Soal Substansi Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam Pancasila

soal substansi hak dan kewajiban warga negara dalam Pancasila

Soal Substansi Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam Pancasila – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal Modul PKN Kelas 12, XII KD 3.1 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi substansi hak dan kewajiban warga negara dalam pancasila.

Advertisements

Rangkuman Materi Substansi Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam Pancasila

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Nilai dasar merupakan cita-cita/tujuan yang bersifat universal/menyeluruh. Contohnya adalah Nilai Keetuhanan, Nilai Kemanusiaan, Nilai Persatuan, Nilai Kerakyatan dan Nilai Keadilan.

Read More

Nilai instrumental ini merupakan nilai-nilai turunan dari nilai dasar yangdituangkan dalam berbagai ketentuan konstitusional, baik dalam UUD NRI Tahun 1945, UU, Peraturan Pemerintah, Keputusan Presiden, Peraturan Daerah. Disinilah kedudukan Pancasila sebagai sumber dari segala hukum terlihat.

Nilai Praksis adalah nilai yang dijabarkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Nilai praksis ini benar-benar nyata dan kita semua melakukannya. Contoh dari nilai praktis antara lain adalah kita harus menghormati seluruh agama meskipun berbeda dengan keyakinan kita, sesuai dengan sila pertama Pancasila.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Pancasila sebagai ideologi negara dan falsafah hidup bangsa Indonesia mengandung …. nilai.

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

E. 5

2. Nilai Ketuhanan, Nilai Kemanusiaan, Nilai Persatuan, Nilai Kerakyatan dan Nilai Keadilan, merupakan contoh dari nilai ….

A. negara

B. dasar

C. praksis

D. absolut

E. instrumental

3. Dibawah ini yang termasuk kedalam nilai-nilai instrumental adalah ….

A. tanggung jawab

B. cinta tanah air

C. tata tertib sekolah

D. petunjuk jalan

E. Perda

4. Nilai yang merupakan penjabaran dari kehidupan sehari-hari disebut dengan nilai ….

A. negara

B. dasar

C. praksis

D. absolut

E. instrumental

5. Tujuan dari bangsa Indonesia untuk menciptakan kesejahteraan sosial warga negaranya merupakan penerapan pelaksanaan dari nilai …. dalam Pancasila.

A. negara

B. dasar

C. praksis

D. absolut

E. instrumental

Kunci Jawaban dan Pembahasan

  1. C → Pembahasan: Pancasila sebagai ideologi Negara dan falsafah hidup bangsa Indonesia sesungguhnya mengandung 3 (tiga) macam nilai yaitu nilai dasar, nilai instrumental dan nilai praktis.
  2. B → Pembahasan: Nilai-nilai dasar dari Pancasila tersebut meliputi nilai Ketuhanan yang Maha, Nilai Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan dan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.
  3. E → Pembahasan: Nilai Instrumental ini merupakan nilai-nilai turunan dari nilai dasar yang dituangkan dalam berbagai ketentuan konstitusional, baik dalam UUD NRI Tahun 1945, UU, Peraturan Pemerintah, Keputusan Presiden, Peraturan Daerah.
  4. C → Pembahasan: Nilai praksis adalah nilai yang dijabarkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Nilai praksis ini benar-benar nyata dan kita semua melakukannya.
  5. B → Pembahasan: Dalam nilai dasar terdapat nilai sila ke 5 yang tujuannya adalah menciptakan kesejahteraan sosial baik sandang maupun pangan tanpa adanya kesenjangan baik dari segi sosial, ekonomi, budaya maupun politik sehingga keadilan dapat diwujudkan.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS PKN Kelas 12, XII SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *