Soal Penerapan Komunikasi Terapeutik pada Remaja

soal penerapan komunikasi terapeutik pada remaja

Soal Penerapan Komunikasi Terapeutik pada Remaja – Dalam edisi UAS, UTS mahasiswa jurusan keperawatan dan profesi ners, yuk simak kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi penerapan komunikasi terapeutik pada remaja.

Soal dan Kunci Jawaban Penerapan Komunikasi Terapeutik pada Remaja

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Masa remaja adalah masa yang sulit karena remaja dihadapkan pada dua situasi yang bertentangan, yaitu berpikir dan berperilaku antara anak dan orang dewasa.

Bacaan Lainnya

Masa remaja adalah masa yang penuh konflik dan dilema sehingga komunikasi dengan remaja harus lebih hati dan dan terbuka karena kegagalan komunikasi akan menyebabkan kegagalan remaja.

Perkembangan komunikasi pada usia remaja ditunjukkan dengan kemampuan berdiskusi atau berdebat karena pola perkembangan kognisinya sudah mulai berpikir secara konseptual.

Sehubungan dengan perkembangan komunikasi ini, yang dapat kita lakukan adalah mengizinkan remaja berdiskusi atau curah pendapat pada teman sebaya. Hindari beberapa pertanyaan yang dapat menimbulkan rasa malu dan jaga kerahasiaan dalam komunikasi karena akan menimbulkan ketidakpercayaan remaja.

Sikap terapeutik berkomunikasi dengan remaja adalah mampu sebagai “SAHABAT” buat remaja. Tidak meremehkan atau memperlakukan dia sebagai anak kecil dan tidak membiarkan dia berperilaku sebagai orang dewasa.

Pola asuh remaja perlu cara khusus. Walau usia masih tergolong anak-anak, ia tak bisa diperlakukan seperti anak kecil. Remaja sudah mulai menunjukkan jati diri. Biasanya remaja lebih senang berkumpul bersama teman sebaya ketimbang dengan orang tua.

Beberapa sikap penting yang harus diperhatikan dalam berkomunikasi dengan remaja adalah menjadi pendengar yang baik. Mengajak berdiskusi, tidak memotong pembicaraan, menjadi sahabat, duduk bersama, memeluk, merangkul, berbicara, dan bercengkerama.

Suasana komunikasi yang kondusif pada remaja adalah saling menghormati, menghargai, saling percaya, dan terbuka.

Dalam berkomunikasi dengan remaja, kita tidak bisa mengendalikan alur pembicaraan, mengatur, atau memegang kendali secara otoriter. Remaja sudah punya pemikiran dan perasaan sendiri tentang hal yang ia bicarakan pada.

Komunikasi yang bisa diterima remaja adalah terbuka, dua arah, mendengar aktif, menyediakan waktu yang cukup, jangan memaksa remaja, serta mendorong remaja untuk mengatakan hal-hal positif tentang dirinya. Hindari komentar menyindir atau meremehkan, berikan pujian pada aspek terbaik yang dia lakukan sekecil apa pun, dan hindari ceramah panjang dan menyalahkan anak.

BACA JUGA:  Soal Sebab dan Pengertian Perubahan Sosial Budaya

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1) Sikap terapeutik perawat atau orang dewasa saat berkomunikasi dengan remaja adalah …

A. memberikan batasan untuk berkomunikasi dengan teman sebaya

B. menjadikan remaja sahabat bagi orang tua

C. mengonfrontasi jika remaja melakukan ketidaktepatan perilaku

D. memberikan penjelasan untuk memahamkan

2) Sikap orang tua yang tidak tepat saat menghadap remaja yang menunjukkan sikap emosional atau marah adalah …

A. memberi kesempatan untuk mengekspresikan perasaannya

B. memberi support atas masalah remaja

C. mendengarkan dengan baik dan penuh perhatian keluhan remaja

D. memberikan komentar untuk menjelaskan sikap remaja yang tidak tepat

3) Seorang ibu sedang berbicara dengan remaja sebagai berikut. “Ibu tahu apa yang kamu ceritakan adalah benar dan ibu yakin kamu bisa menyelesaikan masalah ini dengan baik.” Suasana psikologis yang dapat meningkatkan kondusivitas komunikasi pada remaja tersebut adalah …

A. menghormati

B. menghargai

C. kepercayaan

D. keterbukaan

4) Contoh penerapan komunikasi terbuka yang dapat dilakukan pada remaja adalah…

A. “Kamu tampak terlihat lemas dan capek, ya?”

B. “Ibu tahu kamu pasti marah dengan ejekan itu”

C. “Bagaimana kegiatan di sekolah hari ini?”

D. “Apakah kamu merasa sedih?”

5) Respons orang tua atau perawat dalam menerapkan komunikasi pada remaja yang menunjukkan perilaku kurang tepat adalah …

A. melakukan teguran

B. menasihati untuk tidak mengulangi

C. memberikan komentar secara langsung atas perilaku remaja

D. mengutarakan perasaan kita terhadap perilaku remaja yang kurang tepat

Kunci Jawaban

1) B

2) D

3) C

4) C

5) D

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS jurusan keperawatan yang bisa kami sajikan, selalu evaluasi cara belajar sobat agar mendapatkan IPK yang terbaik dan lulus uji kompetensi. Ganbatte!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.