Soal Pertunjukan Musik Tradisional Pengiring Tari dan Teater Tradisional

soal pertunjukan musik tradisional pengiring tari dan teater tradisional

Soal Pertunjukan Musik Tradisional Pengiring Tari dan Teater Tradisional – Halo adik-adik, kali ini mimin dinas.id akan memberikan rekomendasi kumpulan contoh soal-soal Seni Budaya (Musik) kelas 10, X KD 3.3 SMA untuk UAS, UTS semester genap, ganjil, gasal. Tentunya, sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang pertunjukan musik tradisional pengiring tari dan teater tradisional.

Advertisements

Rangkuman Materi Pertunjukan Musik Tradisional Pengiring Tari dan Teater Tradisional

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

  • Musik tari merupakan salah satu unsur yang menunjang dalam pertunjukan tari. Sehingga dapat dikatakan musik dalam tari adalah suatu pola ritmis yang dapat memberikan makna, struktur, dinamika, serta kekuatan gerakan tari. Coba kita bayangkan, gerak tari tanpa musik rasanya belum lengkap, sehingga unsur musik yang dinamakan ritme harus selalu dipertimbangkan agar gerak tersebut ingin bermakna, memiliki struktur, dinamika, serta kekuatan.
  • Musik dalam tari dibedakan dalam tiga jenis, yakni; sebagai musik pengiring tari, sebagai musik ilustrasi, dan sebagai musik partner gerak.
  • Musik pada pertunjukan teater bukan hanya sebagai “pelengkap” saja, akan tetapi mempunyai peranan, makna, dan fungsi yang sangat penting serta memegang peran inti dalam kelancaran sebuah pementasan teater, karena dengan penataan musik yang sesuai dengan tema cerita akan semakin menguatkan maksud dari skenario dan membantu aktor dalam memainkan sebuah adegan yang diperankan.
  • Fungsi dan peranan musik dalam pertunjukan teater dalam urutannya sebagai; musik pembuka, musik penutup, musik pergantian babak, musik ilustrasi, musik soundtrack, musik soundtrack, musik penokohan, musik aksentuasi, musik setting, dan musik pelebur emosi.
  • Pada perkembangannya jenis-jenis teater yang berkembang di Indonesia antara lain; teater rakyat, teater keraton, teater urban, dan teater kontemporer.

Soal Pilihan Essay

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Bacaan Lainnya

Berikan jawaban yang paling benar!

1. Pada musik dapat difungsikan tidak hanya sebagai pertunjukan musik secara mandiri tetapi dapat difungsikan sebagai pengiring pertunjukan lainnya seperti pertunjukan tari. Coba jelaskan tiga jenis musik dalam pertunjukan tari!

2. Pada perkembangannya terdapat beberapa jenis tari yang ada di Indonesia. Sebutkan jenis-jenis tari berdasarkan pola garapannya!

3. Demikian halnya dalam pertunjukan teater, musik merupakan unsur penunjang yang penting dalam pertunjukannya. Sebutkan jenis-jenis musik dalam pertunjukan teater!

4. Berdasarkan pendukungnya, sebutkan jenis-jenis pertunjukan teater yang berkembang di Indonesia!

5. Sebutkan 5 pertunjukan teater tradisional dan asal daerah yang ada di Indonesia!

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan:

Tiga jenis musik dalam pertunjukan tari terdiri dari :

  • Musik sebagai pengiring tari, bila hadirnya musik hanya diperankan untuk mengiringi sebuah tarian.
  • Musik sebagai ilustrasi, bila hadirnya musik sekedar berperan sebagai bentuk ilustrasi dari sebuah tarian.
  • Musik sebagai partner gerak, bila hadirnya musik dalam tari bukan sematamengiringi, atau menjadi latar, namun lebih memiliki karakter untuk dapat bersama-sama mengekspresikan maksud dari tarian.

2. → Pembahasan:

Jenis-jenis tari berdasarkan pola garapannya :

  • Tari Tradisional yakni, tari primitif, tari rakyat, tari wayang, tari topeng, dan tari klasik.
  • Tari kreasi

3. → Pembahasan: Fungsi dan peranan musik dalam pertunjukan teater dalam urutannya sebagai; musik pembuka, musik penutup, musik pergantian babak, musik ilustrasi, musik soundtrack, musik soundtrack, musik penokohan, musik aksentuasi, musik setting, dan musik pelebur emosi.

4. → Pembahasan: Pada perkembangannya jenis-jenis teater yang berkembang di Indonesia antara lain; teater rakyat, teater keraton, teater urban, dan teater kontemporer.

5. → Pembahasan:

Jenis-jeni teater tradisional di Indonesia :

  • Wayang Golek, berasal dari Jawa Barat
  • Mamanda, berasal dari Kalimantan
  • Randai, berasal dari Sumatera Barat
  • Lenong, berasal dari masayarakat Betawi
  • Ubrug, berasal dari daerah Banten

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul seni budaya (musik) Kelas 10, X SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *