Soal Perbandingan Alat Musik Tradisional

soal perbandingan alat musik tradisional

Soal Perbandingan Alat Musik Tradisional – Halo adik-adik, kali ini mimin dinas.id akan memberikan rekomendasi kumpulan contoh soal-soal Seni Budaya (Musik) kelas 10, X KD 3.2 SMA untuk UAS, UTS semester genap, ganjil, gasal. Tentunya, sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang perbandingan alat musik tradisional berdasarkan bahan, warna suara, dan fungsi pada masyarakat pendukungnya.

Rangkuman Materi Perbandingan Alat Musik Tradisional

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Keberagaman alat musik tradisional di Indonesia berbanding seiring dengan keberagaman suku, etnis dan budaya masyarakat Indonesia. Ini sangat unik untuk di teliti karakteristiknya. Untuk meneliti karakterisik alat musik tradisional tersebut, perlu diadakan kegiatan menganalisis dengan cara membandingkan.

Bacaan Lainnya

Metode Analisis perbandingan yang biasa digunakan dalam bidang akutansi, kita gunakan untuk mendalami lebih dalam karakterisik alat musik tradisional berdasar bahan, warna suara, tangga nada yang digunakan dan fungsinya di masyarakat.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban yang paling benar!

1. Gambar di bawah ini alat musik tradisional seruling. Jenis alat musik ini banyak dijumpai di Indonesia dengan banyak ragam dan karakternya. Alat musik tradisional Seruling dibuat dari bahan dasar…

alat musik tradisional seruling

a. perunggu

b. kayu

c. fiber

d. bambu

e. peralon

2. Gender merupakan alat musik tradisional Jawa dan salah satu perangkat gamelan Jawa. Gambar alat musik Gender di bawah ini terbuat dari bahan…

BACA JUGA:  Soal Teknik dan Prosedur Berkreasi Musik Kontemporer

Gender merupakan alat musik tradisional Jawa dan salah satu perangkat gamelan Jawa

a. perunggu

b. kayu

c. bambu

d. galvalum

e. fiber

3. Perhatikan gambar di bawah ini.

Gambar di atas menunjukan gambar sebuah pertunjukan musik menggunakan alat musik tradisional seruling

Gambar di atas menunjukan gambar sebuah pertunjukan musik menggunakan alat musik tradisional seruling. Namun kedua gambar tersebut menggambarkan perbedaan fungsi yang berbeda. Perbedaan fungsi tersebut yang benar di bawah ini adalah….

a. fungsi adat dan komunikasi

b. fungsi hiburan dan apresiasi

c. fungsi ekonomi dan sosial

d. fungsi edukasi dan ekonomi

e. fungsi hiburan dan komunikasi

4. Perhatikan gambar di bawah ini!

Gambar di atas menunjukan seseorang sedang memainkan alat musik tradisional kendang.

Gambar di atas menunjukan seseorang sedang memainkan alat musik tradisional kendang. Kendang di Indonesia banyak ragamnya, ditinjau dari visual khas daerahnya, gambar tersebut menunjukan kendang khas daerah…

a. sumatera dan kalimantan

b. kalimantan dan papua

c. jawa dan sunda

d. jawa dan bali

e. papua dan maluku

5. Gambar di bawah ini menunjukan alat musik tradisional seruling dan kendang. Sesuai dengan sifatnya berdasarkan fungsi dan perannya di dalam permainan alat musik. alat musik di atas mempunyai fungsi sebagai alat musik…

Gambar di bawah ini menunjukan alat musik tradisional seruling dan kendang

Perhatikan gambar di atas! Perbedaan fungsi antara alat musik kendang dan seruling dalam permainan musik yang benar adalah…

a. kendang dan seruling sebagai alat musik melodis saja

b. kendang dan seruling sebagai alat musik ritmis saja

c. kendang sebagai alat musik ritmis dam seruling sebagai alat musik harmoni

BACA JUGA:  Soal Dasar-Dasar Analisa Musik

d. kendang sebagai alat musik ritmis dan seruling sebagai alat musik melodis

e. kendang sebagai alat musik melodis dan seruling sebagai alat musik ritmis

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. D → Pembahasan: Alat musik tradisional seruling terbuat dari bambu. Alat musik tradisional seruling banyak di jumpai di Indonesia dengan bermacam ragamnya. Di juga masih banyak dijumpai pohon bambu, terutama di pulau Jawa dan Sumatera.

2. A → Pembahasan: Alat musik gender alat musik tradisional karawitan jawa yang terbuat dari perunggu. Perunggu merupakan bahan baku yang lazim digunakan untuk alat musik tradisional Gamelan.

3. B → Pembahasan: Alat musik tradisional seruling ketika dimainkan ke dalam sebuah pertunjukan musik dangdut atau musik kreasi akan lebih berfungsi sebagai apresiasi dan hiburan bagi penontonnya.

4. D → Pembahasan: Sebuah pertunjukan musik tradisional dengan pakaian daerah yang dikenakan pemain musiknya menunjukan karakter daerahnya. Sesuai gambar contoh, pertunjukan musik tradisional dengan alat musik kendang menunjukan khas daerah Jawa dan bali.

5. D → Pembahasan: Sesuai petunjuk gambar pada soal tersebut dan sesuai dengan fungsi alat tradisional kendang dan seruling dalam permainan musik tradisional, kendang mempunyai fungsi ritmis, dan seruliing mempunyai fungsi melodis.

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul seni budaya (musik) Kelas 10, X SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.