postingan yaitu DOWNLOAD PDF untuk mengkoleksi modul Struktur dan Kebahasaan Teks Anekdot kelas 10 ini serta opsi MODUL BAHASA INDONESIA SMA LAINNYA untuk mengakses koleksi lainnya.

Tampa berlama-lama, Yuk disimak Ibu/Bapak Guru!

Bacaan Lainnya

Identitas Modul

  • Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
  • Kelas : X
  • Alokasi Waktu : 4 x 45 menit (2 x pertemuan)
  • Judul Modul : Struktur dan Kebahasaan Teks Anekdot

Kompetensi Dasar

  • 3.6 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot.
  • 4.6 Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan maupun tulis.

Deskripsi Singkat Materi

Salam Literasi, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian selalu dalam keadaan sehat, ya. O, iya sudah terbiasakah kalian dengan ritme belajar di SMA? pastinya sudah, kan.

Dalam beberapa bulan yang lalu kalian pasti merasakan banyak perbedaan sewaktu kalian masih di SMP, baik materi maupun tuntutan dalam pencapaian kompetensi kalian. Jangan pernah putus semangat, ya. Kalian pasti bisa.

BACA JUGA:  Modul Makna Tersirat Dalam Teks Anekdot Kelas 10

Yakinlah mimpi kalian akan terwujud setelah kerja keras kalian selama ini. Dengan kepercayaan yang lebih, menambah juga semangat dalam diri sendiri. Seperti kita ketahui bersama bahwa barang siapa bersungguh-sungguh, maka dia akan mendapatkan kesuksesan.

Seperti sebelumnya dituliskan bahwa kalian telah menjumpai banyak materi baru di SMA. Begitu juga pada pelajaran bahasa Indonesia, yaitu kalian telah menjumpai materi teks anekdot.

Masihkah kalian ingat, apakah teks anekdot? Ya, benar, teks anekdot ialah cerita singkat yang menarik, lucu, dan mengesankan.

Apakah hanya sebatas itu? TIDAK! ada nilai-nilai yang hendak disampaikan dibalik cerita lucunya atau dapat dikatakan ada makna yang tersirat dalam teks anekdot.

Seperti yang sudah kalian pelajari sebelumnya, yaitu mengevaluasi makna teks anekdot. Hal itu merupakan ciri khusus dari teks anekdot, yaitu sindiran di balik cerita lucunya terdapat nilai-nilai atau makna yang tersirat. Setelah makna yang tersirat kalian pahami benar-benar, pembahasan teks anekdot kali ini tentang struktur dan kebahasaannya. Sudah siapkalian? pasti siap!

Petunjuk Penggunaan Modul

Supaya belajar kalian dapat bermakna maka yang perlu kalian lakukan, yaitu:

  1. Pastikan kalian mengerti target kompetensi yang akan dicapai.
  2. Mulailah dengan membaca materi.
  3. Kerjakan soal latihannya.
  4. Jika sudah lengkap mengerjakan soal latihan, cobalah buka kunci jawaban yang ada pada bagian akhir dari modul ini. Hitunglah skor yang kalian peroleh.
  5. Jika skor masih di bawah 70, cobalah baca kembali materinya, usahakan jangan mengerjakan ulang soal yang salah sebelum kalian membaca ulang materinya.
  6. Jika skor kalian sudah minimal tujuh puluh, kalian bisa melanjutkan ke pembelajaran berikutnya.
BACA JUGA:  Modul Makna Tersirat Dalam Teks Anekdot Kelas 10

Materi Pembelajaran

Modul ini terbagi menjadi 2 kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi.

  • Pertama : Struktur dalam teks anekdot
  • Kedua : Kaidah kebahasaan dalam teks anekdot

Modul ini akan sangat bermanfaat bagi kalian. Kalian dapat lebih peka memahami keadaan sekeliling kalian. Kepekaan kalian itu akan dapat digunakan untuk menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot.

Jika ada kata-kata yang tidak dipahami, kalian dapat mencermati glosarium sebagai gambaran materi. Bagaimana, pasti kalian sudah tak sabar ingin menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot, bukan? DOWNLOAD PDF MODUL BAHASA INDONESIA LAINNYA

Demikian emodul SMA yang telah kami sajikan. Untuk mengakses modul SD, SMP, SMA lainnya, silahkan klik MODUL, kami ucapkan terima kasih kepada Ibu/Bapak Guru. Salam Merdeka Belajar!

5/5 – (3 votes)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.