Modul Vektor Kelas 10

modul vektor kelas 10

Modul Vektor Kelas 10 pdf matematika peminatan SMA KD 3.1 disusun oleh Entis Sutisna, S.Pd dari SMA Negeri 4 Tangerang.

Harap Perhatikan Ibu/Bapak Guru! Ada dua (2) opsi di akhir postingan yaitu DOWNLOAD PDF untuk mengoleksi modul Vektor kelas 10 ini serta opsi MODUL MATEMATIKA LAINNYA untuk mengakses koleksi lainnya.

Tampa berlama-lama, Yuk disimak Ibu/Bapak Guru!

Bacaan Lainnya

Identitas Modul

  • Mata Pelajaran : Matematika Peminatan
  • Kelas : X
  • Alokasi Waktu : 30 jam pelajaran
  • Judul Modul : Vektor

Kompetensi Dasar

  • 3.1 Menjelaskan vektor, operasi vektor, panjang vektor, sudut antar vektor dalam ruang berdimensi dua (bidang) dan berdimensi tiga.
  • 4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan Vektor, operasi vektor, panjang vektor, sudut antar vektor dalam ruang berdimensi dua (bidang) dan berdimensi tiga.

Deskripsi Singkat Materi

Salam jumpa melalui pembelajaran matematika dengan materi Vektor. Modul ini disusun sebagai satu alternatif sumber bahan ajar siswa untuk memahami materi Vektor di kelas X peminatan.

Melalui modul ini Anda diajak untuk memahami konsep vektor, operasi vektor, panjang vektor, sudut antar vektor dalam ruang berdimensi dua (bidang) dan berdimensi tiga dan dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan Vektor, operasi vektor, panjang vektor, sudut antar vektor dalam ruang berdimensi dua (bidang) dan berdimensi tiga.

BACA JUGA:  Modul Penjumlahan Vektor Kelas 10

Aplikasi vektor dalam kehidupan nyata banyak digunakan di bidang teknik sipil, vektor digunakan dalam rancang bangun dasar arsitektur untuk perhitungan panjang, sudut, dan letak; menentukan komponen-komponen dasar di dalam bangunan tersebut; mengetahui perhitungan pasti dari rangka bangunan, contoh: penempatan pilar pondasi; menentukan garis siku-siku dilapangan, garis siku-siku di lapangan banyak dilakukan dengan memanfaatkan dalil phytagoras; menentukan kekuatan gaya yang bekerja pada struktur bangunan di atas tanah, perhitungan arah vektor gaya dimaksudkan untuk mencegah terjadinya keruntuhan bangunan; menghitung momen balok dan dimensi balok; sebagai dasar penentuan perhitungan kemiringan atap; dan mengukur tinggi gedung dan memperkirakan tinggi pembangunan gedung dengan memperhitungkan sudut elevasi dan sudut pandang bangunan.

Bidang lain pun konsep vektor banyak digunakan.

Petunjuk Penggunaan Modul

Modul ini dirancang untuk memfasilitasi Anda dalam melakukan kegiatan pembelajaran secara mandiri. Untuk menguasai materi ini dengan baik, ikutilah petunjuk penggunaan modul berikut.

  1. Berdoalah sebelum mempelajari modul ini.
  2. Pelajari uraian materi yang disediakan pada setiap kegiatan pembelajaran secara berurutan.
  3. Perhatikan contoh-contoh penyelesaian permasalahan yang disediakan dan kalau memungkinkan cobalah untuk mengerjakannya kembali.
  4. Kerjakan latihan soal yang disediakan, kemudian cocokkan hasil pekerjaan Anda dengan kunci jawaban dan pembahasan pada bagian akhir modul.
  5. Jika menemukan kendala dalam menyelesaikan latihan soal, cobalah untuk melihat kembali uraian materi dan contoh soal yang ada.
  6. Setelah mengerjakan latihan soal, lakukan penilaian diri sebagai bentuk refleksi dari penguasaan Anda terhadap materi pada kegiatan pembelajaran.
  7. Di bagian akhir modul disediakan soal evaluasi, silahkan mengerjakan soal evaluasi tersebut agar Anda dapat mengukur penguasaan terhadap materi pada modul ini. Cocokkan hasil pengerjaan dengan kunci jawaban yang tersedia.
  8. Ingatlah, keberhasilan proses pembelajaran pada modul ini tergantung pada kesungguhan Anda untuk memahami isi modul dan berlatih secara mandiri.
BACA JUGA:  Modul Fungsi Eksponen Dan Fungsi Logaritma Kelas 10

Materi Pembelajaran

Modul ini terbagi menjadi 4 kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi.

  • Pertama : Pengertia dan Lingkup Vektor pada Bidang Datar
  • Kedua : Operasi Vektor pada Bidang (R2)
  • Ketiga : Ruang Lingkup Vektor pada Bangun Ruang
  • Keempat : Operasi Vektor Pada Bangun Ruang
DOWNLOAD PDF MODUL MATEMATIKA PEMINATAN LAINNYA

Demikian emodul SMA yang telah kami sajikan. Untuk mengakses modul SD, SMP, SMA lainnya, silahkan klik MODUL, kami ucapkan terima kasih kepada Ibu/Bapak Guru. Salam Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu Anda? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI -Terima kasih!

Yuk, SITASI !

Dinas.id (30/06/2022) Modul Vektor Kelas 10. Retrieved from https://dinas.id/modul-vektor-kelas-10/.
"Modul Vektor Kelas 10." Dinas.id - 30/06/2022, https://dinas.id/modul-vektor-kelas-10/
Dinas.id 23/06/2022 Modul Vektor Kelas 10., viewed 30/06/2022,https://dinas.id/modul-vektor-kelas-10/>
Dinas.id - Modul Vektor Kelas 10. [Internet]. [Accessed 30/06/2022]. Available from: https://dinas.id/modul-vektor-kelas-10/
"Modul Vektor Kelas 10." Dinas.id - Accessed 30/06/2022. https://dinas.id/modul-vektor-kelas-10/
"Modul Vektor Kelas 10." Dinas.id [Online]. Available: https://dinas.id/modul-vektor-kelas-10/. [Accessed: 30/06/2022]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.