Soal Cara Input Intrepretasi Data WHO Anthro dan WHO AnthroPlus

soal cara input intrepretasi data WHO Anthro dan WHO AnthroPlus

Soal Cara Input Intrepretasi Data WHO Anthro dan WHO AnthroPlus – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa jurusan gizi, nutritionist dan profesi dietisien. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi cara input data dan interpretasikan hasil pengolahan data pada WHO Anthro dan WHO AnthroPlus.

Soal dan Kunci Jawaban Soal Cara Input Intrepretasi Data WHO Anthro dan WHO AnthroPlus

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Input data yang benar akan menghasilkan data yang cermat dan hasil pengolahan data yang baik. Untuk bisa menginterpretasikan hasil pengolahan data antropometri Permenkes RI yang mengatur tentang katagori status gizi dan ambang batas harus dipahami.

Bacaan Lainnya

Untuk bisa memahami munculnya Flag, harus dipahami standar batas bawah dan batas atas dari masing-masing indeks yang dapat ditoleransi.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1) Anda sebagai seorang tenaga gizi, ingin menggunakan perangkat lunak WHO Anthro untuk menginput data antropometri anak usia 0 – 5 tahun.. Jika anak usia < 2 tahun sudah bisa berjalan, maka pada saat pengukuran TB diukur dengan cara berdiri, maka hasil ukurnya tetap apa?

BACA JUGA:  Soal Dasar Hematoxylin dan Eosin

A. BB

B. TB

C. PB

D, PB dan TB

E. PB dan BMI

2) Koding warna yang diberikan pada hasil pengolahan kalkulator antropometri pada WHO Anthro memberi penegasan tentang makna dari hasil perhitungan khususnya pada perhitungan z-score. Jika koding warna yang muncul berwarna hitam, berarti nilai z-scorenya terletak antara rentang nilai z-score berapa? 

A. – 1 SD sampai 2 SD

B. -2 SD sampai 1 SD

C. -3 SD sampai -2 SD

D. < – 3 SD dan > 3 SD

E. < -3 SD

3) Ananda Putri berusia 5 tahun, setelah diinput data berat badan, dan tinggi badannya diketahui WAZ = -2,05. Anda harus dapat menginterpretasikan data tersebut kedalam katagori status gizi tertentu. Termasuk katagori status gizi apakah Putri? 

A. sangat pendek

B. sangat kurus

C. gizi kurang

D. gizi buruk

E. kurus

4) Ananda Yogi berusia 10 tahun, laki-laki setelah diinput data BB dan TB nya pad WHO AnthroPlus diketahui BAZ = -2,75. Anda harus dapat menginterpretasikan data tersebut kedalam katagori status gizi tertentu. Termasuk katagori status gizi apakah Yogi?

A. sangat pendek

B. sangat kurus

C. gizi kurang

D. gizi buruk

E. kurus

5) Ananda Dea berusia 4,5 tahun, setelah diinput data berat badan, dan tinggi badannya diketahui HAZ = -7,05 dan dari hasil pengolahan WHO Anthro muncul Flag HAZ. Anda sebagai petugas gizi harus mengkonfirmasi penyebabnya supaya tidak sampai terulang dimasa yang akan datang. Data apakah yang harus di konfirmasi oleh petugas gizi tersebut? 

BACA JUGA:  Soal Strategi Pemasaran Laboratorium Kesehatan

A. BB

B. TB

C. Umur

D. BB dan umur

E. TB/dan umur

6) Cara cepat untuk memberdayakan fasilitas nutritional survey adalah dengan melakukan input data dengan perangkat lunak yang lain dan menyimpan format hasil input datanya dalam format yang dapat di import oleh WHO Anthro. Format data apakah yang dapat diimport oleh WHO Anthro?

A. *.doc

B. *.xtt

C. *.txt

D. *.suv

E. *.tab

7) Pengolahan data anak usia 0 – 5 tahun akan lebih baik jika di olah dengan menggunakan WHO Anthro dari pada WHO AnthroPlus. Berapakah jumlah indeks hasil pengolahanan WHO Antro yang akan dilaporkan?

A. 3

B. 4

C. 5

D. 6

E. 7

8) Pengolahan data antropometri anak usia 0 – 19 tahun dapat diolah dengan menggunakan WHO AnthroPlus. WHO AnthroPlus saat mengolah data antopometri anak usia > 10 tahun, ditemukan salah satu indeks hasil pengolahannya tidak tersedia (not available). Apakah jenis indeks yang tidak tersedia pada WHO AnthroPlus?

A. BB/TB

B. BMI/U

C. PB/U

D. TB/U

E. BB/U

Kunci Jawaban

  1. C
  2. D
  3. C
  4. E
  5. E
  6. C
  7. B
  8. E

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa jurusan gizi, nutritionist dan profesi dietisien yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Gizi Hebat!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.