Soal Konsep Pertunjukan Musik Tradisional

soal konsep pertunjukan musik tradisional

Soal Konsep Pertunjukan Musik Tradisional – Halo adik-adik, kali ini mimin dinas.id akan memberikan rekomendasi kumpulan contoh soal-soal Seni Budaya (Musik) kelas 10, X KD 3.4 SMA untuk UAS, UTS semester genap, ganjil, gasal. Tentunya, sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang konsep pertunjukan musik tradisional.

Rangkuman Materi Konsep Pertunjukan Musik Tradisional

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Sebagai rangkuman dari pokok bahasan di atas adalah bahwa secara konseptual pertunjukan musik tradisional terdiri atas pertunjukan musik sakral dan profan.

Bacaan Lainnya

Musik sakral berhubungan dengan upacara adat di lingkungan masyarakat adat, sedang musik profan adalah pertunjukan musik yang tidak ada kaitan dengan keagamaan tetapi lebih berfungsi sebagai tontonan, hiburan, dan pendidikan.

Pada pertunjukan musik tradisional yang profan, terdapat beberapa garapan mandiri dan garapan kolaborasi. Cara pertunjukannya dapat berupa pertunjukan langsung, baik di dalam ruangan (indoor) maupun di luar ruangan (outdoor); dan pertunjukan tidak langsung berupa pertunjukan virtual di dunia maya. Hal ini terjadi bersamaan dengan perkembangan teknologi informasi berupa teknologi internet.

Dari kedua cara pertunjukan tersebut, pertunjukan langsung tetap menjadi prioritas utama untuk dilakukan oleh para seniman. Hal ini berdasarkan pertimbangan bahwa pertunjukan langsung memberikan kemungkinan terjadinya interaksi secara langsung antara seniman, karya musik dengan penonton. Kondisi ini akan mengakibatkan jiwa kesenian tetap dirasakan sehingga pengalaman estetis pun semakin meningkat.

BACA JUGA:  Soal Dasar-Dasar Analisa Musik

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban yang paling benar!

1. Indonesia sangat kaya dengan alat musik. Keragaman alat musik tersebar di setiap daerah di Nusantara, salah satunya yaitu alat musik taganing. Alat musik ini berasal dari daerah…

a. Sulawesi Selatan

b. Jawa Barat

c. Sumatera Selatan

d. Bali

e. Sumatera Utara

2. Terdapat beragam alat musik yang bersifat sakral dan biasa digunakan dalam upacara adat, salah satunya tarawangsa. Alat musik tarawangsa biasa digunakan dalam upacara yang dikenal dengan nama…

a. Upacara Ngalaksa

b. Upacara Gondang Mangalahat Horbo Lae-lae

c. Upacara Odalan

d. Upacara Sekaten

e. E. Upacara Pa’ Marakka

3. Garapan musik tradisional yang disajikan berdiri sendiri agar penonton menikmati estetika dan keunikan musikal dari karya musik dikategorikan sebagai …

a. Garapan Kolaborasi

b. Garapan Mandiri

c. Musik Sakral

d. Pertunjukan Langsung

e. E. Pertunjukan Virtual

4. Materi musik tradisional yang cocok dipertunjukan secara langsung di sepanjang jalan arena terbuka yaitu …

BACA JUGA:  Soal Musik Zaman Abad Peralihan dan Musik Zaman Kontemporer

a. Gondang Hasapi

b. Kacapi Suling

c. Rebana Gending

d. Gamelan Degung

e. E. Sasando

5. Pertunjukan musik tradisional jarak jauh, dimana, pemain tidak bertemu secara langsung tetapi memanfaatkan teknologi internet disebut …

a. Pertunjukan Langsung

b. Garapan Mandiri

c. Garapan Kolaborasi

d. Pertunjukan virtual

e. Pertunjukan indoor

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. E → Pembahasan: Alat musik tradisional Taganing berasal dari daerah Sumatera Utara.

2. A → Pembahasan: Alat musik tarawangsa biasa digunakan dalam upacara yang dikenal dengan nama upacara Ngalaksa.

3. B → Pembahasan: Garapan musik tradisional yang disajikan berdiri sendiri agar penonton menikmati estetika dan keunikan musikal dari karya musik dikategorikan sebagai garapan mandiri.

4. C → Pembahasan: Materi musik tradisional yang cocok dipertunjukan secara langsung di sepanjang jalan arena terbuka yaitu Rebana Gending.

5. D → Pembahasan: Pertunjukan musik tradisional jarak jauh, dimana, pemain tidak bertemu secara langsung tetapi memanfaatkan teknologi internet disebut Pertunjukan virtual.

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul seni budaya (musik) Kelas 10, X SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.