Soal Peraturan Profesional Terapis Gigi dan Mulut

soal peraturan profesional terapis gigi dan mulut

Soal Peraturan Profesional Terapis Gigi dan Mulut – Halo sobat gigi, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa D3, D4 jurusan keperawatan gigi, Terapi Gigi dan Mulut serta yang berkaitan dengan Kesehatan gigi dan mulut. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi peraturan profesional terapis gigi dan mulut.

Soal dan Kunci Jawaban Peraturan Profesional Terapis Gigi dan Mulut

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

  1. Tips Pendidikan Klien

Profesi terapis gigi dan mulut menekankan pencegahan penyakit gigi dan mulut serta mengatur klien dalam mengendalikan faktor-faktor penyebab penyakit.

Read More
  1. Masalah Hukum, Etika, dan Keselamatan

Terapis gigi dan mulut harus memiliki ijin di yurisdiksi tempat mereka berpraktik. Di Indonesia terdapat Peraturan Menteri Kesehatan No. 20 Tahun 2016 yang mengatur tentang Izin dan Penyelenggaraan Praktik Terapis Gigi dan Mulut.

  1. Konsep Kunci
  2. Standar praktik memberikan pedoman kepada konsumen, karyawan, dan kolega tentang bagaimana asuhan kesehatan gigi berkualitas tinggi. Lisensi adalah proses di mana lembaga pemerintah menyatakan bahwa individu memiliki kualifikasi minimal untuk praktik di wilayah yurisdiksinya.
  3. Organisasi profesional mewakili pandangan profesi secara bersama dan mempengaruhi penyelesaian masalah yang relevan dengan profesi itu. Pengambilan keputusan berdasarkan bukti menggunakan bukti terbaik dan terbaru yang dipadukan dengan keahlian klinis dan masukan dari klien dalam konteks keadaan klinis klien.
  4. Model tenaga kesehatan gigi berkembang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan peningkatan akses ke perawatan kesehatan gigi dan mulut. ADHP adalah anggota baru dari tenaga kesehatan higiene gigi yang memiliki potensi untuk meningkatkan akses ke perawatan bagi mereka yang sebaliknya tidak memiliki akses ke layanan kesehatan gigi dan mulut.
  5. PTGMI adalah organisasi profesi terapis gigi dan mulut di Indonesia yang merupakan salah satu anggota dari IOHA.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1) Manakah dari pernyataan berikut ini yang merupakan akreditasi?

a. Merupakan proses formal, sukarela, nonpemerintah yang menetapkan serangkaian standar minimum untuk memastikan kualitas di lembaga pendidikan

b. Berfungsi sebagai mekanisme untuk melindungi masyarakat

c. Membutuhkan deskripsi dari semua tugas yang harus dilakukan oleh praktisi kebersihan gigi secara konsisten dan akurat

d. Semua benar

2) Manakah dari pernyataan berikut ini yang merupakan Dental practice acts?

a. Tidak menetapkan kriteria untuk pendidikan atau lisensi terapis gigi dan mulut

b. Undang-undang ditetapkan di setiap negara bagian (Amerika Serikat) atau provinsi (Kanada) untuk mengatur praktik dokter gigi dan dental hygienist

c. Terbatas dalam hal mendefinisikan praktik asuhan kesehatan gigi dan mulut

d. Semua benar

3) Perbedaan utama antara American Dental Hygienists ‘Association dan National Dental Hygienists’ Association adalah:

a. Promosi perawatan kesehatan gigi

b. Ditujukan untuk mengatasi kebutuhan dan tantangan khusus dari dental hygienist minoritas

c. Akses perawatan untuk publik

d. Mewakili kepentingan dental hygienist

4) Jenis pengawasan yang memungkinkan dental hygienist untuk memberikan perawatan tanpa otorisasi dokter gigi sesuai dengan protokol yang ditetapkan oleh undang-undang dan peraturan negara bagian ketika terapis gigi dan mulut tersebut memberikan layanan dalam pengaturan alternatif disebut sebagai:

a. pengawasan langsung

b. pengawasan umum

c. pengawasan kesehatan masyarakat

d. akses langsung

5) Manakah dari model tenaga kerja berikut ini yang memiliki potensi terbesar untuk meningkatkan akses ke perawatan bagi mereka yang sebaliknya tidak memiliki akses ke layanan kesehatan mulut?

a. Kontraktor swasta

b. praktisi independen

c. praktisi pelengkap

d. praktisi kebersihan gigi tingkat lanjut

Kunci Jawaban

1) Jawaban: d

Alasan: Akreditasi adalah proses dimana lembaga eksternal mengevaluasi lembaga atau program studi sesuai dengan standar nasional yang telah ditentukan sebelumnya. Gelar sarjana, diploma, sertifikat, dan program gelar sarjana muda yang berfokus pada pendidikan kesehatan gigi tingkat pemula harus memenuhi standar nasional tertentu untuk tetap terakreditasi dan untuk perlindungan publik.

2) Jawaban: b

Alasan : Meskipun undang-undang yang mengatur praktik dental hygienist bervariasi pada setiap wilayah hukum, setiap UU Praktik mencerminkan unsur-unsur umum. Secara umum, tindakan praktik menetapkan kriteria untuk pendidikan, perizinan, dan perpanjangan perizinan dental hygienist; menentukan ruang lingkup hukum praktik dental hygiene; melindungi masyarakat dengan menjadikan praktik dental hygiene oleh orang yang tidak memiliki izin dan tanpa izin menjadi ilegal; dan membuat dewan yang diberdayakan oleh otoritas hukum dapat mengawasi kebijakan dan prosedur yang memengaruhi praktik dental hygiene.

3) Jawaban: b

Alasan : Kedua asosiasi tersebut adalah organisasi nasional dental hygienist. Keduanya mempromosikan asuhan kesehatan gigi dan mulut sebagai profesi dan sebagai perawatan kesehatan gigi kepada publik. Perbedaan utama antara keduanya adalah bahwa National Dental Hygienists ‘Association didirikan oleh terapis gigi dan mulut gigi Afrika-Amerika untuk menangani kebutuhan dan tantangan khusus dari dental hygienist minoritas.

4) Jawaban: c

Alasan : Pengawasan kesehatan masyarakat memungkinkan dental hygienist untuk memberikan perawatan tanpa izin dokter gigi sesuai dengan protokol yang ditetapkan oleh undang-undang dan peraturan negara ketika dental hygienist memberikan layanan dalam pengaturan alternatif. Contoh pengaturan alternatif termasuk pusat kesehatan dan klinik yang didanai pemerintah federal; rumah jompo; fasilitas perawatan jangka panjang; perawatan kesehatan di rumah; play group; sekolah; rumah sakit; fasilitas kerja imigran dan fasilitas kesehatan masyarakat lokal dan negara bagian.

5) Jawaban: d

Alasan : Peran utama dari advanced dental hygienist ini adalah untuk meningkatkan akses masyarakat ke layanan kesehatan gigi dan mulut primer dengan efektif dan efisien melalui penilaian dan evaluasi, pencegahan, layanan restoratif, dan terapeutik.

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa D3, D4 jurusan keperawatan gigi, terapis gigi dan mulut serta yang berkaitan dengan kesehatan gigi dan mulut, disimak secara saksama yah. Kamu Hebat!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *