Soal Analisis Proses Kerja Sistem Penjualan Konsinyasi – Salam sobat Dinas.id, inilah rekomendasi kumpulan contoh soal-soal prakarya dan kewirausahaan kelas 12, XII KD 3.10 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Pastinya, sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang analisis proses kerja sistem penjualan konsinyasi produk usaha makanan fungsional.
Rangkuman Materi Analisis Proses Kerja Sistem Penjualan Konsinyasi Produk Usaha Makanan Fungsional
Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:
Beberapa tips sukses bisnis konsinyasi yang bisa anda terapkan:
- Mencari dan Memilih Partner Bisnis dan Target Pasar yang Tepat
- Manfaatkan Moment yang Tepat Untuk Menjual Produk
- Kembangkan Partner Bisnis
- Lakukan Evaluasi
Keuntungan Menjalankan Konsinyasi
Bagi Pedagang Besar
- Bebas Dari Biaya Sewa Tempat
- Tidak Perlu Membayar Pegawai
- Bisa Mempelajari dan Mengadaptasi Strategi Penjualan Orang Lain
- Bisa Fokus Meningkatkan Kualitas Produk
Pihak Penyalur
- Tidak Memproduksi Barang
- Tidak Khawatir Jika Produk Tidak Laku
- Bisa Memiliki Produk Beraneka Ragam
- Bisa Mendapatkan Uang Komisi
Kekurangan Penjualan Konsinyasi
Bagi pemilik produk atau consignor
- Risiko kerugian
- Promosi tidak sesuai
- Uang tidak dapat langsung diterima
Bagi penjual atau consignee
Sistem penjualan konsinyasi tidak memiliki risiko ataupun kelemahan apapun bagi penjual. Hal ini karena produk yang dijual memang bukan produk mereka sendiri.
Soal Pilihan Essay
Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!
Berikan jawaban yang paling benar!
1. Sebutkan tips dalam melakukan penjualan makanan fungsional dengan sistem konsinyasi!
2. Jelaskan kelebihan/keuntungan sistem konsinyasi produk usaha makanan fungsional!
3. Jelaskan kekurangan sistem konsinyasi produk usaha makanan fungsional!
4. Bagaiamanakah cara mengatur target pasar pada sistem penjualan konsinyasi?
Kunci Jawaban dan Pembahasan
1. → Pembahasan:
Tips sukses bisnis konsinyasi yang bisa anda terapkan:
- Mencari dan Memilih Partner Bisnis dan Target Pasar yang Tepat
- Manfaatkan Moment yang Tepat Untuk Menjual Produk
- Kembangkan Partner Bisnis
- Lakukan Evaluasi
2. → Pembahasan:
Keuntungan Menjalankan Konsinyasi
Bagi Pedagang Besar
- Bebas Dari Biaya Sewa Tempat
- Tidak Perlu Membayar Pegawai
- Bisa Mempelajari dan Mengadaptasi Strategi Penjualan Orang Lain
- Bisa Fokus Meningkatkan Kualitas Produk
Pihak Penyalur
- Tidak Memproduksi Barang
- Tidak Khawatir Jika Produk Tidak Laku
- Bisa Memiliki Produk Beraneka Ragam
- Bisa Mendapatkan Uang Komisi
3. → Pembahasan:
Kekurangan Penjualan Konsinyasi
Bagi pemilik produk atau consignor
- Risiko kerugian
- Promosi tidak sesuai
- Uang tidak dapat langsung diterima
Bagi penjual atau consignee
Sistem penjualan konsinyasi tidak memiliki risiko ataupun kelemahan apapun bagi penjual. Hal ini karena produk yang dijual memang bukan produk mereka sendiri.
4. → Pembahasan: Pengaturan target bisa dibuat dengan membagi perdaerah dan per hari, misalnya kalau melakukan penitipan barang dagangan setiap satu minggu sekali, dilakukan pemilihan tujuh wilayah untuk tujuh hari dalam seminggu. Begitupun dalam penentuan jumlah warung/toko/ wilayah, ditetapkan berdasarkan kapasitas produksi dan target penjualan setiap warung/toko/outlet. Misalnya, dalam satu hari kita ingin mengunjungi 10 toko, maka paling tidak kita memiliki 70 toko langganan agar usaha kita berjalan terus setiap hari.
Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul prakarya dan kewirausahaan Kelas 12, XII SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!