Soal Belajar Bereksperimen Kelas 7 – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal-soal IPA kelas 7, VII SMP sebagai bahan Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang belajar bereksperimen kelas 7.
Perlu diketahui bahwa soal-soal jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) ini sangat cocok untuk melatih pemahaman peserta didik dalam menguasai Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas VII.
* (Disertai kunci jawaban, ada di paling akhir soal)
Rangkuman Materi Belajar Bereksperimen
Untuk mempermudah menjawab soal-soal, silahkan simak rangkuman materi berikut ini:
- Eksperimen dilakukan dalam rangka menyelesaikan permasalahan yang terjadi di sekitar kita atau sekedar memastikan konsep yang sudah berlaku (verifikasi). Eksperimen dimulai melalui kegiatan pengamatan.
- Kegiatan pengamatan dilakukan dapat dilakukan dengan menggunakan panca indera sesuai dengan karakteristik dari objek yang diamati. Pengamatan dapat dibantu dengan menggunakan alat ukur untuk memperoleh data kuantitatif (angka).
- Kegiatan mempertanyakan berawal dari pengamatan atau dari permasalahan yang ditemukan.
- Membuat hipotesis (jawaban sementara) dilakukan setelah peranyaan muncul dan diperlukan pengujian.
- Dalam berupaya memastikan jawaban sementara, diperlukan kegiatan mencari informasi dapat dilakukan melalui studi literasi dari berbagai sumber misalnya internet, buku, jurnal, dan sebagainya. Informasi juga bisa didapatkan melalui hasil pengujian langsung.
- Dalam melakukan pengujian diperlukan rancangan eksperimen untuk menentukan teknis dan alat dan bahan yang diperlukan. Data yang diperoleh dapat langsung menjawab hipotesis atau memerlukan pengolahan dan analisis lebih lanjut.
- Pengolahan data didasari oleh sumber yang relevan kemudian dianalisis untuk mendapatkan pola, kecendrungan, atau gambaran dalam memastikan hipotesis yang telah dibuat.
- Kesimpulan dibuat berdasarkan fakta langsung yang dapat disajikan atau melalui analisis lanjut dari data-data yang sudah diolah.
- Variabel bebas adalah faktor yang diubah-ubah agar mendapat kesimpulan yang berasal dari hasil pengubahan faktor tersebut.
- Variabel kontrol adalah usaha menjaga agar faktor tersebut tidak mempengaruhi hasil percobaan.
- Variabel terikat adalah faktor yang muncul akibat pengubahan pada variabel bebas.
Soal Pilihan Ganda
Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!
Berikan jawaban terbaik dari pertanyaan di bawah ini dengan benar!
“Melakukan Pengamatan Pertumbuhan Lalat pada Pengemasan Daging”
1. Tujuan
a. Menyusun hipotesis, menginterpretasikan data, membedakan variabel.
b. Membuat laporan penelitian
2. Cara kerja
a. Buatlah kelompok yang terdiri dari 3-4 siswa.
b. Perhatikan gambar contoh percobaan di bawah ini!
c. Diskusikan soal-soal di bawah ini dengan teman satu kelompok.
d. Tanyakan pada guru bila menemui kesulitan.
Keterangan gambar percobaan
A. : stoples diisi dengan sepotong daging, dan dibiarkan tetap terbuka.
B. : stoples diisi dengan sepotong daging, dan ditutup rapat-rapat.
C. : stoples diisi dengan sepotong daging, dan ditutup dengan kain kasa/tipis.
Ketiga perangkat tersebut diletakkan pada tempat yang sama. Setelah 3 hari, diadakan pengamatan.
1. Pengamatan dapat dilakukan secara paling efektif dengan memanfaatkan alat indera ….
A. mata
B. hidung
C. telinga
D. lidah
2. Pertanyaan yang paling sulit terjawab berdasarkan pengamatan yang dapat dilakukan tersebut adalah ….
A. Stoples manakah yang paling berbau busuk?
B. Stoples manakah yang memiliki jumlah belatung paling banyak?
C. Stoples manakah yang memiliki daging paling segar?
D. Stoples manakah yang memiliki jamur paling banyak?
3. Pada percobaan pengaruh jumlah lalat terhadap cara pengemasan daging, faktor apakah yang perlu dibuat sama (varibel kontrol) agar percobaan tersebut adil ….
A. Semua stoples seharusnya ditutup oleh bahan yang sama
B. Stoples A perlu ditambahkan pengawet agar tidak cepat membusuk
C. Semua stoples harus berisi berasal dari daging yang sama dan disimpan di tempat yang sama
D. Stoples C perlu disimpan di tempat yang lebih dingin
4. Jika ingin mengetahui pengaruh jumlah pertumbuhan lalat terhadap cara pengemasan daging maka hal yang harus dilakukan adalah dengan ….
A. memberikan tindakan yang berbeda pada penutup stoples, dan mengontrol faktor lainnya.
B. memberikan jumlah air yang berbeda pada tiap stoples, dan mengontrol faktor lainnya
C. menyimpan setiap stoples pada suhu yang berbeda, dan mengontrol faktor lainnya
D. memberikan jenis daging berbeda pada setiap stoples, dan mengontrol faktor lainnya.
5. Variabel terikat pada percobaan tersebut adalah ….
A. Jumlah air yang diberikan
B. Jenis daging yang digunakan
C. Suhu ruangan yang ditentukan
D. Jumlah lalat yang muncul
Kunci Jawaban
1. A
2. B
3. C
4. A
5. D
Pelajari Juga: Soal Gaya Lorentz Kelas 9
Demikian prediksi soal dan jawaban tentang Belajar Bereksperimen untuk UTS, UAS Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 7, VII SMP yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!