Teknik Publikasi Hasil Penelitian Pada Jurnal Ilmiah

publikasi hasil penelitian

Publikasi hasil penelitian merupakan salah satu strategi yang digunakan untuk meningkatkan mutu khususnya di dunia pendidikan. Jurnal ilmiah merupakan sarana yang digunakan peneliti untuk mempublikasikan artikel ilmiah.

Artikel yang akan dimuat selain ditulis dengan tata cara ilmiah, juga harus mengikuti pedoman yang dipersyaratkan oleh jurnal ilmiah yang dituju (author guidlines).

Agar artikel yang akan dikirimkan sesuai kriteria dan diterima jurnal, setidaknya terdapat kesesuaian bidang ilmu dengan jurnal (fokus and scope), tata bahasa yang baku, serta gaya khusus (gaya selingkung).

Bacaan Lainnya

Agar Anda dapat menulis pada jurnal yang tepat, sebuah jurnal harus memiliki kriteria sebagai berikut:

  • Jurnal memiliki disiplin-disiplin keilmuan relevan
  • Diterbitkan oleh Badan Ilmiah/Organisasi/Perguruan Tinggi dengan unit-unitnya dan kredibel
  • Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia dan atau bahasa Inggris
  • Mempunyai dewan penilai dan reviwer yang dapat dipercaya.

Website Publikasi Penelitian

Berikut beberapa website yang bisa jadi referensi agar kamu bisa mempublikasikan hasil penelitianmu, antara lain:

1. Mengenal Fokus dan Scope Jurnal

Apabila kita hendak mempublikasikan hasil tulisan dalam sebuah jurnal, maka yang terlebih dahulu harus kita ketahui adalah memilih jurnal yang sesuai dengan penelitian kita.

Hal ini dapat kita dapatkan melalui website jurnal terkait, melalui website jurnal tersebut kita dapat mengetahui scope dari jurnal dan kita bisa tau apakah scope jurnal yang kita tuju sesuai dengan topik penelitian kita atau tidak.

Berikut ini adalah salah satu contoh scope dari sebuah jurnal: Jurnal Kefarmasian Indonesia (http://ejournal.litbang.depkes.go.id/index.php/jki), merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Fokus bidang penelitian meliputi teknologi farmasi, farmakologi, kimia farmasi, farmasi care dan obat tradisional. Adapun tampilan website Jurnal Kefarmasian Indonesia dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Tampilan website Jurnal Kefarmasian Indonesia
Tampilan website Jurnal Kefarmasian Indonesia

Blood Journal diterbitkan oleh American Society of Hematology dengan link http://www.bloodjournal.org memiliki scope penelitian terkait darah khususnya bidang imunobiologi dan imunoterapi, biologi vaskular, HIV / HTLV, dan uji klinis. Adapun tampilan website Blood Journal dapat dilihat pada gambar berikut.

Tampilan Website Blood Journal

2. Pencarian Jurnal untuk Publikasi

Agar dapat mempublikasikan artikel Jurnal maka penulis harus mencari “penerbit” Jurnal. Pencarian dapat dilakukan melalui website dengan mengunjungi alamat-alamat institusi dan perguruan tinggi, namun cara ini kurang praktis.

Maka penulis dapat memanfaatkan website repository di antaranya:

a. SINTA

Sinta (Indeks Sains dan Teknologi) merupakan website yang dibuat oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia yang dimaksudkan untuk mengukur kinerja para peneliti, lembaga dan jurnal di Indonesia.

SINTA memberikan tolok ukur dan analisis, identifikasi kekuatan penelitian masing-masing lembaga untuk mengembangkan kemitraan kolaboratif, untuk menganalisis tren penelitian.

Apabila kita hendak mencari akreditasi sebuah Jurnal, maka kita dapat mengunjungi website SINTA: http://sinta2.ristekdikti.go.id/ Selanjutnya pilih sourcedan klik “Journal” kemudian masukkan nama Jurnal yang kita inginkan. Website SINTA akan menampilkan data jurnal tersebut.

halaman website SINTA
Halaman website SINTA

Pada website SINTA, jurnal dibedakan menjadi 6 kategori yaitu S1, S2, S3, S4, S5 dan S6 yang mana masing-masing kategori tersebut menunjukkan nilai hasil akreditasi jurnal. Nilai tertinggi yaitu dikategorikan pada S1 sedangkan yang terendah adalah S6.

b. Neliti

Neliti merupakan repositori Ilmiah Indonesia yang dapat digunakan untuk mengindeks jurnal ilmiah, buku-buku, laporan penelitian, makalah kebijakan, makalah konferensi, dan data primer dari universitas, badan penelitian, lembaga pemerintahan, dan penerbit.

Apabila kita hendak mencari akreditasi sebuah Jurnal, maka kita dapat mengunjungi website Neliti: https://www.neliti.com/id/. Selanjutnya, masukkan nama Jurnal yang kita inginkan.

Website Neliti akan mencocokkan dengan data base mereka sehingga dapat diketahui akreditasi Jurnal tersebut. Adapun tampilan gambar website Neliti adalah sebagai berikut:

 

Demikian penjelasan seputar Teknik Publikasi Hasil Penelitian Pada Jurnal Ilmiah. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini agar lebih banyak lagi yang merasakan manfaatnya, terima kasih.

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.