Modul Transformasi Geometri Kelas 11

modul transformasi geometri kelas 11

Modul Transformasi Geometri Kelas 11 pdf Matematika Umum SMA KD 3.5 disusun oleh Istiqomah, S.Pd dari SMAN 5 Mataram.

Harap Perhatikan Ibu/Bapak Guru! Ada dua (2) opsi di akhir postingan yaitu DOWNLOAD PDF untuk mengoleksi modul Transformasi Geometri kelas 11 ini serta opsi MODUL MATEMATIKA LAINNYA untuk mengakses koleksi lainnya.

Tampa berlama-lama, Yuk disimak Ibu/Bapak Guru!

Bacaan Lainnya

Identitas Modul

  • Mata Pelajaran : Matematika Umum
  • Kelas : XI
  • Alokasi Waktu : 10 × 45 menit (10 JP)
  • Judul Modul : Transformasi Geometri

Kompetensi Dasar

  • 3.5 Menganalisis dan membandingkan transformasi dan komposisi transformasi dengan menggunakan matriks.
  • 4.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan matriks transformasi geometri (translasi, refleksi, dilatasi dan rotasi).

Deskripsi Singkat Materi

Anak-anak, banyak kegiatan atau kejadian dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan transformasi geometri.

Transformasi geometri merupakan perubahan posisi dan ukuran dari suatu objek (titik, garis, kurva, bidang) dan dapat dinyatakan dalam gambar dan matriks. Coba perhatikan gambar berikut, tentunya kalian pernah atau sering melakukan kegiatan ini bahkan setiap hari.

Pada saat bercermin kalian dapat melihat bayangan kalian sendiri. Bagaimana hasil bayangan yang terbentuk ketika sedang bercermin? Ternyata hasil bayangan mempunyai bentuk dan ukuran yang sama.

Bercermin merupakan salah satu kegiatan yang menerapkan konsep transformasi geometri yaitu refleksi (pencerminan).

Refleksi merupakan transformasi yang memindahkan tiap titik pada bidang dengan menggunakan sifat bayangan cermin dari titik-titik yang akan dipindahkan.

Bidang pencerminan dalam geometri terdiri atas sumbu X, sumbu Y, garis y = x, garis y = −x, garis x = a, garis y = b dan terhadap titik pusat yaitu titik O (0,0). Selain refleksi, pada modul ini kita akan mempelajari transformasi geometri yang lainnya yaitu translasi, rotasi, dan dilatasi.

Translasi merupakan transformasi yang memindahkan titik-titik pada bidang dengan arah dan jarak yang sama. Rotasi merupakan transformasi yang memindahkan setiap titik pada bidang ke titik lainnya dengan cara memutar pada titik tertentu.

Rotasi ditentukan oleh besar sudut dan pusat rotasi. Jika rotasi searah dengan jarum jam maka besar sudut negatif.

Jika rotasi berlawanan dengan arah jarum jam maka besar sudut positif. Pusat rotasi terdiri atas titik asal yaitu O(0,0) dan titik tertentu yaitu P(a,b).

Dilatasi merupakan transformasi ukuran atau skala suatu bangun geometri (pengecilan/pembesaran) tetapi tidak mengubah bentuk bangun tersebut. Dilatasi ditentukan oleh pusat dan faktor skala.

Petunjuk Penggunaan Modul

Anak-anakku sekalian, modul ini dirancang untuk memfasilitasi kalian dalam melakukan kegiatan belajar secara mandiri. Untuk menguasai materi ini dengan baik, ikutilah petunjuk penggunaan modul berikut.

  1. Berdoalah sebelum mempelajari modul ini.
  2. Pelajari uraian materi yang disediakan pada setiap kegiatan pembelajaran secara berurutan.
  3. Perhatikan contoh-contoh soal yang disediakan dan jika memungkinkan cobalah untuk mengerjakannya kembali.
  4. Kerjakan latihan soal yang disediakan, kemudian cocokkan hasil pekerjaan kalian dengan kunci jawaban dan pembahasan pada modul ini.
  5. Jika kalian menemukan kendala dalam menyelesaikan latihan soal, cobalah untuk melihat kembali uraian materi dan contoh soal yang ada.
  6. Setelah mengerjakan latihan soal, lakukan penilaian diri sebagai bentuk refleksi dari penguasaan kalian terhadap materi pada kegiatan pembelajaran.
  7. Di bagian akhir modul disediakan soal evaluasi, silahkan mengerjakan soal evaluasi tersebut agar kalian dapat mengukur penguasaan kalian terhadap materi pada modul ini. Cocokkan hasil pengerjaan kalian dengan kunci jawaban yang tersedia.
  8. Ingatlah, keberhasilan proses pembelajaran pada modul ini tergantung pada kesungguhan kalian untuk memahami isi modul dan berlatih secara mandiri.

Materi Pembelajaran

Modul ini terbagi menjadi 5 kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi.

  • Pertama : Translasi
  • Kedua : Refleksi
  • Ketiga : Rotasi
  • Keempat : Dilatasi
  • Kelima : Komposisi Transformasi
DOWNLOAD PDF MODUL MATEMATIKA LAINNYA

Demikian emodul SMA yang telah kami sajikan. Untuk mengakses modul SD, SMP, SMA lainnya, silahkan klik MODUL, kami ucapkan terima kasih kepada Ibu/Bapak Guru. Salam Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu Anda? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI -Terima kasih!

Yuk, SITASI !

Dinas.id (30/06/2022) Modul Transformasi Geometri Kelas 11. Retrieved from https://dinas.id/modul-transformasi-geometri-kelas-11/.
"Modul Transformasi Geometri Kelas 11." Dinas.id - 30/06/2022, https://dinas.id/modul-transformasi-geometri-kelas-11/
Dinas.id 09/06/2022 Modul Transformasi Geometri Kelas 11., viewed 30/06/2022,https://dinas.id/modul-transformasi-geometri-kelas-11/>
Dinas.id - Modul Transformasi Geometri Kelas 11. [Internet]. [Accessed 30/06/2022]. Available from: https://dinas.id/modul-transformasi-geometri-kelas-11/
"Modul Transformasi Geometri Kelas 11." Dinas.id - Accessed 30/06/2022. https://dinas.id/modul-transformasi-geometri-kelas-11/
"Modul Transformasi Geometri Kelas 11." Dinas.id [Online]. Available: https://dinas.id/modul-transformasi-geometri-kelas-11/. [Accessed: 30/06/2022]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.