Soal Dampak Globalisasi dan Upaya Menghadapi Globalisasi Kelas 9

soal dampak globalisasi dan upaya menghadapi globalisasi kelas 9

Soal Dampak Globalisasi dan Upaya Menghadapi Globalisasi Kelas 9 – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal-soal IPS kelas 9, IX SMP sebagai bahan Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang dampak globalisasi dan upaya menghadapi globalisasi kelas 9.

Perlu diketahui bahwa soal-soal jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) ini sangat cocok untuk melatih pemahaman peserta didik dalam menguasai Pelajaran IPS Kelas IX.

* (Disertai kunci jawaban, ada di paling akhir soal)

Bacaan Lainnya

Soal Latihan

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban terbaik dari pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Deskripsikan dampak positif globalisasi!

2. Deskripsikan dampah negatif globalisasi!

3. Jelaskan upaya menghadapi globalisasi bidang budaya!

4. Jelaskan upaya menghadapi globalisasi bidang ekonomi!

5. Jelaskan upaya menghadapi globalisasi bidang IPTEK!

6. Jelaskan upaya menghadapi globalisasi bidang komunikasi!

7. Jelaskan upaya menghadapi globalisasi bidang Transportasi!

Kunci Jawaban dan Pembahasannya

1. Jawab →

#1. Berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Pemanfaatan teknologi ini membawa banyak keuntungan bagi masyarakat seperti kemudahan dalam melakukan berbagai kegiatan, hasil produksi menjadi lebih banyak, dan sebagainya.

#2. Meningkatnya Efektivitas dan Efisiensi

Dengan globalisasi memberikan manfaat yang sangat besar dalam kehidupan manusia. Diantaranya adalah terjadi efektivitas dalam penggunaan pikiran, tenaga, ataupun waktu. Hal ini tentunya membuat segala kebutuhan manusia dapat dipenuhi dengan lebih mudah.

#3. Perekonomian Suatu Negara Semakin Meningkat

Globalisasi ekonomi di beberapa bidang antara lain  : perdagangan, produksi, investasi, ideologi organisasi, pasar modal, dan pasar kerja. Globalisasi perekonomian ini mampu membawa banyak manfaat positif.

#4. Meningkatnya Taraf Hidup Masyarakat

Meningkatnya perekonomian suatu negara akan berdampak terbukanya lapangan kerja bagi negara tesebut sehingga  taraf hidup masyarakat meningkat.

#5. Komunikasi Semakin Cepat dan Mudah

Dengan berkembangnya media komunikasi yang sangat disukai masyarakat sehingga komunikasi semakin cepat dan murah.

#6. Berkembangnya Dunia Pariwisata

Globalisasi berdampak positif bagi perkembangan dunia pariwisata. Tempat-tempat wisata Dunia semakin dikenal masyarakat dunia lewat berbagai teknologi seperti internet dan media sosial lainnya. Kesenjangan jarak tidak lagi menjadi masalah karena didukung dengan kemudahan sesama transportasi..

#7. Perkembangan Alat Komunikasi dan Keterbukaan Informasi

Keterbukaan dan kebebasan informasi sangatlah penting terutama di masa globalisasi seperti sekarang. Saat ini informasi beredar secara global dan cepat. Berita, kejadian, atau hal-hal yang ada di belahan dunia mana pun, dalam hitungan menit setelah peristiwa terjadi dapat kita peroleh informasinya. Akses informasi semakin terbuka lebar, masyarakat bisa mendapatkan berbagai informasi dengan mudah dan cepat.

2. Jawab →

#1. Westernisasi

Westernisasi adalah suatu perbuatan seseorang yang mulai kehilangan nasionalisme dengan meniru atau melakukan aktivitas kebarat-baratan. Westernisasi ini dapat dilihat dari cara berpakaian, cara mengisi waktu luang, dan sebagainya.

#2. Demoralisasi

Dekadensi moral atau demoralisasi adalah menurunnya atau merosotnya akhlak atau moral seseorang. Ciri dari penurunan moral ini salah satunya ditunjukkan dari perilakunya yang bertentangan dengan nilai dan norma dalam masyarakat.

#3. Kesenjangan Sosial Ekonomi

Ketidakmerataan dan ketidakseimbangan hasil-hasil pembangunan pada akhirnya bisa membahayakan kehidupan sosial di antaranya yaitu terjadinya kecemburuan sosial. Dampak dari kesenjangan ekonomi antara lain, kriminalitas yang tinggi, kemiskinan menyebar, kualitas kesehatan menurun.

#4. Kriminalitas

Kriminalitas dapat disebut juga sebagai segala bentuk tindakan yang melanggar norma hukum. Kriminalitas yang makin banyak terjadi di masyarakat mengharuskan berbagai pihak berpikir mencari cara pemecahan yang dianggap efektif.

#5. Pencemaran Lingkungan

Berbagai kemudahan telah kita rasakan sebagai dampak dari globalisasi. Namun demikian proses globalisasi yang tidak dibarengi dengan analisis masalah dan dampak lingkungan (AMDAL) sering menimbulkan malapetaka, yakni berupa pencemaran lingkungan. Hal itu dapat diakibatkan oleh teknologi dan alat mesin yang digunakan oleh pabrik pengolahan ataupun industri.

#6. Kenakalan Remaja

Kenakalan remaja juga dapat diartikan sebagai semua perbuatan anak remaja (usia belasan tahun) yang berlawanan dengan ketertiban umum (nilai dan norma yang diakui masyarakat) yang ditujukan pada orang, binatang, dan atau barang-barang yang dapat menimbulkan bahaya atau kerugian pada pihak lain. Kenakalan remaja lebih banyak dipicu oleh sifat atau kepribadian jiwa remaja yang masih labil dan mencari jati diri.

#7. Individualisme yang Semakin Tinggi

Individualisme bisa disebut sebagai perilaku yang mementingkan diri sendiri dan tidak mau tahu urusan atau kepentingan orang lain. Di kota besar, sikap individualisme tampak jelas, bahkan dengan jarak tetangga yang berdekatan belum tentu saling mengenal.

3. Jawab →

Cara yang dapat dilakukan untuk menghadapi globalisasi di bidang budaya antara lain:

  • Menyaring setiap budaya asing yang masuk ke Indonesia untuk kemudian diadaptasi dan digunakan bersama-sama.
  • Mempromosikan budaya asli Indonesia ke kancah internasional untuk menumbuhkan rasa cinta budaya Indonesia.
  • Menyukai dan menggunakan produk-produk asli Indonesia.
  • Memperkuat persatuan dan kesatuan antar warga Indonesia yang memiliki budaya beragam untuk bersatu melindungi budaya asli Indonesia agar tidak luntur terbawa arus globalisasi juga tidak hilang karena diklaim negara lain.
  • Mematenkan setiap budaya Indonesia serta mempublikasikannya agar tetap terjaga dan menjadikan masyarakat Indonesia bangga memilikinya.
  • Berpegang teguh pada nilai religius, spiritual dan memupuk rasa kebhinekaan agar Indonesia tetap berjaya dengan budayanya.
  • Meningkatkan kualitas nilai keimanan dan moralitas masyarakat.

4. Jawab →

  • Menyiapkan SDM yang kompeten, kompetitif dan memiliki kemampuan yang baik dalam menghadapi kompetisi globalisasi.
  • Melaksanakan standarisasi dan sertifikasi bagi perusahaan dan lembaga pemerintah untuk citra, kesungguhan dan kualitas produk.
  • Menghilangkan praktek-praktek korupsi, kolusi, nepotisme dan manipulasi.
  • Mendorong pengusaha-pengusaha lokal khususnya pengusaha kecil dan menengah untuk berkompetisi secara sehat.
  • Mendorong munculnya produk-produk kreatif dan inovatif dari masyarakat Indonesia.

5. Jawab →

  • Berkompetisi dalam kemajuan iptek.
  • Meningkatkan motif berprestasi.
  • Meningkatkan kualitas/mutu Sumber Daya Manusia terutama di bidang penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi agar kita mampu bersaing.
  • Selalu berorientasi ke masa depan.
  • Meningkatkan penguasaan kita terhadap teknologi modern di segala bidang sehingga tidak tertinggal dan bergantung pada bangsa lain

6. Jawab →

  • Memilih dan memanfaatkan alat komunikasi secara tepat dan sebaik-baiknya sesuai dengan fungsi dan kebutuhan.
  • Memanfaatkan alat komunikasi demi kemajuan masa depan dan tidak menyalah gunakannnya.
  • Memilih informasi dengan tepat dan bijaksana agar tidak mudah terpengaruh dan terhasut oleh informasi yang salah.

7. Jawab →

  • Memanfaatkan alat transportasi sesuai dengan jarak dan waktunya.
  • Menggunakan alat transportasi tidak berlebihan agar tidak terjadi pencemaran lingkungan.
  • Menjaga keberadaan alat transportasi lokal sebagai salah satu khasanah budaya.

Pelajari Juga: Soal Bentuk-bentuk Globalisasi Kelas 9

Demikian prediksi soal dan jawaban tentang Dampak Globalisasi dan Upaya Menghadapi Globalisasi untuk UTS, UAS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 9, IX SMP yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *