Soal Informasi Penting Dari Buku Pengayaan Kelas 11

soal informasi penting dari buku pengayaan kelas 11

Soal Informasi Penting Dari Buku Pengayaan Kelas 11 – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal-soal Bahasa Indonesia kelas 10, 11, dan 12 SMA untuk Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang informasi penting dari buku pengayaan.

* (Disertai kunci jawaban di akhir soal)

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Bacaan Lainnya

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Penggalan kalimat resensi buku nonfiksi terdapat dalam pernyataan ….

A. Buku ini secara keseluruhan memberikan perlindungan terhadap anak-anak lndonesia pada masa depan dalam lingkungan yang baik-baik.

B. Gaya Mochtar Lubis sangat khas, penggunaan majas perbandingan banyak digunakan di dalam buku ini.

C. Semua unsur yang harus dimiliki dalam sebuah buku fiksi terpenuhi dalam buku ini.

D. Buku ini mengisahkan seorang guru yang bernama lsa yang hidup pada masa revolusi.

E. Dalam Burung-Burung Manyar pengarang menghubungkan kejadian yang dialami tokoh utamanya Setidewa alias Teto yang ber-aku.

2. Buku nonfiksi dibuat berdasarkan …, realita, atau hal-hal yang benar terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

A. opini

B. fakta

C. pendapat

D. pandangan seseorang

E. kehidupan seseorang

3. Cermati teks berikut dengan saksama!

Buku ini berjudul Matematika Aplikasi yang diperuntukkan SMA dan MA Kelas XII Program Studi ilmu alam. Buku ini ditulis oleh  Pesta E.S dan Cecep Anwar H.F.S. Dalam buku ini siswa  dapat belajar aktif melalui aktivitas di kelas, gamemath, dan siapa berani. Buku ini tergolong buku pelajaran yang materinya disajikan dengan bahasa yang lugas dan ilustrasi yang menarik. Buku ini berbalur ungkapan santun dengan bahasa yang komunikatif sehingga mudah dipahami oleh siswa. Selain itu,  buku ini juga didukung dengan tampilan tata letak yang baik, desain, dan ilustrasi yang menarik dengan memperhatikan tingkat pemahaman siswa.

Kutipan buku nonfiksi tersebut memaparkan tentang ….

A. judul buku dan ikhtisar buku

B. identitas buku dan ikhtisar buku

C. identitas buku dan kelebihan buku

D. ikhtisar isi buku dan kelebihan buku

E. ikhtisar isi buku dan kekurangan buku

4. Cermati teks berikut dengan saksama!

Buku ini mempunyai banyak keunggulan yang disajikan dibandingkan dengan buku lain, yakni memiliki daftar simbol yang merupakan kumpulan simbol atau rotasi beserta penjelasannya yang dilengkapi nomor halaman kemunculannya. Memiliki info math yang disisipkan sebagai informasi untuk membuka wawasan sehingga tidak buta terhadap informasi matematika dan perkembangan teknologi. Memiliki glosarium yang disajikan untuk memahami istilah-istilah yang disusun secara alfabetis beserta penjelasannya.Memiliki indeks  yang merupakan kumpulan istilah penting yang dilengkapi dengan nomor halaman kemunculan istilah dan disajikan secara alfabetis.

Berdasarkan kutipan resensi tersebut, kekuatan yang tidak dimiliki buku tersebut adalah …

A. memiliki kumpulan simbol yang merupakan kumpulan simbol atau rotasi beserta penjelasannya yang dilengkapi dengan nomor halaman kemunculannya.

B. memiliki informasi latar belakang matematikawan yang telah berjasa dengan menemukan berbagai macam teori yang sekarang ini digunakan dan dirasakan manfaatnya.

C. memiliki info math yang disisipkan sebagai informasi untuk membuka wawasan sehingga tidak buta terhadap informasi matematika dan perkembangan teknologi.

D. memiliki glosarium yang disajikan untuk memahami istilah-istilah yang disusun secara alfabetis beserta penjelasannya.

E. Memiliki indeks yang merupakan kumpulan istilah penting yang dilengkapi dengan nomor halaman kemunculan istilah dan disajikan secara alfabetis.

5. Perhatikan wacana berikut!

Buku bersampul hijau dan kuning ini berisi 196 halaman dan terdapat 8 bab, 4 bab pada pembahasan pertama, 4 bab lainnya pada pembahasan kedua. Pada pembahasan pertama yaitu kegiatan bersama, Babl tertulis pada halaman 1, Bab II terdapat pada halaman 25, Bab III (Keperluan Hidup) tertuang dalam halamn 47, Bab IV berisi “Melejitkan potensi diri” tertulis pada halaman 73. Pada pembahasan yang kedua yaitu Bab V pada halaman 103 membahas menghargai kreativitas, Bab VI membahas tentang “Budaya Daerah Bab ini tertulis pada halaman 125, Bab VII membahas tentang “Menguasai Ilmu Pengetahuan”Bab VIII membahas tentang “Kegiatan Berkesan”. Pada akhir buku ini terdapat Epilog ditulis pada sampul belakang.

Kutipan resensi tersebut memaparkan tentang….

A. judul buku

B. kesimpulan

C. identitas buku

D. ikhtisar isi buku

E. kelebihan dan kekurangan buku

6. Tulisan nonfiksi biasanya berbentuk ….

A. laporan

B. artikel

C. feature

D. novel

E. skripsi

7. Cermati kutipan teks nonfiksi berikut!

(1) Sumber protein yang sangat baik adalah tempe yang berasal dari kedelai yang difermentasi. (2) Dalam tempe terkandung asam amino esensial yang dapat memperbaiki otot, seperti yang terdapat dalam daging. (3) Tempe mempunyai kelebihan, yakni mengandung kalsium, magnesium, dan potasium lebih banyak daripada sumber protein nabati yang lain. (4) Selain itu, karena merupakan produk  fermentasi, tempe mengandung bakteri yang bermanfaat bagi usus yang hampir serupa dengan yogurt. (5) Bakteri ini memperbaiki sistem pencernaan dan daya tahan.

Pernyataan yang sesuai dengan teks tersebut adalah ….

A. tempe mengandung asam amino yang dapat memperbaiki otot.

B. tempe mengandung potasium yang tidak dimiliki nabati lainnya.

C. tempe mengandung banyak kelebihan dibandingkan makanan lain.

D. tempe diolah melalui fermentasi yang sangat baik untuk daya tahan.

E. tempe dan yogurt merupakan sumber protein nabati yang sangat baik.

8. Maksud kalimat no. (2) dalam teks tersebut adalah …

A. tempe dapat dijadikan sebagai bahan makanan pengganti daging.

B. tempe sumber protein satu-satunya yang dapat memperbaiki otot.

C. asam amino yang terdapat pada tempe hanya terdapat pada daging.

D. tidak perlu mengonsumsi daging, cukup makan tempe sudah cukup.

E. daging dan tempe merupakan makanan yang sama kandungan gizinya.

9. Makna istilah fermentasi dalam teks tersebut adalah …

A. zat kimia untuk mengawetkan makanan

B. peristiwa biologis yang mengubah fungsi

C. proses kimia yang disebabkan jasad renik

D. mikroorganisme yang menghasilkan energi

E. penguraian jasad renik dengan pembebasan gas

10. Ide pokok paragraf tersebut adalah ….

A. sistem pencernaan

B. produk fermentasi

C. bahan dasar tempe

D. kandungan tempe

E. manfaat tempe kedelai

Kunci Jawaban

1. A

2. B

3. C

4. B

5. E

6. A

7. A

8. A

9. C

10. D

Pelajari Juga: Soal Informasi Dalam Teks Prosedur Kelas 11

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Bahasa Indonesia tentang Informasi Penting Dari Buku Pengayaan Kelas 10, 11, dan 12 SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Artikel Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *