Modul Sudut-Sudut Berelasi Kelas 10

modul sudut-sudut berelasi kelas 10

Modul Sudut-Sudut Berelasi Kelas 10 pdf Matematika Umum SMA KD 3.7 disusun oleh Tinasari Pristiyanti dari SMA Negeri 3 Bogor.

Harap Perhatikan Ibu/Bapak Guru! Ada dua (2) opsi di akhir postingan yaitu DOWNLOAD PDF untuk mengoleksi modul Sudut-Sudut Berelasi kelas 10 ini serta opsi MODUL MATEMATIKA LAINNYA untuk mengakses koleksi lainnya.

Tampa berlama-lama, Yuk disimak Ibu/Bapak Guru!

Bacaan Lainnya

Identitas Modul

  • Mata Pelajaran : Matematika Umum
  • Kelas : X
  • Alokasi Waktu : 3 x 2 JP (3 Kegiatan pembelajaran)
  • Judul Modul : Sudut-Sudut Berelasi

Kompetensi Dasar

  • 3.8 Menggeneralisasi rasio trigonometri untuk sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi.
  • 4.8 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan rasio trigonometri sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi.

Deskripsi Singkat Materi

Jembatan merupakan sarana yang sangat penting sebagai penghubung atau akses antar lokasi pada daerah-daerah dengan banyak sungai, atau rintangan-rintangan seperti lembah dalam, alur sungai, danau, saluran irigasi, kereta api dan jalan raya yang melintang tidak sebidang.

Saat ini, petani pada beberapa daerah masih menggunakan sungai untuk mengangkut hasil panen dengan menggunakan sampan misalkan di Kalimantan. Kita dapat menaksir panjang jembatan yang akan dibangun di atas sungai menggunakan konsep sudut trigonometri.

Pada modul kali ini kita akan mempelajari nilai trigonometri pada berbagai kuadran dan nilai-nilai sinus, cosinus dan tangen yang saling bersesuaian pada semua kuadran.

Petunjuk Penggunaan Modul

Materi bahasan pada modul ini terbagi menjadi tiga kegiatan pembelajaran, yaitu:

  1. Kegiatan pembelajaran pertama membahas tentang sudut-sudut berelasi pada kuadran I dan kuadran II
  2. Kegiatan pembelajaran pertama terbagi atas 2 bagian, yaitu bagian 1 membahas tentang sudut-sudut berelasi pada kuadran I. Bagian 2 membahas tentang sudut-sudut berelasi pada kuadran II.
  3. Kegiatan pembelajaran kedua membahas tentang sudut-sudut berelasi pada kuadran III, kuadran IV dan sudut yang lebih besar dari 360 derajat.
  4. Kegiatan pembelajaran kedua terdiri atas 2 bagian. Bagian 1 membahas tentang sudut-sudut berelasi di kuadran III dan bagian 2 membahas tentang sudut-sudut berelasi di kuadran IV.
  5. Kegiatan pembelajaran ketiga membahas tentang sudut yang besarnya lebih dari 360 derajat dan sudut bernilai negatif.
  6. Kegiatan pembelajaran ketiga terdiri atas 2 bagian. Bagian 1 membahas tentang sudut yang besarnya lebih dari 360 derajat dan bagian 2 membahas tentang sudut negatif.
  7. Selesaikan setiap bagian dengan tuntas baru berlanjut ke bagian yang berikutnya.
  8. Pahami tiap kegiatan dengan tuntas, jangan melanjutkan ke kegiatan berikutnya bila masih ada yang belum dipahami.
  9. Setiap kegiatan belajar dilengkapi dengan latihan yang menjadi alat ukur tingkat penguasaan kalian, setelah mempelajari modul ini.
  10. Jika kalian belum menguasai 70% dari latihan pada setiap kegiatan pembelajaran, maka kalian dapat mengulanginya kembali.
  11. Apabila kalian masih mengalami kesulitan dalam memahami materi yang ada dalam modul ini, silahkan anda berdiskusi dengan teman sekelas yang berada di sekitar rumah anda.

Materi Pembelajaran

Modul ini terbagi menjadi 3 kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan, dan soal evaluasi.

  • Pertama : Sudut-sudut berelasi pada kuadran I dan kuadran II.
  • Kedua : Sudut-sudut berelasi pada kuadran II dan kuadran IV.
  • Ketiga : Sudut-sudut berelasi yang besarnya lebih dari 360 derajat dan sudut negatif.
DOWNLOAD PDF MODUL MATEMATIKA LAINNYA

Demikian emodul SMA yang telah kami sajikan. Untuk mengakses modul SD, SMP, SMA lainnya, silahkan klik MODUL, kami ucapkan terima kasih kepada Ibu/Bapak Guru. Salam Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.