Soal Berdebat Secara Santun Kelas 10

soal berdebat secara santun kelas 10

Soal Berdebat Secara Santun Kelas 10 – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal-soal Bahasa Indonesia kelas 10, 11, dan 12 SMA untuk Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang berdebat secara santun.

* (Disertai kunci jawaban di akhir soal)

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Bacaan Lainnya

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Dalam suatu debat, penonton atau juri berperan sebagai ….

A. Orang yang memberi penilaian dan mengikuti jalannya debat

B. Orang yang bertugas untuk menuliskan hasil debat

C. Orang yang mendukung mosi dan argumen debat

D. Orang yang berusaha mengetahui jalannya debat

E. Orang yang menolak penyampaian adanya mosi

2. Pengertian tim Oposisi adalah ….

A. tim yang mendukung atau menerima tanggapan mosi

B. tim yang berargumentasi dalam rangka mendukung mosi

C. tim yang memberi penilaian terhadap tim lawan

D. Orang yang menulis hasil debat sebagai presensi

E. Tim yang menyampaikan argumen dalam rangka menolak mosi

3. Pengertian dari tim Afirmasi adalah ….

A. tim yang tidak mendukung atau menolak adanya mosi

B. tim yang berargumentasi dalam rangka mendukung mosi

C. tim yang memberi penilaian argumen salam perdebatan

D. Orang yang menyimak dan lanjut menulis hasil debat

E. Tim yang menyampaikan argumen dalam rangka menolak mosi

4. Pada dasarnya, menulis kerangka sebuah debat tidak jauh berbeda dengan kerangka dasar jurnal atau pidato. Namun, dalam membuat kerangka debat harus …. dengan baik.

A. terlihat

B. terstruktur

C. terakomodir

D. terencana

E. teramati

5. Dalam kegiatan debat, moderator layaknya seorang wasit dalam pertandingan. Untuk itu, moderator yang dipilih harus….

A. bersikap baik dalam menjalankan tugas

B. memihak salah satu peserta untuk menang

C. tidak mau peduli terhadap jalannya debat

D. membuat suasana memanas antar dua kelompok

E. netral atau tidak memihak salah satu peserta debat

6. Kegiatan adu argumentasi dalam memutuskan masalah dan perbedaan, yang dilakukan dua pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari….

A. debat

B. argument

C. diskusi

D. seminar

E. simposium

7. Salah satu manfaat membuat kerangka debat adalah….

A. memudahkan mengalahkan lawan debat

B. menilai kerja lawan dengan menyimak

C. membuat argumen-argumen yang tepat

D. memudahkan menterjemahkan mosi

E. memilih cara dalam berdamai dengan lawan

8. Salah satu sistem debat yang umum digunakan dalam kompetisi dan lomba debat di Indonesia adalah….

A. Indonesia Dabate Parlemen

B. Indonesia Varsity English Dabete

C. Dabete Competition adictive

D. Australasian Parliamentery

E. National Universities English Debating

9. Suatu sistem debat atau adu argumen dengan salah satu dari tiga sistem yang diakui dalam skala global (dunia). Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari….

A. perdebatan

B. debat dua kelompok

C. debat parlementer

D. debat formal

E. debat bebas

10. Sebelum debat dimulai, harus menentukan topik yang akan diperdebatkan. Topik debat harus dapat….

A. dapat dipertentangkan

B. bisa dipertanyakan

C. mampu ditanya-jawab

D. dapat juga dianalisis

E. dapat diambil hikmatnya

Kunci Jawaban

1. A

2. E

3. B

4. D

5. E

6. A

7. D

8. D

9. C

10. A

Pelajari Juga: Soal Analisis Unsur Pembangun Puisi Kelas 10

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Bahasa Indonesia tentang Berdebat Secara Santun Kelas 10, 11, dan 12 SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Artikel Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *