Soal Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara

soal kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara

Soal Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal Modul PKN Kelas 12, XII KD 3.1 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara.

Rangkuman Materi Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Pelanggaran terhadap hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara biasanya disebabkan oleh faktor-faktor sebagai berikut sikap egois dan mementingkan diri sendiri, kesadaran berbangsa dan bernegara yang rendah, tidak toleran dan penyalahgunaan kekuasaan.

Bacaan Lainnya

Pengingkaran kewajiban terjadi ketika seseorang yang telah diberi kewajiban tidak menjalankan kewajibannya sebagai mana mestinya.

Banyak sekali orang yang tidak memperhatikan kewajibannya. Padahal ini harus ditunaikan, sebelum seseorang menerima dan mempertanyakan haknya.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan pandangan yang hanya untuk menguntungkan diri sendiri disebut ….

A. tidak toleran

B. berani

C. chauviisme

D. fanatisme

E. egoisme

2. Berikut ini yang tidak termasuk kedalam faktor-faktor pelanggaran terhadap hak dan kewajiban sebagai warga negara adalah ….

A. pengetahuan yang rendah

B. kesadaran berbangsa dan bernegara tinggi

C. penyalahgunaan kekuasaan

D. toleran dengan semua kepercayaan

E. SDA dan SDM yang berbeda-beda

3. Ketika seseorang tidak membayar pajak, maka Ia telah melanggar …. sebagai warga negara.

A. hak

B. kewajiban

C. tanggung jawab

D. aturan

E. UU

4. Sikap diskriminasi muncul atau terjadi saat seseorang tidak memiliki sikap ….

A. egoisme

B. toleransi

C. patriotisme

D. nasionalisme

E. diktator

5. Berikut yang merupakan contoh dari pengingkaran kewajiban warga negara adalah ….

A. membuang sampah pada tempatnya

B. menghafal pasal-pasal dalam UUD NRI Tahun 1945

C. melakukan demonstrasi

D. belajar secara mandiri bukan bersama-sama

E. membantu sesama jika mampu

Kunci Jawaban dan Pembahasan

  1. E → Pembahasan: Egoisme merupakan motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan pandangan yang hanya menguntungkan diri sendiri.
  2. C → Pembahasan: Pelanggaran terhadap hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara biasanya disebabkan oleh faktor-faktor sebagai berikut sikap egois dan mementingkan diri sendiri, kesadaran berbangsa dan bernegara yang rendah, tidak toleran dan penyalahgunaan kekuasaan.
  3. B → Pembahasan: Pengingkaran kewajiban terjadi ketika seseorang yang telah diberi kewajiban tidak menjalankan kewajibannya sebagai mana mestinya. Yang sering terjadi di Indonesia adalah mengingkari kewajiban membayar pajak padahal pajak dipungut pemerintah berdasarkan norma-norma hukum untuk menutup biaya produksi barang-barang dan jasa kolektif demi mencapai kesejahteraan umum.
  4. B → Pembahasan: Sikap tidak toleran berarti suatu sikap yang tidak memperlihatkan adanya saling menghormati dan menghargai antarkelompok atau antarindividu (perseorang-an) baik itu dalam masyarakat ataupun dalam lingkup yang lain. Diskriminasi muncul ketika sikap toleransi tidak terjadi.
  5. A → Pembahasan: Selain tidak membayar pajak contoh lainnya adalah tidak menaati peraturan lalu lintas, merusak fasilitas umum, membuang sampah sembarangan, dan lain sebagainya.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS PKN Kelas 12, XII SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

4.9/5 – (7 votes)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.