Soal Komunikasi Terapeutik pada Keluarga dan Kelompok

soal komunikasi terapeutik pada keluarga dan kelompok

Soal Penerapan Komunikasi Terapeutik pada Keluarga dan Kelompok – Dalam edisi UAS, UTS mahasiswa jurusan keperawatan dan profesi ners, yuk simak kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi penerapan komunikasi terapeutik pada keluarga dan kelompok.

Soal dan Kunci Jawaban Penerapan Komunikasi Terapeutik pada Keluarga dan Kelompok

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Pengertian keluarga ditinjau dari tiga sudut pandang, yaitu keluarga secara struktural, fungsional, dan transaksional).

Bacaan Lainnya

Sementara itu, pengertian kelompok adalah sekumpulan individu yang cukup kecil untuk berkomunikasi dengan relatif mudah, yaitu para anggota saling berhubungan satu sama lain dengan beberapa tujuan yang sama dan memiliki semacam organisasi atau struktur di antara mereka.

Keluarga di masyarakat merupakan satu kesatuan anggota yang hidup bersama dan berkelompok yang didasarkan pada hubungan persaudaraan atau hubungan darah. Keberhasilan dalam keluarga/kelompok sangat ditentukan dari pola komunikasi dan interaksi yang terjalin di antara mereka.

Keluarga merupakan satu kesatuan yang ciri-cirinya, yaitu antaranggota keluarga mempunyai hubungan yang intim dan hangat, face to face, kooperatif, dan anggota keluarga memperlakukan anggota yang lain sebagai tujuan, bukan alat untuk mencapai tujuan. Sementara itu, karakteristik kelompok seperti berikut.

  1. Terdiri atas dua orang atau lebih dalam interaksi sosial baik.
  2. Masing-masing anggota mempunyai pengaruh satu sama lain supaya dapat diakui menjadi anggota suatu kelompok.
  3. Mempunyai struktur hubungan yang stabil sehingga dapat menjaga anggota kelompok secara bersama dan berfungsi sebagai suatu unit.
  4. Anggota kelompok adalah orang yang mempunyai tujuan atau minat yang sama.
  5. Individu yang tergabung dalam kelompok saling mengenal satu sama lain serta dapat membedakan orang-orang yang bukan anggota kelompoknya.
  6. Fungsi komunikasi dalam keluarga dan kelompok adalah pengembangan diri anggota dan kelompok, penyelesaian masalah, pengambilan keputusan, pencapaian tujuan keluarga/kelompok, dan sebagai sarana belajar bagi anggota keluarga/kelompok.

Melakukan komunikasi dalam keluarga/kelompok tidaklah mudah. Komunikator harus mempunyai cara-cara strategis sebagai upaya agar tujuan komunikasi tercapai.

Faktor-faktor yang memengaruhi komunikasi kelompok adalah ukuran kelompok, tujuan, kohesivitas, networking, dan kepemimpinan.

Promosi kesehatan adalah ilmu dan seni untuk membantu masyarakat menjadikan gaya hidup mereka sehat optimal, yaitu keseimbangan kesehatan fisik, emosi, sosial, spiritual, dan intelektual. Bentuk promosi kesehatan dapat dilakukan melalui pendidikan kesehatan, pencegahan penyakit, dan perlindungan kesehatan.

BACA JUGA:  Soal Pengertian Pasar Global

Untuk melakukan ini, pemahaman komunikasi dan strategi komunikasi dalam kelompok perlu dikuasai perawat agar dapat mencapai hasil yang maksimal.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1) Keluarga adalah unit terkecil masyarakat yang menekankan pada terpenuhinya tugas-tugas dan fungsinya dalam perawatan dan sosialisasi anggota keluarganya. Sudut pandang yang digunakan dalam mendefinisikan keluarga tersebut adalah…

A. struktural

B. fungsional

C. transaksional

D. kohesivitas

2) Anda adalah perawat yang diminta tokoh masyarakat untuk memfasilitasi kelompok di masyarakat sedang menghadapi wabah diare. Kelompok diarahkan untuk mengidentifikasi penyebab dan antisipasi meluasnya kasus. Fungsi komunikasi dalam kelompok berdasarkan situasi tersebut adalah …

A. pengambilan keputusan

B. pencapaian tujuan kelompok

C. sarana belajar

D. penyelesaian masalah

3) Berikut petikan bicara perawat pada saat komunikasi dalam kelompok. “Silakan bapak dan ibu memberikan masukan untuk mengatasi masalah yang sedang kita hadapi.” Fase komunikasi yang sedang terjadi berdasarkan situasi tersebut adalah …

A. kerja

B. orientasi

C. perkenalan

D. terminasi

4) Berikut komunikasi yang terjadi dalam situasi kelompok.

Anggota: “Saya tidak setuju adanya iuran warga untuk mengatasi masalah tersebut karena akan membebani mereka.”

Perawat: “Baik, hal ini perlu kita pertimbangkan sebelum membuat keputusan terakhir.”

Upaya strategis yang dilakukan perawat dalam menerapkan komunikasi efektif dalam kelompok adalah …

A. berkomunikasi secara jelas

B. komunikasi dengan sopan

C. menghargai

D. tidak menyela

5) Berikut ini adalah upaya yang penting dilakukan dalam rangka meningkatkan kohesivitas anggota dalam kelompok, yaitu …

A. meminta masing-masing anggota untuk mengungkapkan karakter dirinya dan identifikasi kekurangan dan kelebihannya

B. meminta anggota memilih ketua kelompok berdasarkan pengalaman yang dimiliki

C. meminta anggota kelompok untuk menetapkan tujuan segera

D. membuat jejaring baru untuk mencapai tujuan bersama

Kunci Jawaban

1) B

2) D

3) A

4) C

5) A

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS jurusan keperawatan yang bisa kami sajikan, selalu evaluasi cara belajar sobat agar mendapatkan IPK yang terbaik dan lulus uji kompetensi. Ganbatte!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.